Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Mcb Rumah Sendiri Tanpa Tukang atau Teknisi Listrik

 www.pipindo.com - mendapati listrik rumah bermasalah pasti anda akan berfikir praktis dan ingin memperbaikinya sendiri, seperti saklar rusak, kabel putus atau mengganti mcb sendiri, selain menghemat biaya kita juga akan dapat ilmu baru seperri yang akan kami bahas saat ini bagaimana cara mengganti mcb rumah sendiri tanpa tukang listrik.

Cara Pasang Mcb Rumah Sendiri Tanpa Tukang atau Teknisi Listrik
Pasang mcb rumah

Mcb adalah sebuah material listrik yang berfungsi sebagai pemutus dan pembatas arus listrik, mcb mudah kita temukan di kwh meter dan box panel listrik pembagi, dengan bantuan mcb, listrik rumah akan mudah terkontrol, misal ada kerusakan, kiya hanya tinggal memadamkan listrik dengan menggunakan mcb listrik.


Syarat utama mengganti mcb sendiri adalah mengetahui langkah langkah dalam pekerjaan instalasi listrik, simak cara mengganti mcb rumah sendiri tanpa teknksi berikut ini:


1. Padamkan listrik total melalui kwh meter

Ini adalah langkah awal sebelum anda lanjut mengeksekusi pergantian mcb, kenapa harus dipadamkan? Karena demi keamanan kerja, mengingat listrik dapat membahayakan kita.


2. Cek mcb lama yang akan kita ganti dengan tespen

Tespen brfungsi untuk mendetekti arus listrik kabel melalui indikator lampu yang ada didalam tespen, ini adalah tahap oenting yang wajib diterapkan, apakah listrik masih ada di dalam mcb lama sebelu dibongkar.


3. Bongkar mcb lama dari box panel listrik

Setelah aman tidak ada arus listrik didalam panel, saatnya masuk pada pembongkaran mcb, gunakan obeng plus, kalau bisa obeng yang memiliki isolator karet untuk berjag jaga tersengat arus listrik mcb.


4. Pasang mcb baru ke box panel listrik.

Dudalam box panel listrik ada rel yang berfungsi untuk mengaitkan mcb ke box panel, lalu pasang kabel phase yang tadi dilepas, phase in dan out, pemasangan kabel harus kuat, jika kendor dapat memicu terjadinya kebakaran.


Apakah bisa mengganti mcb kwh sendiri

Jika bisa mungkin saya sendiri akan mengganti mcb rumah menggunakan nilai ampere yang lebih besar, jawabannya adalah tidak bjsa, didalam kwh pln terdapat segel yang tidak boleh dibongkar, jika masih nekad, pelaku bisa kena denda dan pidana, pln bisa menganggap jni pencurian listrik, entah sengaja atau tidak sengaj.

Post a Comment for "Cara Pasang Mcb Rumah Sendiri Tanpa Tukang atau Teknisi Listrik"