Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Stop Kontak Outbow Di Dinding Sendiri Mudah dan Aman

Cara Memasang Stop Kontak Outbow Di Dinding Sendiri Mudah dan Aman
Pasang Stop Kontak Outbow

 Kekurangan stop kontak didalam rumah? Mungkin sedang terjadi kepada anda, pada saat membutuhkan stop kontak, namun lokasi titik stop kontak rumah jauh atau kurang banyak, solusi paling mudah adalah membuat outlet stop kontak Outbow di tembok rumah atau bisa juga di meja kerja anda.

Stop kontak adalah media alat kelistrikan yang berfungsi sebagai terminal listrik, stop kontak juga bisa disebut alat persediaan listrik standby, dengan adanya stop kontak kita dapat menghidupkan kipas angin, charger hp untuk tv dan masih banyak lagi, lalu bagaiaman cara memparalel stop kontak Outbow dinding?


Apa itu Stop kontak Outbow? Jika kita pahami dari kata Outbow berarti terpasang diluar tidak tertanam, stop kontak Outbow lebih kepada stop kontak temporari atau terminal dadakan, berbeda dengan stop kontak tanam didalam dinding, pioa stop kontak Outbow juga terpasang menempel didinding atu meja kerja.


Simak ulasan berikut ini, sebelum anda memanggil tukang listrik terdekat, atau bisa juga menggunakan jasa kami bagi anda yang berdomisili di Semarang Salatiga dan Ambarawa, melayani jasa service instalasi listrik dan pasang baru, termasuk melakukan pekerjaan tambah pemasangan stop kontak Outbow.


Cara menempelkan Stop Kontak Outbow di dinding

Sebelum anda memulai pekerjaan pemasangan stop kontak Outbow, persiapkan Alat dan bahan membuat stop kontak Outbow berikut ini:


1. Alat alat pasang stop kontak Outbow

Adapun beberpa peralatan kelistrikan yang dibutuhkan adalah


a. Tespen listrik

b. Tang kombinasi

c. Tang potong

d. Cutter potong

e. Isolasi listrik

f. Bor listrik

g. Palu kecil

h. Obeng plus/min

i. Mata bor 6mm

J. Tangga lipat


2. Daftar macam macam material listrik untuk pasang stop kontak Outbow

a. 1 pcs stop kontak Outbow

b. Pipa conduit 20mm

c. Klem pipa cobduit 20mm

d. Kabel Nym 3×2,5mm

e. Fhiser beton 6mm

f. Skrup fhiser 2,5mm

g. T dus 3 lubang


Semua jenis material dan alat kelistrikan diatas dapat mudah kita temukan di toko listrik atau toko bangunan terdekat dari rumah kita.


Tahap pembuatan stop kontak Outbow di dinding sendiri tanpa teknisi

1. Persiapkan sumber listrik

Sumber listrik stop kontak yang akan kita pasang sebaiknya diparalel dari sumber terdekat, anda dapat mencari dengan cara naik ke atas plafon, cek kabel stop kontak yang sudah terpasang, tapi sebelum anda melakukan step pekerjaan ini, kwh meter wajib dalam keadaan padam, demi keamanan dan keselamatan kerja.


2. Pemasangan T dus 3 lubang

Pasang T dus 3 lubang, potong kabel menggunakan tang potong, sekali lagi mohon diperhatikan pekerjaan ini harus dalam keadaan listrik padam, setelah kabel terpotong, anda dapat memanfaatkan tespen untuk mengecek apakah aliran listrik sudah hilang, jika sudah masukkan 2 kabel ke T dus.


2 kabel yang sudah dipotong adalah sumber listrik dari kwh dan output ke pemakaian lama, dan selajutnya sisa satu lubang dimanfaatkan untuk kabel instalasi stop kontak Outbow nantinya, spare kabel ke titik stop kontak dapat menyesuaikan, pilihan pertama sejajar dengan saklar atau 35cm dari lantai.


3. Pemasangan pipa conduit listrik di dinding

Pipa conduit memiliki panjang 2,9 meter atau 3 meter dan berdiameter 20mm, pipa conduit 20mm hanya cukup untuk 1 kabel Nym 3×2,5mm, berbeda jika anda menggunakan kabel Nya, bisa muat lebih dari 6 kabel tunggak, 6 kabel tunggal sama saja dengan 2 kabel Nym 3×2,5mm, tapi jikan menggunakan kabel Nya kurang aman, sangat beresiko.


Persiapkan peralatan seperti Bor listrik, matabor 6mm, obeng plus/min. Masukkan kabel listrik ke dalam pipa conduit, sejajarkan titik stop kontak Outbow dengan saklar, potong pipa pada titik 175cm dari lantai, lakukan pengeboran titik klem pipa conduit, 25cm dari titik stop kontak Outbow dan 25cm dari plafon rumah.


4. Tahap pemasangan terminal stop kontak Outbow

Setelah sambungan kabel dan pipa conduit siap, masuk ke tahap pemasangan aksesori terminal stop kontak Outbow. Lepaskan body stop kontak, gunakan breaket body stop kontak untuk membuat 4 titik tanda menggunakan pensil atau spidol, selanjutnya gunakan bor untuk membuat lubang pengunci.


Masukkan fhiser ke dalam 4 titik lubang, pasang bracket stop kontak, kunci dengan skruo yang sudah di sediakan, kencangkan menggunakan obel plus kecil, selanjutnya pasang kabel ke konektor stop kontak L N dan G, L adalah phase api listrij, N adalah netral dan G adalah grounding, setelah selasai pasang kembali stop kontak ke bracket.


Penutup

Pekerjaan diatas mudah dan dapat dikerjakan sendiri, pemasangan stop kontak Outbow akan sangat membantu kita pada saat membutuhkan sumber listrik pada lokasi tertentu, anda juga dapat menerapkan pemasangan stop kontak Outbow pada meja kerja, meja belajar, dapur atau teras dan taman diarea rumah kita tanpa bobok.

Post a Comment for "Cara Memasang Stop Kontak Outbow Di Dinding Sendiri Mudah dan Aman"