10 Manfaat Pasang CCTV di Rumah Dan Kantor Kerja

15 Manfaat Pasang CCTV di Rumah Dan Kantor Kerja
Kamera Cctv Jalan Raya

 www.pipindo.com – CCTV merupakan aset yang dapat kita manfaatkan sebagai alat pengaman di dalam kantor kerja atau di dalam rumah pribadi.

Apakah di rumah anda sudah memasang CCTV? Jika belum, segera pasang CCTV dan anda akan dapat merasakan banyak manfaat yang diberikan.

CCTV kamera pengawas terdiri dari unit kamera pengawas, DVR, Travo Dc dan Monitor LCD. Peralatan monitor di atas dapat anda temukan di toko CCTV terdekat.

Jika anda ingin mendapatkan harga murah, langsung belanja di distributor CCTV merk terkenal, selain murah, kualitas terjamin dan tentunya bergaransi.

Berikut ini adalah daftar perangkat CCTV dan fungsinya

  • Kamera CCTV atau Closed Circuit Television adalah sebuah perangkat keras yang bersungsi sebagai media perekam dan selanjutnya ditransfer ke monitor untuk di tampilkan.
  • Kabel COAXIAL. Ini adalah kabel khusus yang di gunakan untuk mentransmisikan gambar yang telah diambil oleh kamera untuk ditampilkan dan di rekam.
  • DVR merupakan salah satu material penting yang berguna untuk mengatur sistem kerja kamera CCTV dan layar monitor, jadi dalam pemasanvan CCTV wajib menggunakan DVR.
  • HDD Hard Driver adalah sebuab alat yang digunakan untuk menyimpan video sementara di dalam DVR sebelum terhapus, atau bisa juga kita unduh misal dibutuhkan.
  • Ulasan diatas adalah beberapa material penting yang dibutuhkan dalam pemasangan CCTV di rumah atau kantor kerja anda, sangat mudah dan mungkin anda sudang mengetahuinya.

Cara pasang satu set kamera CCTV sangat mudah:

  • Tentukan dahulu titik lokasi yang akan kita pasang kamera CCTV, misal di depan pintu masuk rumah atau garasi.
  • Selanjutnya pemasangan kabel COAXIAL, jika kabel terpasang dahulu, step pekerjaan selanjutnya akan lebih mudah.
  • Pemasangan DVR layar Monitor dan Travo DC, anda dapat meletakkan titik kontrol semua perangkat ini misal dikamar pribadi, pos keamanan atau ruang tamu di dalam rumah
  • Koneksi kabel ke kamera, gunakan konektor khusu CCTV dan pastikan pemasangannya benar.
  • Pemasangan konektor dan kabel travo DC di ruang kontrol.
  • Setting dan tes fokus titik kamera agar dapat memantau lokasi yang di inginkan.

Setelah tahu material dan cara pemasangan, anda akan dapat merasakan manfaat yang di berikan jika mau memasang kamera pengawas di rumah, lalu apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini sampai selesai.

1. Bisa jadi barang bukti kejahatan

Jika saja di rumah terjadi pencurian atau masalah yang dapat meruginakan kita, dengan bantuan kamera CCTV semua akan lebih mudah terselesaikan. Gambar yang terekam kamera dapat dijadikan barang bukti, berupa gambar maupun audio.

Contoh di rumah kemasukan pencuri yang menggunakan sepeda motor, plat motor pelaku terekam oleh kamera CCTV, dari plat motor ini lah dapat mempermudah pihak kepolisian untuk mencari si pencuri, sangat berguna bukan?

2. Pasang CCTV dapat menakut-nakuti pencuri

Pada point satu adalah manfaat jika saja musibah pencurian di dalam rumah sudah terjadi, yang ke 2 adalah dapat bermanfaat pada saat sebelum pencuri masuk ke dalam rumah, kenapa bisa begitu?

Setidaknya ada kamera terlihat di sekitar rumah, dapat membuat pelaku berfikir dua kali, misalkan titik kamera terpasang di depan pintu masuk agau gerbang utama, pada saat orang jahat mendekati pagar dan melihat kamera, mereka akan berfikir, pasti sudah terkam.

3. Adanya CCTV dapat membuat perasaan nyaman

Teepasangnya kamera pengawas di area rumah dapat meningkatkan perasaan nyaman, misal pada saat malah hari, ketika orang di rumah sudah tidur, bisa saja ada orang jahat yang sedang mengintai rumah atau mengawasi.

Dengan adanya kamera, kita dapat tertidur pulas, ini akan mengurangi perasaan was was, apakah ada orang di gerbang? Kenpa jendela bunyi? Dari pertanyaan tersebut, kamera pengawaslah yang dapat menyelesaikan ke khawatiran tersebut.

4. Kamera pengawas Cocok bagi orang yang sering ke luar kota

Kontraktor atau anak tekik misalnya, pasti sering keluar kota untuk menjalankan tugas dari kantor atau memang mendapatkan job pekerjaan sampai ke luar daerah, dan biasanya tidak sebentar, pasti ini dapat membuat perasaan was-was.

