Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyambung Pipa Air Pvc Yang Benar Anti Bocor

Cara Menyambung Pipa Air Pvc Yang Benar Anti Bocor
constructioncanada.net / Instalasi Pipa Air Pvc

 Dalam penyambungan pipa pvc sebaiknya harus dikerjakan dengan hati-hati, mengingat kerugian yang akan dirasakan jika terjadi kebocoran sangat besar dan merepotkan.


Contoh mudah adalah sambungan elbow pipa pvc untuk instalasi pipa air bersih dirumah anda rembos atau bocor, misal ini terjadi pada pipa luar mungkin masih dapat diperbaiki dengan mudah.


Apa bila kebocoran pipa ada di dalam tembok atau tertanam, maka akan banyak biaya yang harus dikeluarkan, selain itu juga buang buang waktu.


Yang harusnya instalasi bisa digunakan puluhan tahun, karena salah dalam penyambungan 5 tahun saja sudah terlihat kebocoran pipa di dalam instalasi.


Ulasan ini di tulis untuk membahas bagaimana cara menyambung pipa pvc yang benar. Pengeleman pipa dan fitting pvc yang bagus dan anti bocor. Simak sampai tuntas.


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan material yang di butuhkan. Pipa pvc fitting elbow sesuai ukuran dan lem pipa pvc rekomendasi produsen pipa.


Adapun peralatan yang dibutuhakan adalah kain kering, berguna untuk menghilangkan debu pada lubang bagian dalam pipa dan bagian luar fitting, untuk penyambungan biasa tidak membutuhkan peralatan banyak.


Tahap penyambungan pipa pvc

Cara Menyambung Pipa Air Pvc Yang Benar Anti Bocor
njlocalhvacservice.com / Teknisi Pipa


  • Pertama siapkan material yang sudah di beli sesuai kebutuhan.
  • Bersihkan lubang bagian dalam fitting elbow dengan lap kering dan bersih.
  • Bersihkan ujung area luar pipa pvc yang akan disambung pap kering.
  • Oleskan lem pipa pvc ke bagian lubang dalam fitting, urutan pengeleman wajib fitting dahulu agar tidak cepat kering.
  • Lalu oleskan lem ke ujung pipa yang akan disambung.
  • Selanjutnya memasukkan pipa ke salam fittign, dalam teknis memasukkan pipa ke fitting pada saat pengeleman, mayoritas orang hanya menekan lurus ke dalam lubang fitting, teknik memasukkan pipa ke fitting yang benar adalah dengan cara di putar 1 cm sampai 3 cm dari titik 0, jadi hasil sambungan lem di dalam fitting akan membentuk arsiran sesuai kemiringan yang kita ambil diatas, inilah rahasia cara menyambung pipa pvc anti bocor atau rembes.


Jika anda ingin melakukan penyambungan pipa pvc, ikuti langkah-langkah di atas, di jamin anti rember dan kuat, cara tersebut selalu kami gunakan pada saat pemasangan instalasi pipa air bersih dan kotor rumahan maupun gedung bertingkat, mulai dari pipa pvc 12" sampai 6".


Saran kami, pada saat akan melakukan penyambungan pipa dan fitting, perhatikan juga merk pipa yang digunakan, pipa dan fitting beda merk rawan bocor, jika pipa merk belilah fitting merk A juga, kerusakan karena beda merk material sering kami temui di lapangan pada service.


Jika anda tertarik dengan cara pemasangan seperti di atas, segera hubungi kami untuk merealisasikan di dalam instalasi pipa air bersih maupun kotor proyek anda, hubungi kami melalui kontak Wa di atas situs atau di bawah situs ini, layanan 24 jam tanpa biaya, bagi anda yang berdomisili di Semarang maupun Salatiga gratis survei kelolkasi.

Post a Comment for "Cara Menyambung Pipa Air Pvc Yang Benar Anti Bocor"