Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instalasi Lampu Indikator Saklar Tunggal yang Benar

Cara Instalasi Lampu Indikator Saklar Tunggal yang Benar
eBay / Saklar Indikator Outbow

 Saklar adalah alat penting didalam sebuah instalasi listrik, dengan adanya saklar kita dapat dengan mudah mengontrol lampu atau alat elektronik di dalam rumah.


Cara kerja saklar adalah sebagai pemutus dan penghubung arus listrik dari  sumber ke beban, lampu penerangan misalnya.


Alat semakin canggih, begitu juga sklar, saat ini banyak rumah yang memanfaatkan saklar lampu indikator.


Jenis sakla ini memiliki lampu indikator di bagian body saklar, jadi tidak hanya lampu yang kontrol on off, lampu indikator saklar juga bisa on off.


Lalu apa fungsi lampu indikator di saklar...?


Indikator led pada saklar berguna untuk memberikan tanda bawa titik lampu led tersebut adalah titik saklar lampu utama.


Lampu indikator dalam keadaan On pada saat lampu utama kita padamkan dari saklar, jadi terbalik, lampu utama padam, lampu indikator saklar hidup.


Pada saat gelap, posisi lampu utama padam, kita masih bisa melihat titik lampu led pada saklar, jadi lampu led akan mumudahkan kita mecari titik saklar pada saat gelap atau saat lampu utama padam.


Saklar dengan indikator led sangat cocok teepasang di rumah yang memiliki banyak titik lampu dan saklar, jadi anda tidak akan kebingungan.


Pasti anda tidak akan nyaman jika memiliki rumah luas dan harus susah payah mencari dimana titik saklar lampu utama, kecuali sudah hafal dan terbiasa.


Simak tips dibawah ini, setidaknya dapat menjadi gambaran bagi anda yang ingin menjalankan pekerjaan instalasi listrik di rumah.


Cara instalasi indikator led saklar di dinding

Ini hanya tips agau gambaran, bagaimana membuat instalasi kabel dan pemasangan saklar yang memiliki lampu indikator dibagian body saklar.


Agar lebih mudah untuk, pahami perbedaan pengkabelan saklar tunggal dan saklar tunggal yang menggunakan indikator di bawah ini.


Saklar tunggal biasa

Sebelum masuk ke penjelasan pemasangan saklar dengan led indikator, kita pahami dasar instalasi saklar tunggal sedikit saja, meski sudah sering diulas.


Saklar tunggal hanya memiliki 2 kabel tunggal ke saklar, kabel 1 adalah input sumber listrik dan kabel 2 adalah output arus listrik ke beban lampu dan Kabel netral dari sumber langsung ke beban.


Saklar tunggal dengan indikator led

Saklar tunggal dengan indikator led memanfaatkan 2 kabel dari sumber dan 3 kabel turun ke saklar, jika saklar tunghal biasa 2 kabel, saklar led 3 kabel.


Kenapa selisih? Karena di dalam saklar led memiliki lampu yang membutuhkan netral atau 0, simak baik baik.


Kabel turun ke saklar 3 kabel, kabel 1 adalah netral, anda dapat menggunakan kabel berwarna biru sebagai code, agar tidak keliru saat menyambung ke konektor saklar.


Selanjutnya kabel ke 2 adalah input arus listrik dari sumber ke saklar, dan kabel ke 3 output arus listrik ke beban lampu utama.


Untuk pemasangan kabel ke konektor saklar led sangat mudah, di bagjan sisi saklar terdapat kode Com Load dan Netral.


Code Com kita sambungkan ke kabel dari sumber listrik atau kabel 2, kode load untuk kabel ke 3, dan kode N atau Netral kabel nomer 1.


Jika anda membeli saklar dengan indikator, tidak perlu lagi melakukan modofikasi saklar, tinggal menyiapkan kabel saja sesuai kebutuhan seperti yang sudah dijelaskan diatas.


Apabila anda menggunakan saklar indikator tunggal, cukup 3 kabel turun ke saklar, saklar seri 4 kabel, saklar triple 5 kabel dan seterusnya.


Penutup

Semoga dapat memecahkan masalah anda saat ini, cara pemasangan saklar dengan indikator led, atau jika anda butuh bantuan dan berdomisili di Semarang atau Salatiga, segera hubungi kami melalui halaman kontak di bawah situ ini.

Post a Comment for "Cara Instalasi Lampu Indikator Saklar Tunggal yang Benar"