Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyambung Pipa 1/2 ke 3/4 Pvc yang Benar

Cara Menyambung Pipa 1/2 ke 3/4 Pvc yang Benar
Reducer Pipa Pvc

 Ada banyak teknik dan jenis pemasangan pipa air pvc, dengan adanya fitting pipa kita dapat dengan mudah mengolah sebuah instalasi pipa dengan mudah.


Contoh ingin membuat tikungan kita dapat menggunakan Elbow, atau ingin menyambung antar pipa, cukup menggunakan Shock pipa da masih banyak lagi jenis fitting yang dapat digunakan.


Ada beberapa orang yang masih kesulitan dalam pemasangan pipa Pcv, contoh kasus membuat instalasi pipa rumah sederhana.


Instalasi di dalam rumah menggunakan pipa 1/2", tapi pda saat membeli pompa air, outlet pipa pompa adalah 3/4", lalu apa yang harus dilakukan?


Ada jenis fitting yang dapat kita manfaatkan untuk menyelesaikan maaalah ini, yaitu menggunakan Reducer pipa Pvc ukuran 1/2" ke 3/4" atau sebaliknya.


Reducer adalah fitting bantu dalam instalasi pipa yang dapat memudahkan kita menghubungkan atau menyambung pipa beda ukuran, contoh 1/2" ke 3/4", 1/2" ke 1" atau 3/4" ke 1" dan masih banyak lagi.


Cara pasang pipa 1/2" ke 3/4"

Langakah awal yang harus dilakukan adalah menyediakan material fitting Reducer Pvc 1/2" ke 3/4", anda dapat membeli di toko bangunan terdekat, harganya antara 4.000 sampai 5.500.


Jangan lupa persiapkan lem pipa pvc, kain bersih kering, gergaji potong atau gunting pipa, hanya alat-alat sederhana ini anda sudah dapat menyelesaikan masalah di atas. menyambung pipa dengan fitting Reducer 


Langkah-langkah pemasangan

Jika pastikan pipa dan fitting dari outlet jalur pompa air sudah lengkap. Adapun urutannya adalah Shock drat dalam 3/4", flow switch, water mur, baru selanjutnya terpasanga reducer pipa 1/2" ke 3/4" pvc.


  • Pasang Erducer ke pipa outlet pompa 3/4" dahulu, oleskan leh me fitting 3/4" pada bagian dalam.
  • Oleskan lem ke pipa 3/4" outle pompa, lalu satukan, tunggu 2 menit agar lem mengering.
  • Cara tersebut dapat dilakukan dalam keadaan pipa menyatu dengan pompa atau terpisah, karena pompa memiki water mur.
  • Oleskan lem pipa ke Reducer pipa 1/2", oleskan juga lem ke pipa 1/2" supply ke dalam rumah, lalu satukan.
  • Jika sudah kering, pasang water mur dan pompa air selanjutnya tes apakah ada kebocoran.
  • Jika tidak berarti anda berhasil melakukan penyambungan Pipa dan Reducer 1/2" ke 3/4".


Reducer pipa air Pvc juga tersedia dalam ukuran yang lebih besar, biasanya di gunakan untuk instalasi pipa air kotor Ven atau air hujan. Reducer jarang digunakan dalam instalasi pipa closet, kenapa? Karena rawan mampet.


Bagi anda yang berdomisili di Semarang dan Salatiga, kami juga melayani, jasa pemasangan instalasi pipa air bersih maupun air kotor rumah maupun gedung bertingkat, segera hubungi kami melalui halaman kontak di bawah situs.

Post a Comment for "Cara Menyambung Pipa 1/2 ke 3/4 Pvc yang Benar"