Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Warna Kabel Listrik NYM dan NYA Serta Fungsi Kegunaannya

Arti Warna Kabel Listrik NYM dan NYA Serta Fungsi Kegunaannya
Arti Warna Kabel NYM dan NYA

 Kabel listrik adalah media utama untuk menghantarkan aliran listrik dari sumber PLN ke beban pemakaian, umum kita kenal dengan kabel berkode NYM atau NYA, 2 jeni kabel ini sering kita temukan terpasang di instalasi listrik rumah maupun gedung bertingkat, warna dua jeni kabel ini adalah coklat, kuning, merah, biru, abu-abu dan kuning bergaris.


Fungsi utama dari warna-warna kabel diatas adalah sebagai penanda untuk memudahkan kita dalam hal penyambungan, banyak kasus terjadi didalam instalasi listrik rumah penggunaan warna kabel menggunakan warna yang tidak standart SNI, kerugian dari cara pemasangan ini adalah akan dapat menyulitkan kita jika terjadi apa-apa dimasa mendatang, lalu apa saja arti warna kanel NYM dan NYA?


Arti warna kabel NYM

Sebelum kita membahas arti warna kabel NYM mari kita bahas apa arti kode tulisan NYM.


NYM

N = Kabel dengan inti tembaga

Y = Isolasi berbahan PVC

M = Inti kabel lebih dari satu


Kabel NYM adalah jenis kabel yang berinti tembaga, berisolasi pvc yang lebih dari 1 inti tembaga kabel tunggal dan terbungkus, contoh kode kabel NYM adalah (NYM 3×2,5mm), artinya kabel isi 3 berukuran 2,5mm.


Adapun jenis warna kabel NYM yang umum kita lihat adalah 

Coklat/Biru/kuning


1. Arti warna kabel Coklat pada kabel NYM digunakan untuk api listrik/phase, gunakan tespen untuk mengecek kabel warna coklat yang terpasang dirumah anda.


2. Arti warna kabel Biru pada kabel NYM adalah Netral atau 0, tapi ada juga beberapa produsen kabel yang menggunakan warna abu-abu sebagai Netral listrik.


3. Arti warna kabel kuning pada kabel jenis NYM digunakan untuk grounding/arde listrik, simak ulasan berikut agar tahu apa itu grounding listrik Fungsi grounding pada instalasi rumah dan gedung


Arti warna kabel NYA

Arti kode kabel tunggal NYA, simak penjelasannya agar faham dalam meracik instalasi listrik rumah maupun gedung


NYA

N = Kabel dengan inti tembaga

Y = Isolasi berbahan PVC

A = Kabel tunggal


Kabel NYA umum disebut dengan kabel tunggal berisolasi pvc satu lapi, berbeda dengan kabel NYM yang memili lebih dari 1 kabel terbungkus pvc


Adapun jenis warna kabel NYA yang umum kita lihat adalah

1. Coklat/Hitam/Merah adalah phase listrik atau api listrik


2. Abu-abu/Biru digunakan untuk netral atau 0


3. Kuning/kuning bergaris adalah grounding pembumian


Kabel NYA sangat mudah diaplikasikan dalam instalasi listrik, karena spesifikasi kabel ini adalah kabel tunggal hanya satu, penggunaan material dilapangan akan sangat mudah dikontrol, berbeda dengan jika menggunakan jenis kabel NYM

Post a Comment for "Arti Warna Kabel Listrik NYM dan NYA Serta Fungsi Kegunaannya"