Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menempatkan Titik Stop Kontak Dinding yang Benar

Cara Menempatkan Titik Stop Kontak Dinding yang Benar

 Stop kontak adalah unit alat kelistrikan yang memiliki fungsi untuk menyediakan listrik standby atau listrik siap digunakan.


Menempatkan titik stop kontak di dalam rumah maupun bangunan gedung, sebaiknya difikirkan matang-matang agar tidak menimbulkan sumber bahaya.


Ada beberapa titik lokasi di dalam rumah yang tidak boleh terpasang stop kontak, kenapa? Karena dapat membahayakan penghuni rumah.


Tapi sampai saat ini, kami masih sering menemukan pemasangan titik stop kontak di lokasi yang tidak diperbolehkan. Lalu di mana saja lokasi tersebut?


5 Lokasi di Dalam rumah yang sebaiknya jangan ada stop kontak.

5 titik lokasi ini sangat tidak di anjurkan, mengingat listrik bisa membahayakan kita dan orang sekitar kita, terlebih lagi bagi yang memiliki anak kecil.


1. Stop kontak tidak boleh ada di Toilet.

Seperti yang sudah sering dijelaskan di situs ini, air merupakan konduktor terbaik untuk menghantarkan listrik, jika saja musibah terjadi, orang tidak akan bisa lepas dalam kondisi tersebut.


Hindari segala jenis pemasangan instalasi listrik di dalam kamar mandi atau toilet, apapun alasannya jangan sampai terjadi, karena sudah banyak yang terkena musibah.


Meski sumber masalah tidak terjadi pada aksesoris, mungkin kabel yang tertanam rusak karena kelembapan dinding dan selanjutnya listrik akan dapat mengenai orang di sekitarnya.


2. Sebaiknya hindari pemasangan stop kontak di dekat wastafel.

Sama kasusnya seperti point satu, listrik dan air, kabel listrik tertanam di dalam tembok dan dekat dengan instalasi air sangat membahayakan.


Titik stop kontak di dekat wastafel biasanya digunakan untuk sumber power alat cukur, tapi ini sangat beresiko, karena dapat membahayakan orang yang ada di sekitarnya.


Atau mungkin sama kasusnya seperti nomor 1, kabel rusak di dalam tembok karena lembab, lali dinding di area wastafel ada arus listrik yang dapat membahayakan.


Air dari kran wastafel bisa saja masuk ke dalam lubang stop kontak, jika hal ini terjadi, akan dapat membuat mcb trip dan listrik rumah padam. Sekali lagi hindari pemasangan stop kontak di dekat wastafel.


3. Jangan pasang stop kontak di area dapur.

Sangat tidak disarankan memasang stop kontak tepat di dapur, apa lagi berdekatan dengan bak sink cucian piring, masalahnya aka sama seperti nomor 1 dan 2.


Dapur adalah lokasi yang hampir setiap aktivitas menggunakan air, dan di area tersebut pasti lembab yang dapat memicu kabel listrik lalu terbakar rusak.


Masalahnya jika kabel listrik tidak terbakar bagaimana, tapi dinding dapur ada listriknya? Nah ini masalah utama yang akan di hadapi jika menginstalasi kabel stop kontak tidak benar.


Siapkan instalasi seperlunya, kalau memanh dibutuhkan, biasanya titik stop kontak dapur dimanfaatkan untuk kulkas dan penanak nasi, sebaiknya berhati-hati, saran kami sebaiknya dilepas saja agar aman.


4. Stop kontak di dekat pompa air.

Banyak kami temukan dilapangan stop kontak pompa berdekatan, bahkan ada beberapa orang yang hanya meletakkan stop kontak berjarak satu jengkal tangan saja.


Lalu apa bahayanya? Jika air adalah kondukor terbajk dan teraliri listrik, jika saja air diarea pompa tekena manusia atau hewan, tidak akan dapat lepas, terjebak digenangan air dan arua listrik.


Mungkin jika anda teknisi masih dapat membaca kondisi lapangan atau menghindar, bahanya adalah untuk orang awam, mungkin tanpa sengaja lewat dan tersengat listrik di sekitar pompa.


Saran kami, jika memang akan ada perbaikan, sebaiknya padamkan listrik total, atau padamkan listrik 1 line dengan stop kontak pompa sementara, demi keamanan bersama.


5. Jangan pasang stop kontak di area kebun.

Selanjutnya adalah di sekitar pekarangan rumah, entah apa maksudnya sebaiknya jangan, kecuali instalasi memiliki kualitas isolasi baik, lalu apa yang dimaksud dengan isolasi baik?


Standar pemasangan instalasi kabel outdoor adalah kabel listrik haru menggunakan pipa conduit atau pipa PVC dan menggunakan kabel NYY hitam, bukan kabel NYM putih.


Dimana pun instalasis kabel listrik di dalam, wajib menggunakan isolasi pipa, ini adalah cara terbaik untuk menjaga kualitas instalasi sampai puluhan tahun ke depan. Berbeda jika instalasi tidak menggunakan pila, hanya hitungan tahun saja pasti akan sering service sana sini.


Hubungi kami jika ada kerusakan listrik di dalam tembok, ini adalah masalah tidak mudah tapi kami akan dapat dengan mudah memperbaiknya. Anda dapat kontak kami di halaman bawah situs, konsulatasi gratis, dan bagia anda yang tinggal di Salatiga maupun Semarang, survei free tanpa biaya seperserpun.

Post a Comment for "Cara Menempatkan Titik Stop Kontak Dinding yang Benar"