Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kerusakan Rumah Subsidi Yang Sering Terjadi dan Solusinya

5 Kerusakan Rumah Subsidi Yang Sering Terjadi dan Solusinya
Pixabay
 Rumah merupakan aset penting, banyak manfaat yang diberikan jika kita memiliki rumah, sebagia tempat istirahat, bernaung dan bisa juga dimanfaatkan sebagai aset investasi dimasa depan.

Tapi tidak semua rumah memiliki kondisi baik, pasti ada beberapa titik kerusakan, dan membutuhkan perbaikan sedini mungkin demi keamanan penghuni.


Conto baru saja membeli rumah subsidi dan bekas, tentu saja unit rumah tersebut tidak dalam kondisi normal 100%, pasti ada beberapa kerusakan yang perlu diperhatikan.


Tapi bukan berarti rumah subsidi jelek, bisa saja kerusakan terjadi karena unit rumah sudah berumur, misal baru ya pasti masih bagus dan tidak membahayakan.


Lalu apa saja kerusakan didalam rumah yang umum terjadi, dan bagaimana cara mencegah dan memperbaikinya, simak ulasan ini sampai selesai.


Kerusakan Rumah yang Umum terjadi disekitar kita.

Awalnya ingin membeli rumah baru, tapi tergoda rumah bekas, namun, seperti yang anda ketahui, rumah bekas pasti ada minus plusnya, bahkan bisa saja banyak minusnya.


Mungkin ulasan jni dapat membantu bagi yang sedang survei rumah bekas atau baru.


1. Kerusakan jalur pipa instalasi air bersih.

Air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi kita, dengan air bersih kita dapat mencuci dan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kebersihan.


Lalu apa jadinya jika instalasi pipa air bersih bermasalah, tentu ini akan dapat membuat penghuni rumah kebingungan, solusi terbaik adalah memanggila tukang ledeng atau tukang pipa.


Kerusakan pipa yang umum terjadi didalam rumah adalah:


a. Pipa air bersih bocor / rembes.

Jangan menyepelekan pipa air bersih didalam rumah rembes, ini akan berdampak negatif, mulai dari air tandon cepat habis dan tegihan air pam melonjak setiap bulannya.


b. Pipa rusak karena terkena paku.

Ini juga bisa dikatakan masalah serius, sama seperti nomor satu, dapat membuat tagihan pam jebol, jika anda ingin menanam paku di tembok, cek terlebih dahulu dimana jalur instalasi pipa air ditanam.


c. Instalasi pipa air tidak kencang.

Aliran air kurang kencang merupakan hal umum disekeliling kita, dan dampak buruk dari masalah ini adalah supply air dari tandon ke titik kran air menjadi lambat, lalu apa solusi dari ketiga maslah ini?


Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini adalah menggunakan jasa instalasi pipa terdekat, cek di internet atau coba tanya ke kerabat, mungkin saja punya kenalan tukang pipa air. 


2. Kerusakan Inststalasi listrik rumah.

Kerusakan yang sering terjadi pada rumah subsidi selanjutnya adalah masalah kelistrikan, sama seperti pipa air, listrik juga dapat dikatakan kebutuhan  pokok untuk kita.


1 hari saja hidup tanpa listrik, pasti seperti hidup di zaman sebelum lisrik merata seperti saat ini, gelap, tidak ada suara azan dan yang lebih parah lagi tidak ada internet.


Di bawah ini adalah beberapa kerusakan listrik yang umum terjadi didalam rumah:


a. Listrik rumah kelebihan beban.

Apa maksud dari kelebihan beban? Dampak dari listrik kelebihan beban adalah akan membuat mcb kwh meter turun, dan otomatis rumah kita akan gelap, masalah ini juga termasuk masuk kategori instalasi bermasalah.


Solusi terbaik adalah mengurangi pemakaian, matikan Ac jika sudah tidak digunakan, gunakan pompa air seperlunya, padamkan lampu jika kondisi ruangan sudah terang, jadi intinya jangan gunakan peralatan secara bersamaan.


b. Korsleting listrik.

Sering dibahas dalam situs ini, apa itu korsleting listrik, kalau ini sudah pasti murni rusak dan instalasi listrik didalam rumah membutuhkan perbaikan, apa penyebab korsleting listrik?


