Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Saklar dan Stop Kontak Broco Outbow

Cara Pasang Saklar dan Stop Kontak Broco Outbow
Saklar Broco

 Saklar plus stop kontak sangat banyak diminati oleh banyak orang, karena dapat dikatakan bisa menghemat tempat, jika biasanya titik saklar tunggal 1 pcs, produsen menciptakan 1 pcs saklar bersisihan dengan stop kontak.


Selain menghemat tempat penggunaan saklar + stop kontak juga dapat hemat biaya material dan waktu pemasangan. Sebelum masuk ke cara pemasangan, mari kita rincikan, hemat mana?


Apakah tetap menggunakan 1 mangkukan antuk 1 pcs aksesoris atau 1 mangkuk untuk jenis aksesori saklar + stop kontak? Simak penjelasan dibawah ini sampai tuntas agar paham.


Perbandingan biaya dan waktu pemasangan

Adapun material yang dibutuhkan adalah 2 mangkok saklar, 1 aksesori saklar tunggal dan 1 aksesori stop kontak. Bisa kita lihat material yang dibutuhkan ada 4 pcs.


Jika anda menggunakan saklar plus stop kontak, material yang dibutuhkan hanya 1 mangkok dan 1 set aksesori saklar tunggal dan stop kontak, material yang harus di beli hanya 2 pcs.


Dari jumlah material saja sudah terlihat perbedaanya, apa lagi biaya modal untuk membeli barang tersebut, aksesori saklar  tunggal plus stop kontak hanya membutuhkan 2 material saja.


Jadi jika anda memiliki inisiatif untuk mengganti 1 saklar tunggal dan 1 stop kontak tunggal berdampingan dengan saklar tunggal plus stop kontak, pilihan anda sangat benar.


Karena dapat menghemat biaya pemasangan dan waktu pekerjaan, selain itu, pemasangan saklar tunggal dan stop kontak tidak lah sesulit yang dibayangkan. Simak caranya berikut ini.


Cara memasang saklar dan stop kontak broco sendiri di rumah

Ya misal ada kerusakan saklar, cara di bawah ini bisa dipraktikkan, jadi tidak harus memanggil jasa listrik terdekat.


Atau mungkin anda sedang membangun rumah, sah-sah saja jika owner membantu tukang memasang aksesori listrik, jadi pekerjaan akan cepat selesai.


Langkah awal yang harus anda laukan adalah mempersiapkan material. Seperti judul di atas, pekerjaan ini tanpa bobok tembok atau gypsum.


Persiapkan 1 set saklar dan stop kontak Broco, 1 makok outbow Broco, jangan beda merk, kenapa? Karena lubang skrup tidak sama dan beda dimensi atara aksesori dan mangkok aksesori.

Cara Pasang Saklar dan Stop Kontak Broco Outbow
Mangkok Saklar / Stop Kontak

Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah bortangan, obeng plus/ minus, pensil kecil, palu kecil jika dibutuhkan, cutter kecil, gerinda atau gergaji besi jika diperlukan, alat sederhana pasti dirumah ada, jadi tidak usah beli.


Cara pemasangan

  • Tentukan dahulu lokasi titik pemasangan stop kontak dan saklar, misal di belakang pintu masuk kamar atau di teras rumah.
  • Pastikan kabel power dari sumber yang dibutuhkan sudah siap.
  • Adapun kabel yang diperlukan adalah 1 kabel coklat sebagai phase, 1 kabel Biru netral dan 1 kabel sebagai output listrik ke beban lampu.
  • Ukur ketinggian saklar dari lantai antara 175cm sampai 180cm.
  • Buat mal garis bantu untuk membuat titik pengeboran fisher skrup pengunci mangkok, buatlah 4 titik di pojok.
  • Bor titik yang sudah di tandai tadi menggunakan bor tangan.
  • Pasang mangkok outbow ke tembok dan kunci menggunakan skrup kecil.
  • Pasang kabel listrik ke stop kontak dan saklar, buatlah jumper kabel sumber dari stop kontak ke saklar atau dari saklar ke stop kontak.
  • Selanjutnya pasang aksesori ke mangkok outbow kunci menggunakan skrup yang sudah disiapkan.


Cara diatas sangat mudah dan bisa dikerjakan sendiri tanpa tukang, tapi jika anda masih kebingungan, silahkan chat kami melalui halaman kontak dibawah situs, kami siap menjawab pertanyaan dan tentunya gratis tanpa biaya.

Post a Comment for "Cara Pasang Saklar dan Stop Kontak Broco Outbow"