Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Lokasi Rawan Sengatan Listrik dan Petir Saat Musim Hujan

5 Lokasi Rawan Sengatan Listrik dan Petir Saat Musim Hujan

 Banyak media memberitakan kasus orang meninggal karena tersengat listrik, ini sangat memprihatinkan, sebaiknya anda waspada, apalagi sedang musim hujan.


Air merupakan konduktor termudah untuk mengalirkam arus listrik, jika saja seseorang terjebak di dalam lokasi lembab lalu ada listrik tanpa terisolasi degan baik, menghindar saja.


Nyawa bisa melayang, ketika kita sudah pada situasi diatas, sama saja terjebak, tidak dapat kemana-mana kecuali arus listrik di putus total saat itu juga.


Lalu dimana saja lokasi rawan sengatan listrik saat musim hujan?


5 Titik paling rawan kesetrum saat musim hujan

Simak ulasan ini sampai tuntan, agar selalu waspada dan hati-hati, adanya ulasan ini adalah karena sudah banyak terjadi kecelakaan dilapangan, tidak hanya luka bakar, nyawa juga bisa melayang.


1. Tiang lampu PJU

art-metal.pl / Tiang Pju

Mayoritas tiang lampu PJU terbuat dari besi, bisa juga bisa dibilang konduktor bagus untuk megalirkan listrik, apa lagi saat musim hujan, ditambah dengan adanya air.


Pada titik lokasi ini sebaiknya berhati-hati, jika memang ada space jarak, ambilah 2 sampai 3 meteran dari area tiang lampu PJU.


Kenapa harus jaga jarak dengan tiang PJU? Karena kita tidak tahu instalasi kabel ada dimana, jika di atas tidak ada, sudah pasti kabel tertanam di tanah,


Dan kita juga tidak tahu apakaj kabel terpasang dengan baik, terisolasi dengan sempurna, di tambah dengan tanah atau jalan basah, dapat membuat kita terjebak.


Apa bila anda menemukan masalah seperti tiang PJU nyetrum, silahkan lapor ke PLN terdekat, agar segera di tangani secepat mungkin.


2. Menara SUTET

8enam.com

Sutet atau saluran listrik udara merupakan sebuah struktur yang dimanfaatkan untuk mendistribusikan listrik ke tempat jauh, lebih kita kenal dengan menara sutet.


Sutet juga bisa dikatakan sangat berbahaya jika didekati pada saat musim hujan, induksi listrik menata sutet sangat besar dan rawan terkena sambaran petir.


Jika hujan deras sesegera mungkin menjauh untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, karena sudah banyak kejadian orang tersengat listrik karena menara tower sutet saat musim hujan.


Bagi anda yang tinggal atau memiliki rumah didekat menara saluran listrik udara, ada baiknya pindah.


Mengingat radiasi listrik yang ditimbulkan oleh sutet dapat membahayakan kita, terutama kesehatan tubuh.


3. Menara pemancar sinyal

adroitspl.com

Hampir diseluruh pelosok negri terdapat menara pemancar sinyal internet maupun telefon, tinggi menara ini bisa sampai 30 meter dari tanah. Sangat mudah tersambar petir.


Hindari lokasi ini saat musim hujan, jika tidak ingin terkena musibah, meski tower pemancar sinyal sudah dilengkapi grounding pembumian


Radiasi sambaran petir masih akan terasa jika kita berada di sekitar tower pemancar.


Arus listrij bocor dari tower ini juga dapat mengancam nyawa kita, banyak perangkat pendukung yang membutuhkan listrik besar, dari perangkat-perangkat inilah arus akibat gagal isolasi bisa mengenai manusia.


Apa lagi jika lokasi basah, ini akan menjadi konduktor yanh sangat baik, tapi bisa membahayakan.


Misal anda ingin berteduh saat musim hujan, hindari bangunan tinggi, apalagi tidak memiliki grounding pentanahan penangkal petir.


4. Atap rumah dari rangka baja ringan

blog.spacestock.com

Baja ringan sangat mudah teraliri listrik, tidak dalam keadaan basah saja mudah terkena induksi listrik karena gagal isolasi, apa lagi jika ada kebocoran rumah dan kabel rumah terkelupan mengenai baja ringan.


Prosedur pemasangan instalasi listri di area atap dari baja ringan, sangat disarankan memakai pipa conduit, untuk apa?


Untuk menghindari bahaya sengatan jika kabel listrik lecet atau terkelupas, apakah instalasi di rumah anda menggunakan pipa conduit?


Banyak kasus terjadi seorang teknisi meninggal karena terjebak di dalam rangka baja ringan dan arus listrik, sekedar tips.


Anda dapat memanfaatkan tepes untuk mengecek apakah rangka baja ringan yang akan anda pegang aman, jika tidak lebih baik menghindar.


5. Pohon menempel di kabel listrik

poskota.co

Yang terakhir adalah pepohonan yang biasa kita lihat menempel di kabel, ini juga dapat dikatakan titik rawan sengatan listrik, karena juga sudah memakan banyak korban jiwa.


Maka dari itu, petugas PLN selalu melakukan kontrol diarea kabel yang terhalang oleh pepohonan, selain dapat membahayakan, pohon juga dapat merusak kabel jika ada angin kencang.


Pohon pun juga rawan tersambar petir, sering kita lihat bekas pohon terkena petir, gosong, kering lalu mati, petir memiliki tegangan lebih dari 500 juta Volt.Tersengat listrik 220 V saja sudah bisa menghilangkan nyawa, apalagi 500 juta.


Listrik bisa dikatakan adalah kebutuhan pokok bagi manusia, tapi dibalik itu semua, listrik juga dapat membahayakan kita jika tidak berhati-hati, selalu waspada jika berada di tempat rawan sengatan listrik seperti apa 5 titik lokasi yang sudah dijelaskan di atas.

Post a Comment for "5 Lokasi Rawan Sengatan Listrik dan Petir Saat Musim Hujan"