Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aturan Instalasi Listrik Rumah Sesuai PUIL yang Benar dan Aman

5 Aturan Instalasi Listrik Rumah Sesuai PUIL yang Benar dan Aman

 Tidak hanya berkendara dijalan raya, dalam pekerjaan listrik pun memiliki aturan yang harus diterapkan, aturan sesuai PUIL dan standar SNI, karena dari banyak kasus yang terjadi, lebih banyak ruginya ketimbang untungnya, maka dari itu, pembuatan jaringan instalasi listrik harus taat aturan, lalu apa saja aturan-aturan dalam pekerjaan listrik?


Sebelum membahas tahapan dan aturan dalam pekerjaan instalasi listrik, ada beberapa keeugian yang akan kami sampaikan, bukan menakut nakuti, tapi sudah banyak yang terjadi di lapangan, kerugian utama jika tidak menerapkan aturan pekerjaan listrik adalah kebakaran, sering bukan kita mendengar kasus kebakaran akibat korsleting listrik?


Korsleting listrik bukan masalah kecil, masalah kecil yang disepelekan, dan jika dibiarkan akan dapat merugikan kita sebagai pemilik rumah, menumpuk steker dapam satu stop kontak misalnya, kebiasaan buruk seperti ini umum kita lihat didalam sebuah rumah, atau pertokoan, makanya banyak ruko roko terbakar karena korsleting listrik.


Ulasan diatas adalah contoh kecil, kerugian yang didapat jika tidak taat aturan penggunaan maupun pembuatan instalasi listrik rumah dan gedung, simak beberapa aturan penting dalam hal kelitrikan dibawah ini semoga bermanfaat:


5 Aturan Instalasi Listrik Rumah Sesuai PUIL


1. Material kabel harus SNI

Lalu seperti apakan kabel SNI itu? Jika anda melihat label cover kabel listrik mungkin hampir semua kabel memiliki label SNI, tapi untuk kualitas hanya ada beberapa merek yang bisa diandalkan, selain SNI penggunaan kabel listrik juga harus sesuai keperluan dan kebutuhan, sebelum membangun jaringan instalasi listrik, sesuaikan ukuran dan pilih kabel berkualitas baik untuk penggunaan jangka panjang.


2. Gunakan pipa listrik berkualitas

Spesifikasi pipa listrik, sebaiknya pilin pipa yang dapat bertahan dalam keadaan tertanam, outbow terpasang diluar gedung dan mudah diolah, mudah diolah disini adalah mudah dipasang, karena dalam istilah pekerjaan pipa listrik ada yang namanya piping elektrikal, dengan seni piping kita akan dapat menghasilkan instalasi listrik berkualitas.


3. Pastikan sambungan kabel kuat dan bermutu

Tidak hanya cor jalan, sambungan kabel pun juga wajib memiliki mutu, kualitas bajk, tidak asal sambung dan untir sana sini, ada teknik khusus yang dapat kita terapkan pada saat membuat instalasi listrik rumah, seperti teknik sambungan untir bab!, teknis penyambungannya adalah menyatukan 2 sampai 4 buah kabel dengan cara diuntir menggunakan Tang kombinasi.


4. Berpedoman pada gambar kerja

Instalasi rumah anda tidak memiliki denah resmi instalasi listrik, segera hubungi kami...! Denah listrik sangat penting, karena ini akan dapat membantu kita pasa saat pembuatan dan perbaikan, contoh kasusu ada kerusakan 10 tahun kemudian, dengan bantuan gambar, kerusakan listrik akan mudah ditangani meski sudah 10 tahun pemakaian.


5. Gunakan kontraktor berpengalaman

Kontraktor spesialis listrik pasti sudah ahli dalam pekerjaan eletrikal, pilih kontrkator bersertifikat, berbadan usaha Cv atau Pt dan memiliki rekan jejak baik, cek proyek-proyek terdahulu, jika bagus kami merekomendasi jasa kontraktor untuk menyelesaikan pembuatan jaringan instalasi lsitrik rumah maupun gedung, atau anda juga dapat menghubungi kami melalui halaman kotak.


Aturan nomer 5 menurut kami sudah lebih dari cukup untuk nada yang tidak ingin ambil pusing pada saat membangun rumah, sebuah badan usaha kontraktor yang telah lama beroperasi seperti kami pastinya amat berpengalaman dan selalu menerapkan aturan dalam pekerjaan pemasangan instalasi listrik rumah maupun gedung.

Post a Comment for "5 Aturan Instalasi Listrik Rumah Sesuai PUIL yang Benar dan Aman"