Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Kabel Netral atau Phase Putus Paling Mudah

Cara Mengetahui Kabel Netral atau Phase Putus Paling Mudah
Mengetahui Kabel Netral Putus

 Sering kita temui kabel listrik putus, selain dapat membuat listrik padam, kabel putus juga bisa membahayakan orang disekitarnya.


Lampu padam, atau stop kontak padam dikarenakan kabel putus pasti bisa membuat kita kebingungan, apa lagi jika jalur instalasi kabel akan kita gunakan untuk hal penting seperti bekerja.


Contoh mudah adalah stop kontak 3 meteran yang anda rakit tidak menyala, bagian steker dan terminal sudah dibongkar, tapi amam tidak ada masalah.


Dapat dipastikan kabel steker ke stop kontak yang bermasalah, tapi tetap harus benar-benar pasti dengan cara membuktikannya dengan alat.


Cara teemudah mengecek kabel apakah putus atau tidak adalah menggunakan multimeter analog maupun digital. Simak ulasan di bawah ini.


Langkah awal yang harus anda persiapkan adalah multimeter, selanjutnya cek kabel steker ke stop kontak yang bermasalah.


Multimeter setting pada menu Buzzer, fungsi dari menu ini adalah untuk mengetahui apakah kabel tersambung atau tidak.


Jika kabel tersambung, maka multimeter akan mengeluarkan suara, jika kabel terputus Buzzer akan senyap atau tidak ada suara, sangat mudah dan simple.


Siapkan kabel yang akan di cek, pastikan kabel dalam keadaan lurus, lalu satukan ujung tembaga kabel.


Selanjutnya tempelkan jarum multimeter ke kabel 1, dan jarum ke dua ke kabel 2, coba perhatikan, apakah ada suara? Jika tidak bisa dipastikan kabel steker putus di tengah.


Untuk mengatasi masalah ini, anda cukup menggantti kabel tersebut dengan yang baru, jika disambung sangat beresiko, karena kabel steker stop kontak pasti ada tarikan saat digunakan.


Penyebab label listrik putus di tengah

Salah satu pemicu kabel terputus ditengah-tengan antara sumber dan beban adalah bisa jadi kualitas kabel yang kurang bagus.


Selain itu juga mungkin kabel yang anda gunakan sudah berumur, kabel tembaga saja bisa patah jika sudah lama digunakan, 25 tahun misalnya.


Jika masalah ini terjadi pada instalasi listrik dirumah anda, sebaiknya segera lakukan peremajaan instalasi listrik, demi keamanan penghuni rumah atau gedung.


Selain 2 masalah di atas, pemakain yang kurang hati-hati juga bisa menjadi pemicu kabel listrik putus di tengah, jika menggunakan stop kontak 3 meteran, sebaik jangan sampai ada tarikan.


Kabel listrik putus biasanya menimpa pada jenis kabel serabut, sejak dulu memang kabel serabut rawan putus, karena tertarik atau memang kelebihan beban.


Isolasi kabel memang sangat kuat, tapi konduktor kabel yang tidak mampu mengalirkan arus listrikk besar, misal kabel stop kontak 0,75mm, digunakan untuk power gerinda tangan.


Memang 1 2 3 kali pemakaian baik baik saja, tunggu saja, tidak lama lagi pasti akan terputus lalu terbakar, untuk menyiasati hal ini sebaiknya ganti kabel serabut dengan kabel tembaga.


Tips di atas dapat dimanfaatkan untuk mencari kabel netral putus atau phase api listrik yang terputus, pengecekan sebaiknya dalam keadaan listrik padam, agar tidak membahayakan.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Kabel Netral atau Phase Putus Paling Mudah"