Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panel Listrik Rumah Sederhana Untuk Daya Meteran 1300 watt 6A

 www.pipindo.com - Switchboard / Panel listrik adalah adalah sebuah unit lemari yang berfungsi sebagai tempat untuk menghubungkan, mensuply, pembagi dan pengaman listrik dalam sebuah gedung atau rumah. 


Komponen yang ada didalam panel listrik disusun sebaik mungkin agar mudah digunakan untuk mengontrol beban seperti mesin dan instalasi lampu penerangan maupun stop kontak.


Panel listrik saat ini mudah kita temukan terpasang dirumah-rumah warga setelah kwh meter, ini adalah keputusan baik dan bijak, mengingat betapa bergunanya bila panel listrik terpasang didalam rumah.


Manfaat panel listrik jika terpasang didalam rumah

Didalam penel listrik terdapat komponen MCB yang berfungsi sebagai pengaman, pembatas dan sebagai saklar otomatis, dengan adanya komponen ini, perangkat elektronik akan terlindungi jika terjadi korsleting listrik, karena unit MCB akan otomatis memutus arus sebelum terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran dan sengatan ke manusia.


Pemasangan mcb dan panel listrik untuk rumah juga akan dapat memudahkan kita dalam melakukan perbaikan dimasa mendatang, jika menerapkan sistem pembagian atau grouping listrik, kita kan sangat dimudahkan pada saat memperbaiki lampu, stop kontak, ac pendingin dan pompa air, apakah anda tertarik memasang panel listrik rumah?


Cara pasang panel listrik rumah daya 1300/6A

Jika daya listrik dirumah anda menggunakan 6 Amper di kwh meter, pembagian instalasi akan sangat mudah, anda bisa memanfaatkan MCB 2 Amper sebagai MCB pembagi didalam panel listrik rumah yang akan dibuat, simak gambar dibawah ini:

Panel Listrik Rumah Sederhana Untuk Daya Meteran 1300 watt 6A
Panel Listrik Rumah

Pembagian panel listrik rumah

Daya listrik 6 Amper jika kita ubah menjadi satuan watt adalah 1.320 watt, mcb pembagi 2 Amper -  440 watt × 3 pcs = 1.320 watt, nilai 2 Amper 3 pcs cocok untuk membagj listrik 1.320, jadi unit panel dan komponen akan bekerja sebagaimana mestinya, kenapa bisa begitu?


MCB utama adalah 6 Amper, jika penggunaan listrik didalam rumah melebihi 6A atau 1.320 watt otomatis MCB utama akan trip, jika los tanpa menggunaka panel pembagi yang kita cacah menjadi 2 Ampere, lalu bagamana mekanisme panel dengan MCB 2A diatas?


Contoh MCB 2A nomer 1 adalah Lampu, MCB 2A nomer 2 untuk stop kontak biasa dan penanak nasi dan MCB 2A nomer 3 pompa air dan kulkas, contoh kasus MCB  2A nomer 2 yang melayani untuk stop kontak biasa dan pompa air bermasalah, otomatis MCB 2A nomer 2 akan trip.


Pada saat MCB 2A nomer 2 trip, MCB 2A nomer 1 dan 3 tidak akan terganggu, masih tetap On begitu juga MCB utama 6A di kwh meter PLN, inilah kelebihan panel listrik rumah yang komponennya menyesuaikan pemakaian atau beban listrik didalam rumah maupun gedung.


Penutup

1 set panel listrik rumah seperti contoh gambar diatas bisa anda dapatkan dengan harga antara 350.000 sampai 500.000, belum termasuk jasa pasang, harga jasa pasang dan pengadaan panel listrik rumah disetiap daerah berbeda-beda, contoh di Semarang harga pasang panel 4 group 175.000 di jakarta ataubdi surabaya bisa sampai 250.000 sampai 350.000, untuk info lebih lanjut bisa kontak kami diatas.

Post a Comment for "Panel Listrik Rumah Sederhana Untuk Daya Meteran 1300 watt 6A"