Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mekanisme Penggunaan Alat Earth Tester Grounding Pentanahan

 Earth Tester adalah sebuah alat ukur grounding yang umum digunakan dalam pekerjaan penangkal petir, pengecekan lokasi wajib diketahui besar tahanan tanah setelah stik grounding terpasang, dengan alat earth tester kita dapat mengetahui nilai resistansi dari grounding melalui layar alat tersebut.


Sebelum kita membahas bagaimana cara kalibrasi alat Earth Tester grounding, mari kita ketahui dahulu mengapa menara, tower dan gedung bertingkat membutuhkan grounding pentanahan, apa manfaat dan keuntungan grounding dalam sebuah bangunan atau tower gedung berringkat?


Apa fungsi sistem grounding pembumian dalam instalasi listrik?

Pada ulasan lain sebenarnya sudah di jelaskan apa manfaat grounding, tapi kita akan membahas sesikit. 


Grounding pentanahan terpasang dalam sebuah gedung adalah berguna untuk menyalurkan listrik bertegangan tinggi seperti petir langsung ke bumi atau tanah.


Selain petir grounding juga sering terpasang pada panel listrik dan kwh meter dirumah-rumah warga yang berfungsi sebagai pentanahan akibay gagal isolasi.


Pernah mendengar kasus orang tersambar petir atau tersengat listrik? Solusi pecegahan agar tidak terjadi kecelakaan akibat tersambar petir adalah memasang grounding pentanahan gedung atau tower dan menara.


Listrik rumah yang kita gunakan saja hanya memiliki voltase 200 - 220 volt sudah dapat memakan korban jiwa apa lagi petir yang bisa mecapai 400 sampai 500 juta volt, tidak butuh waktu lama untuk merusak apa saja yang berada didekatnya.


Kami sarankan jika rumah anda lebih dari 2 lantai atau 3 lantai keatas, ada baiknya memasang grounding pentanahan di rumah, demi kemanan, selain dapat memakan korban jiwa, petir juga dapat merusak perangkat elektronik rumah.


Dengan bantuan alat earth tester inilah pentanahan listrik gagal isolasi dan listrik petir dapat dikontrol sedemikian rupa agar tidak membahayakan penghuni atau mahkluk disekitar, mekanisme cara penggunaan alat ini sangat mudah, simak ulasan dinawah ini:


Cara menggunakan alat earth tester grounding penangkal petir

Mekanisme Penggunaan Alat Earth Tester Grounding Pentanahan rumah gedung tower menara dan bangunan tinggi
Earth Tester
Sebelum melakukan pengukuran, instalasi harus sudah siap seperti pemasangan kabel BC, Tombak penangkal petir dan stik besi atau tembaga yang tertanam ke dalam tanah.

1. Sediakan alat pengukur grounding earth tester

2. Tancapkan besi berbentuk T sebanyak 2 buah dengan jarak masing masing 5 meter

3. Sambungkan kabel test lead warna hijau ke kabel grounding dengan alat penjepit earth tester.

4. Sambungkan kabel test lead warna kuning kebesi T1 yang berjarak 5meter dari test lead warna hijau

5. Sambungkan kabel test lead warna merah ke besi T2 yang berjarak 5 meter dari besitT1 atau sekitar 10 meter dari test lead warna hijau

6. Hidupkan switch earth tester dan pilih posisi range selector pada posisi 20 ohm.

7. Jika melihat hasilnya di bawah 1 ohm berarti hasilnya bagus dan bila  diatas 1 ohm hasilnya kurang bagus. (Sumber)


Solusi pengukuran diatas 1 ohm adalah menanam lagi stik tembaga ditempat berbeda, cara ini sangat ampuh untuk mendapatkan nilai pengukuran 1 ohm sampai 0 ohm.


Bagi anda yang berdomisili di Semarang dan Salatiga kami juga melayania jasa pengukuran sampai instalasi grounding pentanahan listrik maupun petir, segera hubungi kami melalui kontak whatsapp.

Post a Comment for "Mekanisme Penggunaan Alat Earth Tester Grounding Pentanahan"