Korsleting listrik dirumah terjadi karena kabel fhasa dan netral bertemu, inilah yang dapat membuat korslet lalu mcb didalam rumah turun, segera hubungi tukang listrik terdekat sebelum terjadi kebakaran.


c. Meteran ada tulisan periksa.

Nah jni adalah kerusakan paling serius didalam instalasi listrik, jika hal ini terjadi pada anda, maka solusi terbaik adalah menghubungi petugas PLN agar segera ditangani.


Perhatian, bila kerusakan ada di unit kwh meter, jangan menggunakan jasa listrik yang bukan resmi PLN, kenapa? Jika masih nekad bisa-bisa pemilik kwh akan dikenakan dendan, dan dendanya tidak murah.


3. Atap rumah rapuh.

Atap rumah rapuh jangan dibikin mudah, nanti nanti dan nanti untuk melakukan perbaikan, kita tidak tahu nasib, atap rapuh rawan roboh, apa lagi jika ditambah gempa bumi, sangat membahayakan.


Ini adalah masalah serius, segera agendakan kapan melakukan perbaikan, rekomendasi terbaik adalah gunakan baja ringan galvalum sebagai pengganti kayu usuk, reng dan jenis kayu lainnya yang dihunakan untuk membuat atap rumah.


Rangka baja ringan merupakan material terbaik saat ini sebagai pengganti rangka kayu, jika dibandingkan sudah pasti harga lebih murah menggunakan rangka baja ringan, dan waktu pembuatannya juga sangat cepat.


4. Plesteran dinding terkelupas.

Apa mungkin plesteran yang sudah bagus bisa terkelupas, memang tidak hari ini, tapi 10 sampai 20 tahun kedepan plesteran dinding dapat terkelupas dan menuntut kita untuk melakukan perbaikan.


Lalu apa penyebab dari masalah ini? Pada saat awal pembuatan biasa jadi dinding bata dalam keadaan kering, dari apa yang sering kami lihat dilapangan. 


Tukang plester dinding pasti akan membasahi bata dahalu dengan air bersih dan selanjutnya melakukan plester ke dinding.


Jadi itu adalah rahasia mengapa plesteran dinding dapat bertahan laman, dan tidak mudah rusak, jika masalah ini terjadi, solusi terbaik adalah plester ulang, karena jika hanya ditambal dengan semen, suatu saat akan lepas lagi.


5. Dak rumah bocor.

Bagi yang memiliki rumah memanfaatkan palfon gypsum, sangat tidak aman jika memiliki rumah dengan kondisi dak bocor, lalu apa salahnya?


Jika dak bocor, otomatis air akan jatuh ke plafon, tidak ada kata selain rusak dan mengganti gypsum rumah dengan yang baru, selain gypsum, aliran air dari dak juga dapat merusak cat dinding rumah.


Penyebab dinding dak bocor biasangan disebabkan oleh drain dak tidak bekerja sebagaimana mestinya, ini fakta lapangan yang sering kami temukan, dan ini sangat merugikan si pemiliki rumah.


Rasa was-was datang tiap kali hujan turun, apa lagi jika malah hari, air turun dari langit, sebisa mungkin harus diusahakan langsung turun ke tanah, dimasukkan ke bumi tidak tergenang di dak.


Air air yang tergenag diatas dak, sedikit-demj sedikit akan mengikis dak melalui sudutan cor, 1 tahun 2 tahun mungkin aman, 5 tahun ke atas pasti akan rembes masuk kedalam rumah, lalu apa solusinya?


Jalan terbaik adalah rabat ulang, melakukan pleter ulang, perbaiki elevasi plesteran lantai dak, sebisa mungkin air yang jatuh dari langit langsung mengarah ke drain masuk ke pipa dan selanjutnya ke got atau bumi.


Pada ulasan point 5 adalah pengalaman yang pernah kami lihat, cara mengatasi dak rembes atau bocor diatas terbukti berhasil, sudah hampir 5 tahun setelah service, dak tidak bocor atau rembes lagi, air dari langit langsung dialirkan ke bumi.


Layanan kami

Bagi yang ingin melakukan renovasi rumah, segera hubungi kami melalui halaman kontak di bawah situs jni, sampai saat ini kami telah bekerjasama dengan banyak kontraktor ternama yang sudah lalu lalang didunia proyek.

Post a Comment for "5 Kerusakan Rumah Subsidi Yang Sering Terjadi dan Solusinya"