Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Menghemat Air di Rumah dan Kantor tempat Bekerja

10 Cara Menghemat Air di Rumah dan Kantor tempat Bekerja
Kran Air Mengalir

 Air adalah sumber kehidupan, dengan adanya air manusia dapat bertahan hidup, apa jadinya jika tidak ada air? Tumbuhan akan mati, kekeringan dimana-mana dan tentunya kita akan kesusahan.


Banyak sekali manfaat yang di rasakan dengan adanya air. Apa lagi untuk orang muslim, air adalah media pokok yang harus ada sebagai sarana mensucikan diri, alias untuk wudhu sebelum beribadah shalat 5 waktu.


Di dalam kehidupan sehari-hari, air di gunakan untuk memasak, mencuci dan menyiram tanaman, coba jika tidak ada air, serba kotor, tidak ada media yang lebih mudah untuk membersihkan sesuatu kecuali air bersih.


Sudahkah anda semua hemat air?


Banyak cara dilakukan orang untuk menghemat air bersih di rumah, tapi masih ada yang sering mengeluh, mengapa air di rumah boros, dan membuat tagihan membengkak setiap bulannya, ya bisa di bilang sama saja buang-buang uang.


Hemat air sejak dini, demi kelangsungah hidup mahkluk di bumi, temasuk untuk anak cucu kita di masa depan. Ada yang memprediksi stok air di bumi bisa habis jika manusia tidak memanfaatkan air bersih dengan bijak.


Di bawah ini akan di ulas bagaimana cara mudah hemat air bersih yang sudah sering di lakukan orang-orang di sekitar kami, dan terbukti berhasil demi menghemat penggunaan air dan juga mengurangi tagihan PAM.


10 Cara hemat air bersih di rumah dan lingkungan kantor kerja

Semoga bermanfaat dan bisa membantu masalah di rumah, ulasan ini di tulis dari pengalaman pribadi dan fakta lapangan yanh sering kami temukan pada saat melakukan service instalasi pipa air bersih atau pasang pipa baru.


1. Cek kebocoran instalasi pipa seluruh rumah

Instalasi pipa air bersih pada umumnya menggunakan pipa PVC, pipa PVC terbukti kualitas dan harganya murah, tapi dalam pemasangan pipa PVC membutuhakan jasa teknik berpengalaman agar mendapatkan hasil instalasi yang baik dan benar.


Jika instalasi pipa anda baru, tapi mengindikasikan ada titik kebocoran yang membuat penggunaan air bersih boros, lebih bahaya lagi jika masalah ini terjadi didalam tembok rumah, biaya perbaikan jasa dan material bisa 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan pada saat pembuatan.


2. Segera perbaiki jika sudah terlihat titik kebocoran

Jika titik kebocoran ada di luar tembok, mungkin bisa saja diperbaiki sendiri dengan alat sederhana seperti gergaji besi untuk memotong pipa, lem pipa dan kain bersih kering, atau jika keususahan dapat memanggil jasa perbaikan pipa air terdekat agar masalah segera teratasi.


Menunda-nunda perbaikan pipa bocor dapat berakibat fatal, sangat sepele melihat air rembesan dari pipa menetes setiap hari lalu di biarkan, pada kenyataannya dari sini lah titik masalah yang dapay mebuat air rumah boros, jadi bisa dipastikan cara ini adalah solusi terbaik untuk hemat air bersih.


3. Segera matikan kran air jika sudah tidak digunakan

Menanamkan disiplin pemakaian air di rumah maupun di lokasi kerja memang susah-susah gampang, karena banyak orang mungkin si A dan B sepakat untuk menghemat, tapi si C kurang disiplin, sering menggidupkan kran, tapi tidak menutup rapat jika sudah selesai digunakan.


Dari hal kecil seperti ini lah tagihan air di rumah bisa membengkak, selalu tanamkan kepada anak untuk disiplin mematikan kran air rapat-rapat apabila sudah tidak digunakan, hidup semalam saja di kali 30 hari meski hanya menetes, jika berlangganan air pam, mau tidak mau tetap harus membayar.


4. Pebaiki pelampung ground water tank rumah atau gedung

Apabila di rumah menggunakan penampung bak air di bawah atau bisa juga di sebut grountank, mungkin dari sinilah penyabab air di rumah boros. Pipa pam yang terpasang pelampung otomatis rusak dan dapat membuat supply air ke dalam ground tank membludak.


Jika hal tersebut terjadi, air bersih akan terbuang percuma, tapi tetap harus di bayar, ini adalah masalah umum yang sering kami temukan di lapangan, si pemiliki rumah harus memadamkan kran secara manual jika ground tank kehabisan air, apabila penuh, kran di matikan manual juga.


