Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyambung Pipa Paralon Tanpa Sambungan Anti Rembes

Cara Menyambung Pipa Paralon Tanpa Sambungan Anti Rembes
Pipa Rucika / Shock Bawaan Pipa

 Siapa yang tidak ingin irit material pada saat service maupun pasag baru, ternyata menyambung pipa pvc dapat dilakukan tanpa menggunakan fitting shock pipa pvc loh.


Jika hal tersebut dapat anda lakukan, otomatis akan dapat menekan pengeluaran biaya material, terutama untuk konsumsi fitting sambungan pipa pvc. Simak ulasan ini sampai selesai.


Pipa adalah selongsong bundar yang digunakan untuk mengalirkan fluida cair maupun padat dan gas, didalam instalasi pipa wajib menggunakan suport bantu yairu fitting sambungan.


Dengan adanya fitting, dapat memudahkan teknisi untuk membuat sistem pemipaan yang baik, benar dan rapi, jadi bisa dikatakan fitting adalah unit penting didalam instalasi pipa air bersih maupun kotor di dalam gedung.


Tapi tidak selamanya pemasangan pipa dan fitting berjalan dengan baik, kadang ada saja kesalahan yang mengharuskan kita mengganti material atau membongkar instalasi pipa yang sudah terpasang di dalam rumah.


Atau mungkin memang anda ingin sengaja menghemat penggunaan material fitting dengan cara menyambung antar pipa tanpa menggunakan sock pipa pvc, salam ulasan ini khusus membahas pipa pvc.


Lalu bagaimana cara meyambung pipa tanpa fitting sambungan?

Cara terbaik, mudah dan sering di praktikkan oleh para teknisi pipa adalah membuat shock sambungan pipa dengan cara membakar ujung pipa dan di bentuk menyerupai ukuran shock aslinya.


Teknik ini terbukti ampuh untuk menghemat penggunaan material dalam pemasangan maupun service instalasi pipa air bersih. 


Lalu dalam kondisi apa kita dapat menggunakan teknik ini?

Tidak semua titik instalasi pipa air bisa menggunakan shock bantu, ini hanya dapat dimanfaatkan untuk jalur pipa lurus, seperti menyambung antar pipa sesuai ukuran, misal 1" ke 1".


Contoh kasus ingin menyambung pipa hisap pompa berukuran 1", kedalaman sumur 10 meter, jadi jumlah pipa yang diperlukan adalah 3 batang, 3 btg × 4 meter = 12 meter.


Dari total panjang pipa 12 meter hanya terpakai 10 meter, sisa 2 meter, untuk penyambungan pipa utuh, 4 meter ke dapat memanfaatkan diameter shock bawaan pipa, 2 meter lagi harus memotong pipa utuh.


Jadi mau tidak mau anda harus menggunakan sambungan fitting, otomatis keluar biaya bukan? Jadi untuk mengakali masalah ini kita harus membuat Shock bantu menyerupai Sock bawaan pipa dan meyesuaikan ukuran asli.


Cara membuat shock pipa pvc dengan cara dibakar

Langkah pertama adalah sediakan peralatan sederhana berikut ini: lem pipa pvc, korek api, kain bersih dan kering, adapun material sudah tersedia, yaitu sisa pipa 2 meter dan pipa 4 meteran yang sudah tersambung.


Jika fungsi dari pipa ini adalah pipa hisap dalam instalasi pompa, jadi arah pemasangan shock harus searah dengan laju air, atau titik awal shock bawaan pipa  menghadap ke bawah, jangan terbalik, karena akan beresiko bocor atau rembes.


  • Bersihkan terlebih dahulu kedua ujung pipa, pastikan tidak basah dan tidak ada debu.
  • Oleskan lem pipa ke salah satu pipa yang akan di bakar, pada bagian dalam pipa secukupnya.
  • Bakar lem pipa yanh sudah dioleskan tadi, perhatian cara ini sedikit berbahaya, jadi harap selalu berhati-hati.
  • Perkiraan matang atau belum pipa yanh di bakar, anda dapak mengecek dengan cara menggunakan obeng kecil, jika sudah lembek sudah matang.
  • Ambil potongan pipa sesuai ukuran masukkan ke pipa yang di lelehkan tadi.
  • Perkiraan kedalaman shock antara 5 cm sampai 7 cm.
  • Tunggu dingin antara 5 menit sampai 10 menit, jika sudah pipa dan shock siap digunakan.


Cara di atas juga dapat dimanfaatkan untuk titik-titik instalasi pipa air pvc yang membutuhkan shock, dan ini adalah alternatif terbaik untuk menghemat penggunaan material fitting pipa pvc.

Cara Menyambung Pipa Paralon Tanpa Sambungan Anti Rembes
komeri.com / Shock Pipa

Untuk ukuran pipa pvc 4" ke atas, kamk saran menggunakan shock pipa saja, karena proses pembuatannya tidak mudah, jika tetap dilekukan akan beresiko rembes atau bocor.


Bagi anda yang berdomisili di Salatiga dan Semarang, hubungi kami jika ada kerusakan pipa atau pemasangan pipa baru mulai dari pipa pvc ppr dan hdpe, dikerjakan oleh teknisi berpengalaman dan bersertifikat, gratis konsultasi dan survei ke lokasi proyek.

Post a Comment for "Cara Menyambung Pipa Paralon Tanpa Sambungan Anti Rembes"