Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang MCB Listrik 1 Phase di Panel Listrik

Cara Pasang MCB Listrik 1 Phase di Panel Listrik
tekniklistrik.kelasplc.com / Mcb 1 P Schneider

 Mcb listrik tidak selamanya akan berkerja normal, pada suatu saat pasti akan ada kerusakan, misalnya mcb terbakar atau unit mcb memang sudah berumur.


Pasang mcb listrik sendiri sangat mudah, dapat kita kerjakan sendiri tanpa bantuan teknisi, jadi bisa hemat biaya jasa pemasangan, dan hanya modal material.


Apa itu MCB listrik 1 phase?

MCB (Miniatur Circuit Breaker) adalah sebuah alat pemutus arus listrik yang dapat bekerja secara otomatis jika terjadi tegangan melebihi batas kapasitas Amper yang tertera pada badan mcb.


Fungsi MCB Listrik 1 Phase

Misalkan unit mcb listrik di rumah kita tertera 2 amper, maka arus yang melewati mcb tidak bisa melebihi angka 2 amper, jika hal tersebut sampai terjadi, mcb akan otomatis trip di posisi Off, arus listrik akan terputus otomatis.


Selain untuk proteksi beban lebih, mcb listrik juga dapat dijadikan pengaman dari listrik korslet atau hubungan singkat.


Hubungan singkat antar kabel L dan N akan menaikkan amper sehingga mcb listrik akan trip terlebih dahulu sebelum terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.


Selain digunakan untuk proteksi dan pembatas arus, mcb listrik juga dapat dimanfaatkan untuk pembagian listrik didalam rumah, atau dalam dunia kelistrikan disebut dengan grouping.


Manfaat grouping mcb. Sistem grouping instalasi listrik menggunakan mcb akan dapat memudahkan kita atau teknisi dalam mengontrol pemakaian instalasi listrik di dalam rumah maupun gedung.


Mcb 1 phase di rumah rusak? Ingin memperbaikinya sendiri? Simak ulasan di bawah ini, cara mudah dan aman pasang MCB listrik 1 phase ke box panel. Cara yang akan kami jelasakan sangat mudah dan memprioritaskan keamanan.


Langkah pemasangan MCB listrik 1 phase

Mcb dalam sebuah rumah yang menggunakan pengawatan 1 phase, umumnya memiliki ukuran 2A, 4A, 6A dan 10A. Semakin kecil mcb bukan berarti resiko yanh di dapat kecil juga, selalu berhati-hati dalam melakukan pekerjaan listrik termasuk pasang MCB listrik.


Persiapan alat dan material

Alat yang dibutuhkan mudah kita temukan di dalam perkakas rumah, jadi tidak perlu membeli, seperti obeng min atau plus, tang potong, tang kombinasi, gunting atau cuter kecil dan tespen.


Tahap pemasangan Mcb

Untuk keamanan, anda bisa menggunakan sepatu anti listrik, atau melapisi lantai dengan triplek kering, yang pasti jangan barang yang bisa menjadi konduktor arus listrik.


  • Padamkan terlebih dahulu MCB induk atau MCB utama di dalam panel listrik.
  • Cek dengan tespen in out mcb induk, jika output mcb kosong sudah aman, tapi jika ouput masih ada arus, N dan L panel listrik terbalik, sebaiknya diperbaiki dulu.
  • Bongkar output input MCB listrik yang akan diganti menggunakan obeng plus atau minus, kami merekomendasikan obeng min karena lebih mudah untuk melepas koneksi baut MCB listrik.
  • Congkel kuncian MCB ke Rel, lokasi kuncian tepat di bawah MCB, renggangkan lalu tarik agar terlepas dari Rel panel.
  • Pasang MCB listrik baru ke posisi Rel tadi, kaitkan kuncian sudut MCB bagian atas terlebih dahulu ke Rel, sembari ditahan masukkan, tarik kuncian MCB menggunakan obeng kecil agar renggang lalu masukkan dan lepaskan pengunci.
  • Pasang kabel input sumber ke lubang MCB bagian bawah, dan output kabel di bagian atas MCB listrik, pastikan kencang jangan sampai longgar, coba di tarik sekeras mungkin, jika kuat sudah benar.
  • Terakhir hidupkan MCB induk. Mcb baru sudah terpasang, panel listrik siap digunakan kembali.

Cara Pasang MCB Listrik 1 Phase di Panel Listrik
Alibaba.com / Rel Mcb Listrik

Dalam pemasangan komponen panel ke rel, semua dapat dilakukan seperti cara di atas, perbedaannya hanya pada koneksi saja. Seperti komponen kontaktor, relay dan timer.


Bagi anda yang membutuhkan jasa ganti MCB listrik, segera hubungi kami, melayani jasa pemasangan MCB listrik baru dan service panel, anda dapat kontak kami di bawah situs, layanan 24 jam, call kami permasalahan listrik di rumah akan cepat teratasi.

Post a Comment for "Cara Pasang MCB Listrik 1 Phase di Panel Listrik"