Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instalasi Listrik Agar Irit Kabel Cocok diterapkan Kontraktor dan Pemborong

 Anda kontraktor atau pemborong instalasi listrik? Banyak untungnya atau sering rugi? Dalam dunia bisnis pasti ada saja rintangan yang akan dihadapi, termasuk dalam dunia kontraktor listrik atau pemborong listrik, simak ulasan berikut ini sampai tuntas, mungkin dari sini anda akan mendapatkan jawaban.


Kontraktor listrik adalah sebuah badan usaha atau perorangan yang bergelut di dunia proyek kelistrikan, mulai dari listrik gedung, rumah, pju dan sarana tempat umum lainnya, mungkin anda sering mendengar keluhan dari teman atau bos anda sendiri yang merasa rugi karena penggunaan material kabel yang over.


Sudah sering dibahas disini, dalam menjalankan pekerjaan instalasi, ada baiknya menggunakan jasa profesional, lebih tepatnya profesional dalam pekerjaan instalasi listrik, semakin bagus skil teknjsi yang ada semakin aman instalasi listrik tersebut, karena dibuat berdasarkan pengetahuan.


Dalam satu kasus, borong listrik tapi rugi, prediksi kerugian disebabkan oleh penggunaan material kabel listrik yang berlebihan, contoh kecil adalah spare 20cm dan hanya terpakai 10cm, sisa 10cm, 10cm jika sisa kabel ini terlatak pada stop kontak maupun saklar, tinggal dikalikan saja ada berapa titik.


Manfaatkan material kabel seperlunya, agar tidak merugikan perusahaan, jika kita berpedoman pada gambar elektrikal yang sudah disediakan, sebenarnya semua akan baik-baik saja, tanpa ada keraguan pada saat akan menentukan harga dan pelaksanaan dilapangan, simak cara irit kabel listrik di bawah ini:


Cara menghemat penggunaan kabel listrik

Cara Instalasi Listrik Agar Irit Kabel Cocok diterapkan Kontraktor dan Pemborong

Gambar diatas adalah contoh gambar kabel satu garis,ada tiga titik angka yaitu angka 1 adalah sumber mcb atau kwh, nomer 2 adalah beban lampu atau dan nomer 3 adalah saklar tunggal, lalu bagaiman cara termudah untuk menenkan penggunaan kabel listrik, simak terus ulasan berikut ini.


Skema gambar diatas adalah sample instalasi saklar tunggal, pada tutik angka 1 dari sumber menggunakan kabel Nym 3×2,5mm sampai T dus sambungan, selanjutnya angak 2, yaitu lampu, menggunakan kabel Nym 3×2,5mm dan yang terakhir angka 3 yaitu sakar, menggunakan kabel Nym 2×25mm atau bisa juga memanfaatkan kabel Nya.


Dari apa yang sudah dijelaskan diatas, apa yang anda fikirkan? Jika kita amati ulang sama saja, seperti instalasi listrik biasa, lalu rugi untungnya dimana? Dalam sebuah proyek pembuatan instalasi listrik, sering kita sebagai teknisi mendapatkan material kabel yang sama, tanpa ada kabel isi lain.


Kenapa begitu? Owner proyek pasti tidak mau ribet, belanja kabel hanya satu jenis misal Nym 3×2,5, tapi ke yataan dilapangan juga membutukan kabel isi 2, ujung ujungnya tukang harus mengupas kabel. 


Jika menyesuaikan gambar diatas saklar tunggal hanya membutuhlan 2 kabel yairu Merah dan Biru Saklar, dan apabila tetap menggunakan kabel Nym 3×2,5 sama saja sisa 1 kabel tunggal, tinggal di kalikan ada berapa titik saklar dalam proyek yang anda jalankan, solusi terbaik adalah menggunakan kabel Nya.


Manfaat menggunakan kabel Nya dalam pekerjaan instalasi listrik adalah dapat menekan anggaran, karena kita dapat meracik kabel sesuai kebutuhan, tanpa mengupas seperti pasa saat menggunakan kabel Nym, syarat pemasangan instalasi menggunakan kabel Nya adalah instalasi harus masuk ke dalam pipa conduit 20mm

Post a Comment for "Cara Instalasi Listrik Agar Irit Kabel Cocok diterapkan Kontraktor dan Pemborong"