Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Barang Elektronik yang Boros Listrik Bikin Buang-buang Uang

10 Barang Elektronik yang Boros Listrik Bikin Buang-buang Uang

 Perangkat elektronik adalah salah satu barang yang wajib ada di dalam rumah, dengan adanya perangkat elektronik kita akan terbantu dalam banyak hal, contoh mesin cuci, mencuci baju daoam jumlah banyak dapat kita lakukan tanpa tenaga dan dari segi waktu lebih cepat jika dibandingkan dengan mencuci manual.

Sudahkah anda hemat listrik? sudah tapi mengapa listrik dirumah saya masih boros, ini adalah percakapan umum kita dengar di sikitar kita, memang tanpa dirasa menggunakan perangkat elektronik sembarang bisa membuat tegihan listrik membengkak atau kwh prabayar boros, baru isi 3 hari yang lalu sekarang sudah habis.


Tanda tanda penggunaan listrik berlebih bisa kita lihat dari panas mcb dikwh meter, kita dapat mengecek dengan cara memegang body mcb pada saat semua perangkat elektronik di dalam rumah kita gunakan, borosnya kwh meter prabyar akan terlihat jika kita menggunakan seluruh beban listrik pada malam hari, termasuk lampu dan alat elektronik.


Sudah capek dengan tagihan atau pulsa listrik boros, sumak ulasan di bawah ini.


10 Alat elektronik yang bisa membuat penggunaan listrik boros


1. Lampu penerangan

Lampu rumah bisa saja menjadi penyabab listrik boros, anda dapat menggunakan lampu hemat energi atau lampu LED, jika anda masih memanfaatkan lampu pijar sebagai penerangan rumah, segera ganti lampu tersebut dengan lampu LED hemat energi yang mudah kita temukan di toko-toko listrik ataub warung kelontong.


2. Televisi 

Umumnya televisi memiliki daya penggunaan listrik antara 100 watt sampai 200 watt, angka yang sangat lumayan, jika hidup 10 jam saja kita bisa mengeluarkan biaya 1.400 sampai 1.500 harga per kwh pln, sebaiknya kontrol penggunaan televisi jika memang harus dilakukan, segera matikan televisi apabila sudah tidak digunakan.


3. Ac pendingin ruangan

Bagi anda yang tinggal di kota dengan suhu panas seperti jakarta atau semarang, menggunakan Ac pendingin adalah hal lumrah, hampir terpasang disetiap rumah rumah warga, tapi apa jadinya jika Ac menjadi penyebab listrik boros, gunakan Ac seperlunya dan jangan lupa rutin service, unit Ac rusak dapat membuat listrik boros.


4. Pompa air

Ac dan pompa air merupakan alat paling berbahaya dan dapat membuat listrik boros jika kita tidak ruting mengecek setiap minggunya, pompa air sama seperti Ac pendingin, tanpa dirasa dapat membuat tagihan listrik membengkak, contoh kasus pompa hidup mati karena otomatis bermasalah, ini adalah masalah sepele tapi fakta membuktikan dapat membuat kwh listrik cepat habis.


5. Mesin cuci

Perangkat elektronik rumah yang menggunakan dinamo putar dapat membuat pemakaian listrik meningkat, pompa air, Ac dan Mesin cuci. Jika anda menemukan putaran mesin cuci terasa berat, jangan dibiarkan saja, segera panggil tukan service, memang posisi mesin masih bisa beroperasi, tapi amper naik dan bisa membuat penggunaan listrik meningkat 2 kali lipat.


6. Komputer atau laptop

Pernahkah anda mengalami mcb trip pada saat menghidupkan pc komputer? Daya yang dibutuhkan pada saat start awal pc bisa naik 30% sampai 50% sebelum benar benar komputer menyala, daya yang dibutuhkan 1 buah pc bjasanya 100 watt sampai 150 watt jika memang komputer tersebut dalam keadaan normal tidal berrmasalah.


7. Penanak nasi

Alat elektronik nomer 7 ini merupakan alat paling diprioritaskan didalam rumah, setiap hari digunakan untuk memasak nasi dan membutuhkan energi listrik dari PLN, besar watt yang dibutuhkan untuk 1 kali kerja antara 300 watt sampai 350 watt, angka yang lumayan besar dan bisa membuat boros token listrik, manfaatkan penggunaan alat eletronik ini dengan bijak demi hemat listrik.


8. Dispenser air minum

Didalam mesin dispenser air minum, terdapat heater pemanas dan pendingin, saran kami sebaiknya gunakan alat ini dengan bijak jika tidak ingin boros listrik, gunakan jika memang sangat dibutuhkan, selain boros dari sananya, faktor penyebab dispenser boros listrik adalah ada kerusakan pada unit mesin tersebut dan membutuhkan service.


9. Kulkas pendingin

Lazimnya kulkas hidup 24 non stop, tidak bisa dipungkiri lagi jika kulkas dapat memakan daya listrik besar, kulkas 1 pintu 100 watt hidup 10 jam sama dengan 1 kwh/Rp. 1.450, 24 jam : 10 = 2,4 kwh, 2,4 kwh × 30 = 72 kwh, 72 kwh × Rp. 1.450 = Rp. 104.400, 1 bula kita harus mengeluarkan uang 100.000 untuk 1 kulas yang hidup 24 jam.


10. freezer box

Dan yang terakhir adalah freezer, alat ini hampir sama seperti kulkas, membeli freezer kalau hanya untuk menimpan makanan sebaiknya jangan, freezer lebih tepat digunakan untuk perlengkapan peralatan bisnis, menyimpan gading dalam porsi besar misalnya, freezer juga bisa menjadi salah sagu faktor penyebab mengapa penggunaan listrik didalam rumah boros.


Penutup

Itulah 10 alat elektronik rumah yang bisa menjadi penyebab listrik dirumah boros, terapkan disiplin hemat listrik kepada orang orang disekitar kita, termasuk anak anak kita yang mungkin belum tahu, matikan lampu jika tidak diperlukan, gunakan tv seperlunya, selalu cek pompa air, kulkas ac dan meain cuci jika memang membutuhkan service perbaikan.

Post a Comment for "10 Barang Elektronik yang Boros Listrik Bikin Buang-buang Uang"