Standar warna kabel PLN Untuk Instalasi Listrik Rumah Tangga

Standar warna kabel PLN Untuk Instalasi Listrik Rumah Tangga

 www.pipindo.com – Sering kita bahas disini, apa saja standart warna penggunaan kabel listrik untuk instalasi gedung maupun rumah biasa, ada beberapa orang yang masih menggunakan standart warna di era 80 an, jika kita lihat bangunan bangunan lama yang ada di sekitar kita, pasti penggunaan warna kabel listrik berbeda dengan instalasi saat ini.

Kesalahan penggunaan warna kabel listrik dalam jaringan instalasi rumah dapat membahayakan kita sebagai penghuni rumah maupun orang lain, bisa saja instalasi listrik dirumah tersebut menggunakan standar warna kabel lama dan ada teknisi yang berpedoman pada standar warna kabel PLN saat ini, simak ulasan berikut ini.

Warna kabel 3 fasa Menurut PUIL 2000 Terbaru

Disini kami akan menjelaskan apa saja standar warna 3 fasa PLN dan 1 phase PLN yang telah menganut PUIL 2000, dan umum digunakan dalam instalasi listrik gedung villa dan rumah tangga.

Warna kabel 3 fasa PLN – R S T N

1. R Warna merah/fasa

2. S Warna kuning/fasa

3. T Warna Hitam/fasa

4. N  Warna Biru/netral

Fungsi instalasi 3 phase

Instalasi 3 fasa merupakan tegangan AC, antar phase memiliki tegangan sama yaitu 380 volt, R – S = 380, R – T = 380 dan S – T = 380, jika kita sering mendengar istilah rangkaian Star Delta, rengkaian tersebut memanfaatkan tegangan 380 dan dapat dihubungkan untuk 2 koneksi yaitu Star dan Delta dalam rangkaian pompa 3 phase.

Selain dimanfaatkan sebagai sumber energi pada pompa, arus 3 phasa juga dapat digunakan dalam sistem pembagian instalasi listrik dalam industri gedung yang membutuhkan listrik dalam jumlah besar, sama seperti dalam rangkaian pompa air, dalam panel listrik distribusi gedung juga menggunakan R S T N.

Warna kabel 1 fasa PLN – L N G

Warna kabel 1 phase untuk instalasi rumah tangga umum menggunakan warna sebagai berikut:

1. Merah Coklat Hitam / Fasa

2. Biru dan Abu-abu / Netral

3. Kuning Kuning bergaris / Grounding

Di dalam sebuah instalasi rumah modern pasti sering kita menemukan warna kabel seperti yang sudah dijelaskan diatas,  ke tiga code warna diatas wajib terealisasikan dengan baik dan benar dalam sebuah instalasi listrik rumah maupun gedung 1 phase.

Layanan jasa pemasangan instalasi listrik 3 fasa dan 1 fasa Salatiga

Bagi anda yang berdomisili di salatiga, dan berkeinginan memiliki instalasi listrik yang memiliki kontribusi baik dalam sebuah rumah maupun gedung, swgera hubungi kami melalui halaman kontak di menu navigasi atas, layanan jasa pemasangan instalasi listrik profesional dan bergaransi.