Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kwh Meter Digital Error Simak Penyebab dan Solusinya

Kwh Meter Digital Error Simak Penyebab dan Solusinya

 www.pipindo.com - KWH meter digital adalah sebuah alat yang berguna untuk mengukur jumlah pemakaian listrik didalam sebuah rumah atau gedung, kwh meter digital umum kita lihat terpasang didepan rumah warga, yang lokasinya mudah dijangkau oleh petugas penyedia listrik yaitu PLN jika ada perbaikan atau cek kontrol.


Saat ini Kwh meter digitas merupakan unit alat ukur yang sudah banyak digunakan sebagai dan disarankan oleh pemerintah sebagai pengganti kwh meter analog atau kwh meter konvensional yang masih menggunakan piringan sebagai alat ukur energi listrik, menggunakan kwh meter apa dirumah anda?


Keuntungan memakai Kwh meter digital salah satunya adalah bisa diisi sendiri sesuai kebutuhan, yaitu menggunakan pulsa listrik yang bisa kita dapatkan di konter penyedia token listrik kwh meter digital, anda juga bisa membeli melalui media internet, mini market atau konter pulsa hp, biasanya menyediakan pulsa listrik atau token pulsa listrik.


Membicarakan keuntungan sebuah barang, pasti juga ada kelemahan, kwh meter digital juga memiliki kelemahan, kadang error, mati sendiri membuat listrik padam, diisi token tidak bisa dan masalah yang sering terjadi adalah pada layar lcd muncul tulisan PERIKSA, simak ulasan berikut agar tahu penyebab kwh meter digital sering error.


Penyebab Kwh Meter Digital Muncul Tulisak Periksa Atau Error


Semuga ulasan dibawah ini bisa menyelesaikan masalah yang menimpa anda saat ini.


1. Instalasi Listrik bermasalah

Apa hubungannya instalasi listrik dan kwh meter digital, intalasi listrik didapam kwh diluar rumah, unit alat ukur kwh meter sangat sensitif dengan gangguan instalasi listrik, tidak seperti kwh meter analog, penyebab masalah yang sering terjadi adalah kabel grounding rumah menempel didinding, atau perangkat lain.


Jika masalah ini terjadi akan dapat membuat kwh meter dirumah kita bermasalah, solusi terbaik adalah mengecek satu persatu jalur kabel stop kontak lampu dan perangkat elektronik didalam rumah, solusi kedua jika memang tidak ada titik temu, anda bisa langsung memanggil petugas PLN terdekat didaerah kita.


2. Segel kwh meter digital terbuka

Sengaja atau tidak sengaja, membuka segel Kwh meter digital dan membuat kap penutup mesin kwh terbuka bisa berakibat fatal, selain akan mengindikasikan kwh error juga bisa kena denda dari PLN, denda yang diberikan juga tudak main main, jadi selalu berikan informasi jelas dan jujur apa adanya jika memang segel kwh rusak 


Anda dapat memangaatkan box pelindung kwh meter yang bisa anda dapatkan ditoko listrik terdekat dari rumah anda, hanya 75.000 sudah bisa kita gunakan untuk melindungin kwh meter digital dari gangguan manusia maupun hewan yang dapat menyebabkan segel kwh rusak, sekali lagi untuk masalah segel jangan dibuat mainan.


3. Kabel SR pln putus atau kendor

Jika hal ini terjadi, ini sudah masalah serius, gangguan listrik pada kabel SR juga dapat menyebabkan kwh meter digital error, salah satu kabel SR putus netral atau phase, segera cek lokasi sekitar rumah anda, mungkin saja tertimpa pepohonan, ini sangat berbahaya dan dapat mengenai manusia maupun hewan, masalah ini tidak bisa diperbaiki oleh teknisi biasa.


Segera panggil petugas pln untuk mendapatkan pelayanan, petugas pln resmi pasti sudah berpengalaman dalam mengatasi masalah kabel SR meski dalam keadaan bertegangan, waktu perbaikan tergantung dari medan lokasi, jika sudah tersambung kembali, kwh meter digital dirumah anda pasti akan normal dan listrik bisa digunakan kembali.


Selalu berhati-hati dengan penggunaan listrik didalam rumah, agar kwh meter tidak bermasalah, selalu cek secara berkala instalasi listrik didalam rumah, demi orang-orang disekitar kita, anda bisa menyewa teknisi listrik 3 bulan atau 5 bulan sekali untuk service, service kabel listrik, panel listrik, perangkat elektronik dan perangkat listrik lain yang ada didalam rumah kita.

Post a Comment for "Kwh Meter Digital Error Simak Penyebab dan Solusinya"