Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Pipa Air Bersih Berkualitas Cocok Untuk Instalasi Plumbing Rumah dan Gedung

5 Jenis Pipa Air Bersih Berkualitas Cocok Untuk Instalasi Plumbing Rumah dan Gedung
Pipa PPR

 www.pipindo.com - Plumbing Pipa Air Bersih adalah sebuah upaya yang direncanakan dan dipersiapakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dalam sebuah gedung dengan memanfaatkan sarana pipa, dan pipa adalah selongsong bundar yang berfungsi untuk mengalirkan fluida cair maupun padat.

Pemakaian instalasi pipa air bersih paling tidak dapat dimanfaatkan sampai 35 tahun, maka dari itu persiapan dan pemilihan bahan harus difikirkan matang matang, agar dapat menghasilkan sebuah pemasangan pipa air bersih berkualitas didalam rumah, villa, gedung dan tempat umum lainnya.


Sebelum anda membeli atau menggunakan material pipa air, sebaiknya perbanyak konsultasi, meminta saran untuk mendapatkan rekomendasi pipa air bersih berkualitas, anda bisa mencari info melalui media internet atau dapat langsung bertanya ke toko atau distributor penyedia material pipa air bersih, mudah bukan?


Ada banyak jenis pipa air yang bisa kita manfaatkan sebagai material utama pembuatan instalasi pipa air rumah, di indonesia sendiri banyak produsen yang menyajikan produk pipa berkualitas, mulai dari pipa untuk air bersih plastik, pipa untuk air panas bertekanan dan pipa besi, lalu pipa paling bagus yang mana?


Rekomendasi 5 jenis pipa yang cocok untuk instalasi air bersih


Sebelum kita bahas 5 jenis pipa terbaik untuk instalasi air bersih rumah, mungkin jika anda ada waktu bisa langsung datang ke toko pipa untuk mendapatkan informasi pipa paling bagus, atau simak ulasan dibawah ini sampai tuntas.


1. Pipa air bersih PVC

Pvc (polyvinyl chloride) siapa yang tidak kenal dengan pipa ini, pipa berkualitas hampir seluruh orang menggunakan pipa PVC sebagai meterial instalasi pipa air bersih dirumah, pipa PVC multi fungsi, harga material murah dan pemasangan pipa ini juga sangat mudah.


2. Pipa air bersih JIS

JIS (Japanese Industrial Standard) pipa yang lebih sering kita sebut dengan pipa abu-abu ini meeupakan pipa berkualitas dan harga murah, pemasangan pipa ini sama seperti pemasangan pipa PVC, mudah dan hanya memanfaatkan lem sebagai perekat antara fitting dan pipa.


3. Pipa air bersih PPR

5 Jenis Pipa Air Bersih Berkualitas Cocok Untuk Instalasi Plumbing Rumah dan Gedung
Fitting pipa ppr
Pipa PPR (Polypropylene Random) lebih kita kenal dengan pipa air panas dan dingin bertekanan, pipa ini sudah ramai digunakan dalam proyek-proyek rumah dan gedung, pipa PPR juga bisa menjadi solusi sebagai pengganti pipa BESI yang mudah korosi.


4. Pipa air bersih PEX

Pipa PEX adalah pipa plasti yang juga digunakan untuk instalasi pipa air bersih bertekanan dalam sebuah gedung, pipa PEX juga bisa menjadi alternatif pengganti pipa PPR, pemasangan pipa PEX dapat dilakukan tanpa menggunakan pemanas atau lem pipa.


5. Pipa air bersih HDPE

Dan yang terkahir adalah pipa HDPE, kami merekomendasikan pipa HDPE untuk instalasi pipa air bersih bertekanan didalam rumah anda, dari ke 4 jenis pipa diatas, pipa HDPE adalah pipa terbaik, pemasangan pipa HDPE sama seperti pipa PEX tanpa menggunakan lem.


Kekurangan dan kelebihan Pipa air bersih

Meski memiliki kelebihan 5 jenis pipa diatas juga memiliki kekurangan, pipa PVC misalnya, pipa PVC memiliki kelebihan murah, ringan, mudah dipasang dan tahan terhadap korosi, tapi pipa ini tidak dapat kita gunakan untuk instalasi pipa air panas bertekanan, bisa dibayangkan bukan jika pipa ini terkena panas, pasti akan meleleh dan rusak.

5 Jenis Pipa Air Bersih Berkualitas Cocok Untuk Instalasi Plumbing Rumah dan Gedung
Pemanas pipa ppr westpex

Dan pipa PPR, sama-sama digunakan untuk instalasi air bersih, kelebihan pipa PPR dapat bertahan dari suhu air hingga 90°C, mampu bertahan pada tekanan bar tinggi, umur penggunaan bisa sampai 50 tahu, tapi mahal, sepadan dengan kualitas yang diberikan dan pemasangan pipa PPR juga harus dikerjakan oleh teknisi berpengalaman


Kesimpulan

Meski hanya rumah sederhana, tidak ada salahnya anda menggunakan pipa air bersih PEX PPR atau HDPE, memang dari segi harga mahal, dan pemasangan juga tidak boleh sembarang, tapi manfaat yang diberikan juga sepadan, jika pemasangan dilakukan dengan benar, ke 3 pipa diatas dapat bertahan hingga puluhan tahu, selamat tinggal tukang service.

Post a Comment for "5 Jenis Pipa Air Bersih Berkualitas Cocok Untuk Instalasi Plumbing Rumah dan Gedung"