Masalahnya apakah si pemilik rumah mau menunggu sampai bak penampung air penuh? Kenyataannya kran pam yang di hidupkan juga di tinggal kesana kemari, pada saat penuh air membludak dan terbuang, jika masalah seperti ini menimpa anda, segera hubungi kami untuk melakukan perbaikan.


5. Pastikan otomatis toren tidak bermasalah

Selanjutnya adalah otomatis pompa air, ini juga bisa menjadi faktor mengapa tagihan air di rumah boros, kenapa bisa terjadi? Sama halnya seperti pelampung ground tank, jika rusak, supply air tidak akan dapat padam, mau tidak mau air akan dapat terbuang apabila tidak dalam pengawasan.


Solusi terbaik agar hemat air dan boros karena otomatis bermasalah adalah dengan cara memnaggila teknjsi pipa atau listrik terdekat di rumah anda, biaya jasa perbaikan kerusakan seperti jni antara 75.000 sampai 150.000 saja, tergantung medan lokasi kerusakan apakah susah atau mudah.


6. Kurangi penggunaan air saat mandi agar hemat

Terkadang ada juga orang yang sering menggunakan air tapi tanpa aturan, pada saat mandi misalnya, jika menggunakan gayung, mungkin 4 sampai 5 kali siram sudah bersih, jadi jangan lebih dari itu, jika terjadi sama saja pemborosan dan buang-buang air bersih.


Sama halnya dengan kran shower, banyak orang yang sering mandi dengan shower tanpa di padamkan meski sudah tidak digunakan, asik memang, tapi jika ini adalah kebiasaaan yang dapat membuat air boros, kenapa tidak dirubah saja, demi agar bisa menghemat pemakaiaan air bersih di rumah.


7. Jangan mencuci motor atau mobil di rumah

Mencuci kendaraan seperti mobil di rumah, pasti membutuhkan air bersih banyak sam hal nya motor roda dua, hanya mobil saja, misal nanti di bawa keluar juga akan kotor lagi, mulailah tanamkan di fikiran bahwa mencuci mobil di rumah tidak terlalu penting, mulai dari sini pasti air di rumah akan lebih hemat.


Solusi dari masalah ini adalah cici mobil di tempat pemandian umum atau sumber air gratis, dari situ air bebas di gunakan, dan hindari mencuci di pencucian mobil, memang air di rumah balakan hemat, tapi sebagai gantinya uang yang di buang untuk mencuci mobil, mencuci kendaraan di mata air umum selain bisa hemat air di rumah juga hemat uang.


8. Hindari menggosok gigi di depan wastafel

Kenapa bisa begitu, sebenarnya bukan menghindari, hanya mengingatkan, dari apa yang sering kami lihat, orang gosok gigi di depan wastafel pasti selalu dalam keadaan kran air menyala, jika hal ini terjadi sama saja orang tersebut jauh dari kata hemat, mulailah berfikir dan hobi mematikan kran air apabila sudah tidak di gunakan.


Ambil gayung, penuhi air di dalam gayung dan selanjutnya gunakan untuk gosok gigi, dan 1 gayung air saja sepertinya sudah cukup untuk gosok gigi setiap pagi dan malam hari, cara ini cocok di praktekkan untuk anak Sd Tk atau Smp, masa dimana harus selalu diberikan arahan agar tahu betapa penting menghemat air bersih.


9. Daur ulang air bekas

Saat ini banyak sistem mesin atau perpipaan yang dapat kita manfaatkan untuk mendaur ulang air kotor, seperti air bekas cucian piring air bekas kamar mandi dan toilet, ke 3 jenis air buangan ini mudah di daur ulang untuk di gunakan lagi di rumah.


10. Padamkan kran saat mencuci tangan

Kebiasaan orang saat mencuci tangan adalah tetap membiarakan kran air dalam keadaan hidup, sama halnya seperti yang sudah di jelaskan di atas, sama seperti pada saat menggosok gigi, ini adalah kebiasaan sepele dan wajib di rumah.


Hemat air wajib di terapkan kepada siapapun di rumah atau di tempat kerja, sekecil apa pun kedisiplinan kita, setidaknya sudah bisa mejadi modal awal agar dapat menghemat air bersih, 10 cara di atas adalah solusi terbaik yang wajib di coba agar bisa mengurangi pemakaian air bersih dan memaksimalkan penggunaan air bersih.

Post a Comment for "10 Cara Menghemat Air di Rumah dan Kantor tempat Bekerja"