Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Genset Solar Masuk Angin Mudah Aman dan Manjur

Cara Merawat Genset Solar Masuk Angin Mudah Aman dan Manjur
Genset Honda

 Genset bisa kita sebut juga generator set adalah unit mesin yang dapat menghasilakan energi listrik dan selanjutnya dapat kita manfaatkan jika PLN, mesin genset sering kita temukan ditoko-toko yang memang butuh supply listrik tanpa putus, agar kontribusi toko tidak terhenti karena listrik padam.


Merawat genset adalah kewajiban sipemilik, karena sama halnya dengan mesin yang lain, genset juga membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah rewel dan masuk angin, anda dapat menyewa teknisi genset untuk melakukan perawatan atau simak ulasan berikut ini sampai tuntas, cara merawat generator set / genset.


1. Rutin melakukan pemanasan genset

Anda dapat melakukan pemasansan genset rutin, bisa manual atau setting otomatis menggunakan panel kontrok, lakukan cara ini 1 minggu atau 2 minggu sekali, kenapa? Mesin genset yang lama tidak hidup dapat membuat pelumas kering atau tidak merata, bahayanya jika lama tidak dihidupkan dan tiba-tiba PLN padam, ini sama saja akan menyiksa genset itu sendiri.


2. Selalu jaga kebersihan diarea genset

Kebersihan mesin genset kalau bisa tidak hanya dilakukan diarea luar, anda dapat cek kebersihan didapam mesin, anda dapat melakukan service pembongkaran 1 tahun sekali atau 2 tahun sekali, ini sangat dianjurkan oleh produsen, demi menjaga kestabilan genset dan dapat membuat umur genset jadi lebih lama, hubungi kami untuk melakukan jasa service genset di Semarang.


3. Selalu cek Ketersediaan Aki genset

Pernah mengalami genset sulit distarter? Di sini lah masalah utamanya, koneksi kabel starter genset ke aki berkarat, sebaiknya selalu cek kebersihan diarea aki agar tidak mudah karatan, cek juga kuat tidaknya koneksi kabel ke aki, jika longgar segera kencangkan, karena dapat mempersulit starter genset pada saat akan dihidupkan nantinya.


4. Selalu cek Pelumasan Genset

Pelumasan mesin kurang baik atau sampai kering didalam mesin dapat membuat genset panas dan mudah rusak, oli berfungsi untuk melumasi seluruh bagian mesin agar tidak berat, anda dapat menggunakan pelumas berkualitas, ikuti prosedur penggunaan yang direkomendasikan produsen, kapan mulai mengganti pelumas dan seperti apa pelumas yang harus digunakan.


5. Ganti Spare part jika Genset sudah lama digunakan

Mungkin sangat membingungkan jika kita akan menerapkan intruksi perawatan genset yang ini, mengganti sparepart ganset, solusi terbaik adalah anda bisa memanggil teknikal suport merek genset untuk datang ke lokasi, sambil melihat buku panduan, kita dapat mengetahui titik sparepart genset yang akan diganti, ini tidak boleh disepelekan, dapat merusak mesin genset secara keseluruhan.


Generator set merupakan perangkat penting dalam sebuah gedung, maka dari itu wajib melakukan perawatan rutin agar kestabilan mesin selalu terjaga, jangan sampai pada saat PLN padam genset tidak bisa berfungsi dengan baik atau masuk angin, selalu tekankan kepada teknisi genset untuk disiplin melaporkan apa yang terjadi, kerusakan apa yang harus ditangani sesegera mungkin.

Post a Comment for "Cara Merawat Genset Solar Masuk Angin Mudah Aman dan Manjur"