Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Instalasi Pipa Air Bersih Kamar Mandi Rumah

2 Cara Instalasi Pipa Air Bersih Kamar Mandi Rumah
Pipa air bersih

 www.pipindo.com - Sebelum membangun rumah ada baiknya memikirkan persiapan matang-matang agar tidak rugi nantinya, terutama persiapan pemasangan Pipa air bersih kamar mandi, kamar mandi adalah ruangan vital yang harus benar benar beres mulai dari instalasi pipa air bersih dan instalasi pipa air kotor.


Kali ini kita akan membahas 2 cara pasang instalasi pipa air bersih kamar mandi, metode pemasangan pipa yang sering diterapkan olek para tukang plumbing disekitar kita, mungkin bisa anda jadikan referensi jika ingin menjalankan pemasangan pipa air bersih didalam rumah maupun gedung, simak ulasan berikut ini sampai tuntas.


Instalasi pipa air bersih adalah sebuah upaya manusia untuk menciptakan kemudahan dalam menggunakan air bersih, dengan memanfaatkan pipa pvc ppr dan pipa besi, air bersih dapat dialirkan dari sumber sumur atau ground water tank ke titik pemakaian seperti kran wastafel, kran taman, kran cucian piring dan kran shower kamar mandi.


Pemasangan pipa air bersih kamar mandi diharapkan dapat memudahkan kita dalam menggunakan air bersih, sebisa mungkin pemasangan pipa harus aman, kuat dan bisa bertahan sampai puluhan tahun, maka dari itu kita harus memilih calon kontraktor yang memang sudah berpengalaman dalam dunia instalasi plumbing air bersih.


2 Metode pemasangan instalasi pipa air bersih kamar mandi

Anda dapat mempraktekkan cara dibawah ini dirumah, bisa anda kerjakan sendiri atau dapat juga dijadikan sebagai konsep pekerjaan untuk teknisi dirumah anda:


1. Instalasi pipa air bersih tertanam didalam tembok

Ini adalah instalasi pipa air yang umum kita terapkan dalam pekerjaan plumbing pipa air bersih rumah dan gedung, jalur pipa sepenuhnya tertanam dari sumber sampai ke titik kran kamar mandi, pemasangan pipa tertanam bisa dikategorikan instalasi sulit dan dapat memakan waktu pengerjaan lama.


Proses pemasangan mulai dari persiapan, pemilihan material, pembobokan jalur pipa, pemasangan pipa ke lokasi bobokan dan selanjutnya pemutupan jalir pipa dengan menggunakan adukan semen pasir juga keramik kamar mandi, memang sedikit rumit tapi sangat menguntungkan.


Salah satu syarat instalasi pipa air bersih tertanam adalah material yang akan digunakan harus memiliki kualitas baik, kerusakan pipa tertanam sangat sulit diperbaiki, resiko kerusakan dapat mencakup sampai pembongkaran dinding kamar mandi, maka dari itu butuh tukang pipa ahli dan berpengalaman.


2. Instalasi pipa air bersih outbow/diluar dinding kamar mandi

Instalasi pipa outbow bisa diartikan pipa terpasang diluar dinding kamar mandi, tidak tertanam seperti yang sudah kita bahas diatas, pemasagan pipa air bersih outbow sangat mudah dikerjakan, tanpa harus bobok bobok tembok, hanya fokus pada bobokan titik kran kamar mandi saja, shower, toilet dan kran wastafel.


Jika kita bandingkan, biaya yang dikeluarkan untuk membuat instalasi pipa air bersih outbow lebih murah dari pada pipa air tertanam, jalur pipa dari toren atau sumber air kita buang ke luar area gedung dan selanjutnya langsung menuju titik kran kamar mandi yang sudah disiapkan terlebih dahulu.


Syarat pemasangan pipa air bersih outbow kamar mandi harus berada disamping area gedung atau rumah, jika berada ditengah metode intalasi pipa seperti ini tidak dapat diterapkan, manfaatkan kondisi desain rumah untuk memperkecil biaya pembuatan instalasi pipa air bersih kamar mandi secara outbow.


Penutup

2 cara bisa dijadikan konsep pemasangan instalasi pipa air bersih dirumah, kekurangan dan kelebihan sudah dijelaskan, tapi jika mas kebingunan anda dapat kontak kami untuk konsultasi gratis, bagi anda yang bedomisili di Semarang dan Salatiga kami juga melayani jasa pemasanvan instalasi pipa air bersih berpengalaman dan tentunya bergaransi.

Post a Comment for "2 Cara Instalasi Pipa Air Bersih Kamar Mandi Rumah"