Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instalasi Listrik Tanpa Pipa Apakah Boleh? Simak Penjelasannya Baik-Baik

Instalasi Listrik Tanpa Pipa Apakah Boleh? Simak Penjelasannya Baik-Baik
Instalasi Listrik Tanpa Pipa

 Apakah anda sedang mencari jasa service kabel listrik karena bermasalah? Segera hubungi kami, saat banyak sekali informasi mengenai kerusakan dan kecelakaan listrik yang diakibatkan oleh pemasangan instalasi tidak sesuai PUIL listrik di indonesia, mulai dari tersengat listrik, listrik boros dan kebakaran karena korsleting listrik dalam sebuah rumah maupun gedung.


Apakah dianjurkan memasang kabel listrik tanpa pipa conduit? Jawabannya tidak! Karena ini sangat beresiko dikemudian hari, seperti yang sudah dijelaskan diatas, banyak sekali kerugian-kerugian yang akan anda dapatkan, berikut penjelasan dampak buruk dari pemasangan instalasi listrik tanpa menggunakan pipa isolasi pipa conduit:


1. Kabel Tertanam tanpa pipa listrik akan menyebabkan korslet.

Kenapa bisa bigitu? Aliran listrik pada kabel akan terus digunakan, arus Ac atau arus bolak balik merupakan energi utaman yang bersifat panas, jika beban listrik besar, maka panas kabel akan naik drastis, ini lah penyebab utama mengapa listrik dirumah anda sering konslet beberapa saat dan setelah itu akan padam total tidak dapat digunakan.


2. Kabel Tertanam tanpa pipa listrik beresiko terkena manusia.

Dampak buruk point ke dua lebih beresiko, karena sudah banyak terjadi orang meninggal karena tersengat listrik, kabel listrik tanpa pipa yang tertanam ditembok suatu saat akan terkelupas atau meleleh, lebih baik mati total seperti yang sudah dijelaskan diatas dari pada terkelupas didalam tembok, ini akan beresiko menyengat kita jika berada di area dinding tersebut.


3. Kabel listrik tanpa pipa kurang aman dan terlihat tidak rapi.

Piping pipa listrik sangat tidak dianjurkan, karena kurang aman, beresiko sengatan ke hewan juga manusia, dan kabel listrik tanpa pipa terkesan pemasangan kabel tidak rapi alias semprawut, kenapa didalam gedung mewajibkan kabel di piping? Agar rapi aman dan maintenance mudah tidak membuat teknisi bingung dimasa depan meski terjadi pergantian karyawan, selalu gunakan pipa dalam pemasangan instalasi listrik.


4. Kabel listrik tanpa pipa bisa bikin boros pengeluaran.

Kenapa bisa? Boros disini bukan berarti boros diawal pembuatan, memang pada saat tahap pemasangan modal yang dikeluarkan sangat murah, hanya 50% jika tidak menggunakan pipa conduit, tapi di masa mendatang, anda akan sering service ini itu bahkan bisa jadi sampai renovasi peremajaan dan mulai berfikir menggunakan pipa listrik sebagai pelindung kabel, lebih baik mahal diawal murah didepan bukan?


Saat ini banyak instalasi listrik yang menerapkan pemasagan kabel tanpa pipa didalam tembok maupun dak cor, ini salah satun cara salah yang selalu terlihat disekitar kita, sudah mendarah daging, sebenarnya bukan karena tukang atau kontraktor yang tidak tahu, tapi memang dari owner pemilik rumah yang lebih memilih peket murah pemasangan listrik tanpa pipa conduit.


Pipa conduit adalah pipa pelindung kabel, panjang pipa ini 2,9mm dan yang umum digunakan dalam instalasi listrik berdiameter 20mm, selain itu ada beberapa material bantu yang juga menjadi suport utama dalam instalasi listrik, yaitu isolasi anti bakar, T dus pengaman sambungan, tray kabel dan masih banyak lagi, hubungi kami untuk menjalin kerjasama pembuatan jaringan listrik berkualitas aman dan murah.

2 comments for "Instalasi Listrik Tanpa Pipa Apakah Boleh? Simak Penjelasannya Baik-Baik"

  1. Belajar dari pengalaman pribadi saya sendiri, memang benar kabel listrik tanpa pipa dan tertanam dapat membuat korslet dimasa mendatang..

    ReplyDelete