Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Warna Kabel Pompa Air Panasonic Coklat Biru dan Kuning

 Kabel listrik merupakan material paling pokok di dalam mesin pompa air Panasonic. Dengan bantuan kabel dan arus listrik Ac, mesin pompa air dapat hidup dengan mudah.


Fungsi dari kabel sendiri adalah sebagai konduktor atau perantara untuk mengalirkan energi listrik dari sumber dan selanjutnya mesin pompa air akan dapat menyala.


Pompa air tidak akan dapat menyala jika kabel bermasalah, penyambungan kabel terbalik atau tidak ada kabel sama sekali, simak ulasan berikut sampai selesai, di sini kami akan menjelaskan arti warna kabel pompa Panasonic.


Pompa air merk Panasonic merupakan salah satu produk terkenal di Indonesia, atau mungkin anda saat ini sedang memikirkan bagaimana menyambung kabel pompa Panasonic di rumah? Berikut penjelasannya.


Arti 3 warna kabel pompa air Panasonic

Arti Warna Kabel Pompa Air Panasonic Coklat Biru dan Kuning
Pompa Air Panasonic

Di dalam unit mesin pompa air 1 phase, pompa yang biasa terpasang di rumah kita, pada umumnya memiliki 3 warna kabel berbeda.


1. Merah / Coklat / Hitam

Jika anda menemukan 1 warna di antara 3 warna tersebut dalam mesin pompa air 1 phase. Dapat dipastikan ini adalah kabel phase untuk api listrik, jika kita sambung dengan kabel dari sumber kwh, kabel tersebut harus terkoneksi dengan kabel L / Phase / api listrik sumber kwh.


Cara mudah untuk mengecek kabel phase kwh adalah menggunakan tespen listrik, jika pada saat kabel kita cek menggunakan tespen dan lampu menyala, berarti itu adalah kabel phase, tapi harus berhati-hati, karena pada saat cek kabel dalam keadaan menyala.


2. Kuning / Hijau / Hijau bergaris

Selanjutnya adalah kabel hijau atau kuning. Ini adalah kebel grounding pentanahan, fungsi dari kabel ini di dalam pompa air Panasonic adalah untuk membuang rugi-rugi listrik mesin, dampak positif dari kabel ini adalah dapat membuat pompa menjadi awet.


Jika di dalam rumah anda terdapat kabel grounding, selanjutnya tersambung dengan kabel grounding pompa air, apabila belum ada grounding di rumah, segera pasang grounding, karena manfaat yang akan dirasakan sangat besar, tidak hanya untuk pompa saja, melainan untuk seisi rumah.


3. Biru / Abu-abu

Kabel biru di dalam mesin pompa air adalah N atau netral 0, kabel ini terkoneksi dengan kabel netral dari sumber kwh, kabel N dari sumber kwh jika kita tespen tidak akan menyala, berbeda dengan kabel phase, dapat menyalakan lampu tespen.


Dalam penyambungan kabel pompa air, ssbaiknya berhati-hati, pastikan sambungan kuat, anda dapat menggunakan isolasi berkualitas atau las dop listrik, resiko penggunaan isolasi murahan, akan dapat membuat sambungan kabel sering korslet, dan ini akan berdampak pada kerusakan kapasitor pompa air.


Bagi anda yang berdomisili di Semarang atau Salatiga. Kami melayani jasa pemasangan dan service segala merk pompa air termasuk pompa air merk Panasonic. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga murah, anda dapat cek di navigasi atas situs ini, atau juga bisa melalui media sosial.

Post a Comment for "Arti Warna Kabel Pompa Air Panasonic Coklat Biru dan Kuning"