Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabel Positif dan Negatif Warna Apa? Simak Penjelasan Berikut Ini

Kabel Positif dan Negatif Warna Apa? Simak Penjelasan Berikut Ini
Kabel Positif dan Negatif

 www.pipindo.com - Kabel pada umumnya memiliki berbagai macam warna, mulai dari merah coklat kuning biru kuning bergaris dan hitam, macam macam warna tersebut memiliki kode kegunaan yang dapat membantu kita dalam pengaplikasian dalam instalasi listrik Ac arus kuat maupun Dc Arus lemah.


Kabel Positif dan Negatif Warna Apa? Simak Penjelasannya

Banyak orang yang masih bingung bagaimana cara membedakan kabel positif dan negatif dalam instalasi listrik rumah, di balik kabel stop kontak misalnya, terdapat 3 warna kabel yaitu merah/hitam/coklat, biru dan kuning, pada umumnya merah/hitam/coklat adalah phase, biru netral dan kuning grounding.


Tapi ada beberapa orang yang memang sengaja membuat 1 tarikan kabel negatif positif dan grouding menggunakan 1 warna, bagi orang awam pasti akan kebingungan membedakan mana kabel positif negatif dan grounding, ada 2 cara untuk bisa mengidentifikasi kabel listrik menggunakan warna sama.


1. Cek kabel satu persatu dari ujung ke ujung

Ini adalah cara termudah untuk membedakan mana kabel positif dan mana kabel negatif, berikan label tanda di kabel 1 pada stop kontak, cek sampai ke kwh meter, apakah terkoneksi ke L phase listrik atau N netral, lakukan cara tersebut untuk mengidentifikasi 2 kabel lainnya dari ujung ke ujung


2. Cek sengan multitester digital atau analog

Dengan memanfaatkan multi tester, pekerjaan akan semakin cepat, tidak seperti cara pertaman, harus membongkkar dan mengecek kabel satu persatu, arahkan selektor multitester ke kode anggak 220 Ac, cek kabel 1 dan 2, jika hasil pada layar bertuliskan 220 V, kedua kabel tersebut adalah kabel positif dan negatif.


Selanjut nya gunakan tespen untuk mengecek, perhatian...! Cara ini hanya dapat dilakukan dalam keadaan kabel listrik menyala, colok tembaga kabel menggunakan tespen, apa bila salah satu dari kabel yang sudah kita tes menggunakan multitester menyala, kabel tersebut adalah kabel Phase atau L dari kwh dan kabel yang satunya lagi adalah Netral arau 0.

Post a Comment for "Kabel Positif dan Negatif Warna Apa? Simak Penjelasan Berikut Ini"