Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Peralatan Listrik Lengkap Beserta Fungsinya Yang Wajib Kita Pahami

Jenis Peralatan Listrik Lengkap Beserta Fungsinya Yang Wajib Kita Pahami
Jenis Peralatan Listrik

 Menghafal peralatan listrik memang susah susah gampang, ada banyak jenis material kelistrikan yang perlu kita ketahui, lalu apa manfaatnya? Pada saat kita akan membangun rumah, tentu wajib tahu, apa saja material pendukung kelistrikan yang ada didalam rumah?


Sebelum membangun rumah, kita wajib faham apa saja jenis peralatan kelistrikan yang ada didalam rumah maupun gedung, karena ini akan sangat membantu dalam proses pembangunan dari segi waktu dapat mempercepat dan tentu akan lebih menghemat biaya pemasangan instalasi listrik.


Macam macam material peralatan listrik yang ada didalam rumah


1. Saklar lampu

Saklar merupakan salah satu material peralatan paling penting dalam sebuah instalasi listrik, fungsi saklar sendiri adalah berfungsi sebagai pemutus arus listrik dari sumber ke beban lampu atau perangkat elektronik lainnya, ada banyak jenis saklar yang umum digunanakan yaitu saklar tunggal, saklar double/seri, saklar tukar dan saklar intermedite.


2. Stop kontak

Sama seperti saklar pemutus diatas, stop kontak juga memiliki peranan penting dalam sebuah jaringan instalasi listrik, stop kontak berfungsi sebagai terminal listrik, kita dapat menggunakan stop kontak untuk charger hp, power komputer, setrika dan segala macam elektronjk yang membutuhkan arus listrik AC dari PLN dan mesin genset.


3. Lampu penerangan

Sama seperti namanya, lampu berguna sebagai penerangan diarea gelap dan malam hari, lampu sering terlihat terpasang didalam ruangan rumah seperti kamar tidur, toilet kamar mandi dan teras rumah, lampu juga sering digunakan sebagai penerangan jalan umum atau biasa kita sebut dengan Lampu Penerangan Jalan Umum PJU.


4. Kabel listrik

Kabel listrik dimanfaat sebagai saranan menghantarkan listrik dari sumber PLN ke beban pemakaiian, dari kwh meter misalnya, kwh meter ke saklar ke lampu, atau dari kwh meter ke stop kontak lalu ke pemakaian, kira kira seperti itu algoritma yang umum digunakan, ada banyak jenis kabel listrik, dan sudah sering di bahas didalam situs ini.


5. Penel listrik

Penel listrik juga peralatan penting dalam instalasi listrik, panel listrik berfungsi sebagai pelindung komponen seperti mcb, mccb, timer relay dan alat kontrol lainnya, dengan adanya panel listrik, jaringan instalasi listrik dalam sebuah gedung akan mudah terkontrol, misalnya kita membuat rangkaian mcb pembagi, panel listrik akan memudahkan pembuatan sistem tersebut.


6. Mcb pembatas

MCB atau kepanjangan dari Miniature Circuit Breaker adalah alat pembatas dan juga pengaman jaringan instalasi dari korsleting listrik, mcb mudah kita temukan terpasang pada kwh meter prabayar dirumah kita. Amper atau A adalah simbol satuan yang mengartikan angka pembatas contoh 2 Ampere/2A sama dengan 440 watt, jadi beban yang digunakan tidak boleh lebih dari 440 watt.


7. Pipa listrik/pipa conduit

Pipa conduit berguna sebagai pelindung kabel listrik dalam instalasi listrik dalam rumah, pipa conduit yang umum digunakan memiliki panjang 3 meter berdiamter 20mm, pipa conduit bisa diaplikasikan tanpa menggunakan L bow pipa, karena kita dapat memanfaatkan bending pipa conduit untuk membuat belokan pipa 90° dan 45°.


Itulah beberapa peralatan atau material kelistrikan yang umum digunakan dalam pembuatan jaringan instalasi listrik, ulasan diatas bisa menjadi referensi pada saat ingin berbelanja material peralatan listrik ditoko bangunan atau toko listrik, kami juga melayani jasa pemasangan instalasi listrik service dan pasang baru di Semarang.


Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga khusus melalu halaman kontak, konsultasi dan survei lokasi gratis tanpa dipungut biaya.

Post a Comment for "Jenis Peralatan Listrik Lengkap Beserta Fungsinya Yang Wajib Kita Pahami"