Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tanda Listrik Rumah Korslet yang Perlu Diwaspadai

3 Tanda Listrik Rumah Korslet atau Konslet
boggsinspect.com

 Listrik adalah kebutuhan pokok, apa jadinya jika listrik rumah bermasalah, tentu ini akan dapat membuat pemilik atau penghuni rumah kebingungan.

Ada beberapa tanda-tanda listrik rumah bermasalah atau korsleting listrik, sebelum pada total, ada beberapa gejala yang mungkin sedang terjadi pada rumah anda.


Simak ulasan ini sampai selesai, apa saja tanda listrik rumah mengalami korsleting listrik dan bagaimana solusinya untuk menyelesaikan masalah ini?


Tanda Insatalasi listrik rumah terjadi korsleting listrik.

Tidak selamanya instalasi listrik akan bekerja dengan baik, ada masa dimana instalasi membutuhkan perbaikan dan service demi kemanan pengguna atau pemiliki rumah.


1. Korsleting listrik diawali dari lampu redup terang.

Ini adalah hal lumrah yang sering kita lihat pada lampu jalan, lampu-lampu rumah dan alat elektronik yang memang ada tanda kerusakan.


Jika lampu rumah rumah hanya berkedip satu, mungkin itu tidak masalah, lamou saja yanh rusak, jika semuanya dapat dipastikan instalasi yang bermasalah dan membutuhkan perbaikan jasa instalasi listrik terdekat.


Tidak butuh waktu lama apabila hal jni terjadi pada rumah anda, hanya butuh waktu 30 menit sampa 1 jam saja setelah itu listrik di dalam rumah akan padam total.


Solusi masalah lampu redup terang

Indikasi kerusakan seperti ini biasanya adalah karena ada kabel listrik yang akan terbakar lalu korslet, coba cek instalasi kabel di rumah yang pemasangannya tertanam di tembok atau lantai.


Dan coba ingat-ingat apakah ada kabel tertanama di tembok tanpa pipa isolasi, pasti dari sini lah sumber masalah mengapa listrik di rumah terjadi korsleting listrik yang di tandai dengan lampu redup terang.


2. Korsleting listrik ditandai dengan suara percikan kabel P dan L menempel.

Jagan sepelekan jika di rumah ada suara seperti percikan kabel korslet, inibsangat berbahaya, selain dapat membahayakan manusia, juga dapat berpotensi terjadi kebakaran instalasi.


Prediksi kerusakan pertama sama seperti kasus nomor satu, pemasangan kabel tanpa menggunakan pipa isolasi atau pipa conduit, tapi untuk point ke dua kabel tidak tertanam alias outbow.


Lalu bagaimana spesifik masalah ini bisa terjadi? Kasus yang sering terjadi adalah kabel instalasi di atas plafon gypsum dan tanpa pipa pelindung, dan ada beberapa kabel lecet dan menyentu rangka plafon.


Atau jika rumah tersebut menggunakan baja ringan, tentu saja bisa menjadi faktor utama ada suara seperti kabel korslet, masalah seperti ini harus difukirkan sejak awal.


Solusi masalah korslet karena kabel terkelupas.

Jika akan dan sedang membuat atau merenivovasi instalasi listrik, ada baiknya dan wajib kabel memakai pipa pelindung, atau pipa conduit, ini adalah cara terbaik untuk menghindari masalah di atas.


Ini adalah masalah umum yang sering kami temukan di lapangan, dan ini sangat membahayakan. Apabila terjadi pada instalasi di rumah anda, segera panggil teknisi listrik untuk melakukan perbaikan secepatnya agar tidak membahayakan.


3. Seperti ada Bau kabel Terbakar

Dan yang terakhir adalah seperti ada bau-bau plasti terbakar, bagi teknisi listrik untuk membedakan mana plastik biasa dengan upvc kabel terbakar sangat mudah, dan jika hal ini terjadi wajib waspada.


Ini merupakan salah satu tanda instalasi listrik di dalam rumah beemasalah, masih selamat jika hanya terbakar lalu korslet dan padam, jika terbakar dan menjalar ke seluruh rumah namanya musubah.


Sering kita mendengar di media berita yang mengabarkan kebakaran listrik akibat korsleting listrik, dan ini setiap hari, jadi sangat memprihatinkan, lalu apa solusi dari masalah jni?


Gunakan ELCB agar aman.

Elcb adalah sebuah alat yang dapat mendeteksi arus bocor, jadi sebelum kabel listrik memang benar-benar akan terbakar, Elcb akan langsung memutus atus listrik, dan selanjutnya memperbaiki instalasi.


Alat tersebut sangat bagus dan kami rekomendasikan untuk anda yang peduli dengan kemanan dan kualitas instalasi listrik di dalam rumah. Elcb terpasang di dalam panel listrik setelah keh meter utamah, jadi bisa di katakan Induk mcb utama di dalam panel.


Penutup

Kerusakan instalasi listrik di dalam rumah jangan di sepelekan, karena kerugian yang akan dirasakan dari masalah jni tidaklah kecil, antara kerugian secara finansial dan kematian.


Jika anda berdomisili di Semarang maupun Salatiga dan membutuhkan service instalasi listrik maupun pasang baru, segera hubungi kami melalui kontak di bawah situs ini, konsultasi free tanpa biaya sepeserpun.

Post a Comment for "3 Tanda Listrik Rumah Korslet yang Perlu Diwaspadai"