Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sederhana Cara Instalasi Listrik Rumah Murah Aman dan Benar

 Listrik adalah bagian terpenting dalam kehidupan manusia, dengan adanya listrik kita dapat melakukan banyak hal seperti dapat menggerakkan mesin, menghidupkan lampu penerangan dan listrik juga dapat membantu kita dalam pekerjaan kantor, sebegitu bergunanya listrik sampai kita bingung jika ada pemadaman dari PLN atau padam karena instalasi listrik dirumah bermasalah.


Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan jaringan instalasi listrik rumah, mulai dari pemilihan material listrik dan jasa kontraktor yang dipilih, kesalahan dalam pemilihan material dan kontraktor akan dapat membuat kita merugi belakangan, listrik sering turun, listrik boros sampai terjadi kebakaran, kali ini kita akan membahas cara sederhana instalasi listrik rumah dan gedung.


4 Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat instalasi listrik


1. Pemilihan material harus SNI

Banyak macam macam bahan yang diperlukan dalam membangun jaringan instalasi listrik rumah seperti kabel listrik, pipa conduit, klem pipa, T dus, isolasi listrik dan aksesoris seperti armature lampu stop kontak dan saklar, bagi anda yang awam dengan semua material diatas pasti akan kebingungan pada saat akan belanja ditoko listrik.


2. Gambar perencanaan instalasi listrik rumah

Denah instalasi listrik jarang kita temukan dirumah-rumah biasa, gambar kerja instalasi listrik adalah sebuah alat bantu yang dapat memudahkan kita dalam pekerjaan nantinya, dan juga dapat memudahkan dalam perbaikan jika suatu saat instalasi listrik didalam rumah kita ada masalah, seperti kabel korslet dan lampu padam, dengan gambar kita akan dapat lebih mudah.


3. Pilih kontraktor yang berpengalaman bersertifikat

Jika anda tidak memiliki banyak waktu dalam pembangunan rumah dan pembuatan instalasi listrik, sebaiknya pasrahkan saja kepada kontraktor yang sudah berpengalaman, jadi kita sebagai pemilik atau owner rumah terima beres, terima jadi. Bagi anda yang berdomisili di Semarang dan Salatiga hubungi kami utuk mendapatkan layanan jasa kontraktor listrik berpengalaman.


4. Persiapkan besar daya listrik yang akan dipesan dari PLN

Sebelum memesan supply listrik dari PLN ketahui dahulu data aktual lapangan berapa watt pemakaian listrik dirumah anda nantinya, kembali ke point 1, bepedoman pada gambar perencanaan, tetukan titik lampu dan stop kontak pemakaian terlebjh dahulu.


Contoh kasus anda ingin memesan listrik PLN 900 watt atau 4A, penggunaan daya didalam rumah tidak boleh melebihi batas Mcb yang sudah ditentukan, untuk lebih jelasnya anda dapat cek diulasan berikut ini Cara Membagi Daya Listrik 1 Phase Mudah dan Aman atau cek disini Cara Menghitung RAB Instalasi Listrik Rumah Tinggal Satu Lantai


Cara Instalasi Listrik Rumah Yang Benar

Tips Sederhana Cara Instalasi Listrik Rumah Murah Aman dan Benar
Sumber

Gambar diatas adalah contoh sederhana atau denah awal yang harus disiapkan sebelum membuat isntalasi listrik rumah maupun gedung.


1. Persiapan material yang dibutuhkan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada banyak macam macam bahan kelistrikan yang dibutuhkan, prioritaskan pada pemakaian kabel, pilih jenis dan ukuran kabel listrik yang sesuai, anda dapat melihat tabel Amper kabel listrik pada ulasan berikut ini Cara Menghitung Kuat Hantar Arus Kabel listrik di Rumah.


2. Pemasanga pipa listrik atau piping elektrikal

Piping elektrikal adalah sebuah step pekerjaan awal yang wajib dijalankan, sebelum masuk ke tahap wiring pengkabelan, jika rumah anda menggunakan dak beton sebaiknya instalasi diletakkan menempel dilangit langit dak cor alias diatas palfon, kami tidak menyarankan instalasi didalam cor tertanam karena sangat beresiko.


3. Pemasangan kabel listrik atau wiring kabel

Wiring kabel dilakukan setelah pipa conduit terpasang, anda dapat memanfaatkan track pair atau trekper untuk memasukkan kabel ke dalam pipa conduit 20mm, sebenarnya tanpa menggunakan alat tersebut bisa juga dikerjakan, tapi akan lebih baik dan cepat sepesai jika menggunakan alat penarik kabel didalam pipa track pair.


4. Penyambungan kabel listrik di T dus

Setelah perencanaan gambar dan piping wiring selesai, tahap selanjutnya adalah penyambungan kabel listrik antar T dus, penerapan instalasi dari saklar ke lampu, stop kontak paralel dan model instalasi yang sudah disesuaikan dengan gambar, sekali lagi berpedomanlah dengan gambar kerja yang ada, karena ini akan sanga membantu dalam pekerjaan maupun perbaikan nantinya.


5. Pemasangan aksesori listrik dan peralatan

Yang dimaksud aksesoris disini adalah lampu, stop kontak dan saklar, dari apa yang sudah dikerjakan diatas, ini adalah tahap terakhir, pemasangan aksesori, pekerjaan ini dilakukan setelah finising selesai, finising plafon atau acian tembok, sediakn mainhole untuk perbajkan jika pada saat tes nyala ada masalah seperti lampu tidak hidup.


Penutup

Jika anda tidak memiliki waktu cukup untuk mengawasi atau ikut serta dalam pembuatan instalasi listrik dirumah, pasrahkan saja pekerjaan ini kepasa kontraktor listrik terdekat, hubungi kami melalui kontak whatsapp untuk mendapatkan layanan jasa instalasi listrik pasang baru maupun service di Semarang jawa tengah.

Post a Comment for "Tips Sederhana Cara Instalasi Listrik Rumah Murah Aman dan Benar"