Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Panel Listrik 1 Phase 4 Group Untuk Membagi Daya

Cara Pasang Panel Listrik 1 Phase 4 Group Untuk Pembagian Daya
Panel Listrik 4 Group 1 Phase

 www.pipindo.com - Banyak manfaat yang akan dirasakan jika mau menerapakan grouping listrik atau pembagian daya listrik, jika di rumah menggunakan listrik 1 phase, kita dapat memanfaatkan panel listrik 4 group sampai 8 sampai 24 group, anda bisa mengandalakan jasa teknik listrik utuk melakukan grouping listrik di dalam instalasi rumah.


Tapi apabila ingin melakukan pemasangan sendiri, anda dapat mengikuti ulasan berikut ini sampai tuntas, sebenarnya pemasangan instalasi listrik wajib dikerjakan oleh teknjsi yang sudah berpengalaman dan bersertifikat, demi menjaga keamanan dan berfungsinya listrik di dalam rumah dengan baik tanpa ada masalah.


Lalu jika ingin melakukan pemasangan panel listrik sendiri, apa saja yang harus dipersiapkan? 


Syarat pertama adalah harus mengerti kaidah pemahaman dan pelaksanaan pekerjaan listrik dilapangan, mulai dari pemilihan material, teknis pemasangan dan keamanan, jika sudah memahami 3 point tersebut, kita sudah dapat melakukan perbaikan listrik dirumah sendiri atau bahkan memasang instalasi listrik termasuk pemasangan panel listrik.


Apa itu grouping instalasi listrik?

Grouping berfungsi untuk membagi penggunaan daya listrik misal, dalam sebuah rumah memiliki 2 jenis pemakaian listrik lampu dan stop kontak, dan ingin dibagi atau di group sesuai kebutuhan, lampu sendiri dan stop kontak sendiri, lampu group A dan stop kontak group B.


Keuntungannya adalah kita akan dapat dengan mudah mengontrol penggunaan lampu dan stop kontak menggunakan mcb pembatas dengan cara manual maupun otomatis, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini, Jenis Alat Kelistrikan Dan Fungsinya.


Pemasangan panel listrik 1 phase dapat kita kerjakan sendiri tanpa tukang, contoh kasus dalam sebuah rumah memiliki Mcb utama di Kwh 6 Ampere, dan ingin membagi daya listrik menjadi 3 group menggunakan panel listrik 4 group, lalu apa saja material yang dibutuhkan?


Persiapkan material berikut ini:

1. Box Mcb 4 Group

2. Mcb 2 Amper 3 pcs

3. Kabel Nya secukupnya


Persiapkan peralatan berikut ini:

1. Gerinda tangan

2. Kabel power

3. Palu besar

4. Pahat bobok dinding

5. Obeng plus minus

6. Tang potong

7. Tang kombinasi


Peralatan dan material diatas dapat dengan mudah kita temukan di toko bangunan dan toko listrik terdekat dari rumah kita, atau kita juga dapat dengan mudah belanja melalui toko online.


Pemasangan panel listrik 1 phase

Pembobokan dinding

Titik bobokan box panel dapat menyesuaikan panel yang sudah terpasang pada umumnya, antara 170 cm sampai 185 cm, semakin tinggi semakin baik, agar terhindar dari gangguan hewan dan tidak mudah dijangkau oleh anak kecil, seperti yang sudah sering di bahas listrik dapat membahayakan manusia.


Manfaatkan gerinda tangan untuk mempercepat bobokan, gerinda dinding sesuai ukuran box mcb yang sudah dipersiapkan.


Pemasangan Box Panel Listrik 1 Phase

Pemasangan box panel sebaiknya sejajar dengan dinding jadi, atau rata dengan dinding, dengan cara ini kita akan mendapatkan hasil pekerjaan pemasangan box panel listrik 1 phase rapi bagus dan aman, gunakan adukan semen dan pasir untuk memperkuat box panel listrik 4 group tersebut.


Tunggu 1 hari agar adonan pasir dan semen mengeras, jangan buru-buru merapaikan kabel yang sudah dipersiapjan, cara tersebut akan dapat merusak adonan perekat yang berfungsi menguatkan box panel listrjk.


Perapian kabel listrik dan pemasangan Mcb

Kabel listrik yang sudah dipersiapkan ada 3 jalur, 


1. Group A - 2A

2. Group B - 2A

3. Group C - 2A


Group A digunakan untuk grouping lampu

Group B untuk stop kontak normal

Group C untuk stop kontak pompa dan penanak nasi


Bagi anda yang kesulitan pada saat melakukan perbaikan listrik didalam rumah, segera hubungi kami melalui kontak Watssap, konsulatsi dan survei gratis tanpa dipungut biaya khusus yang berdomisili di Salatiga dan Semarang Jawa tengah.

Post a Comment for "Cara Pasang Panel Listrik 1 Phase 4 Group Untuk Membagi Daya"