Terkadang petugas keamanan saja tidak cukup, agar lebih lengkap dan lebih aman pada saat rumah dalam keadaan kosong adalah memasang kamera CCTV, atau anda dapat memilih paket kamera CCTV yang dapat di akses melalui Hp, ini dalah solusi terbaik, meski rumah di jakarta dapat terpantau dari papua atau samarinda.

5. CCTV dapat dijadikan alat untuk mengawasi anak

Jika anda memiliki anak kecil, rasa khawatir pasti ada, anak malas belajar, sering main game atau sering tidur larut, untuk menyelesaiakan masalah tersebut, tidak ada salahnya memasang kamera CCTV di kamar anak atau diruangan tempet mereka belajar.

Tapi itu kan privasi? Sah sah saja misal tidak terpasang, tapi kalau lihat manfaatnya, lebih baik pasang kamera pengawas, setelah anak beranjak dewasa misal sma, barulaj unit kamera pengawas bisa dipensiunkan alias di ambil, jika cara ini diterpakan, pasti akan ada perubahan.

6. Kamera pengawas dapat membuat karyawan lebih disiplin

Kenapa bisa? Mungkin pernah pada saat berbelanja ada pelayan toko, bank, keryawan office yang bermalas malasan, tidak hanya karyawan swasta, pns pun banyak yang suka bermalas-malasan, mentang-mentang tidak ada yang mengawasi.

Jika kamera pengawas terpasang disudut ruangan tempat karyawan bekerja, tentu jni akan membuat mereka berdikir, coba saja pasri ini akan membuat liangkungan kantor sedikit berubah, yang bjasanya datang jam 08.30, setelah terpasang kamera pengawas, jam 07.30 sudah hadir.

7. Kamera pengawas dapat menjaga aset kantor

Masih di area kantor, tidak hanya untuk pencuri dan sikap orang saja, aset kantor pun akan dapat terjaga, seperti komputer, alat tulis, dan alat kerja lainnya, contoh kecil adalah mungkin ada teman yang meminjam komputer tapi lupa belum dikembalikan.

Dari kamera ini lah dapat diperlihatkan rekaman siapa yang meminjam komputer, tanpa harus banyak debat lah, di curi lah dan sebagainya, cukup putar ulang rekaman di control monitor, siapa yang meminjam pasti akan terlihat tanggal dan jam.

8. CCTV cocok terpasang di lampu lalu lintas jalan raya

Cctv juga bisa digunakan di jalan raya, hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia, area lalu lintas pasti terpasang kamera CCTV. Apa fungsi dari kamera ini? Kalau kehujanan kepanasan apa tidak rusak?

Fungsi utama CCTV teepasang lis lamlu lalu lintas adalah untuk menjaga keamaman pengguna jalan, dan misal ada orang nakal tidak menggunaka  helm, tunggu saja surat cintanya datang ke ruman, aliat tilang elekteonik.

Untuk spesifikasi kamra CCTV produsen tetap selalu ingin memberikan solusi, kamera CCTV lalulintas biasanya mahal, 1 unit saja bisa sampai 3 jutaa, kualitas tetap terbaik, pemakaian normal bisa sampai 10 tahun, kecuali rusak karena tangan jahil manusia.

9. Untuk keamanan tempat ibadah

Saat jni sering terjadi tindak kejahatan seperti pencurian kotak amal masjid, entah apa modusnya yang pasti ini adalah tidakan salah dan harus proses secara hukum, hampir 80% kehahatan seperti ini terkam kamerea pengawas.

Bagi yang memang ingin peduli, tidak ada salahnya memasang kamera CCTV di area masjid atau gereja. Ini adalah solusi terbaik untuk mencegah terjadinya prncurian kotak amal masjid, tidak mahal, cukup 2 jutaan saja sudah bjsa pasang kamera pengawas 2 sampai 4 titik, murah bukan?

10. CCTV sebagai aset sistem keamanan bank

Bank adalah tempat atau lokasi untuk menyimpan uang, setiap bank pasti memiliki sistem keamanan yang kuat, terrmasuk memanfaatkan kamera pengawas untuk menindak kejahatan, contoh mudah di dalam area mesin ATM.

Mesin ATM sering kali menjadi sasaran para penjahat untuk melancarkan aksinya, mengintai lalu mengeksekusi mesin ATM untuk di bobol agat uang bis di ambil, maka dari itu mesin ATM wajib memiliki CCTV, paling tidak 2 titik kamera, di pojok atas kanan mesin dan pojok kiri mesin ATM.

Tidak ada salahnya memasang CCTV di rumah, murah kok, hanya 2 jutaan saja sudah dapat memiliki kamera pengawas untuk mengamankan rumah, kantor atau toko yang kita kelola, manfaatnya sangat besar, seperti yang sudah dijelaskan di atas. 10 manfaat kamera CCTV untuk rumah maupun kantor.

Kami juga melayani jasa pemasangan kamera CCTV di Salatiga dan Semarang Jawa tengah. Paket CCTV murah dan bergaransi, dikerjakan oleh teknisi berpengalaman. Banyak proyek yang sudah kami selesaikan dan tentunya tidak pernah ada masalah sedikit pun. Segera hubungi kami melalui layanan halaman kontak atau melalui media sosial di atas situs ini.