Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Switch PLN ke Genset Sendiri dirumah

Cara Pasang Switch PLN ke Genset Sendiri dirumah

 www.pipindo.com - Sumber listrik utama di Indonesia adalah PLN, hampir setiap hari kita menggunakan listrik, ya bisa dikatakan listrik adalah sebuah kebutuhan pokok, banyak hal dapat kita lakukan dengan adanya listrik, untuk industri kecil misalnya, lalu apa jadinya jika pada saat energi listrik sedang digunakan tiba-tiba padam?


Tentunya industri kecil yang sedang berjalan akan terhenti, solusi dari masalah ini adalah anda harus menyediakan genset sebagai pengganti sumber listrik PLN, dengan bantuan genset kita dapat melanjutkan aktivitas, cukup modal bahan bakar bensin atau solar, anda tidak akan kebingungan lagi jika tiba-tiba PLM terjadi pemadaman.


Disini akan di bahas apa itu switch/handel Genset ke beban listrik atau PLN ke beban listrik, ada beberapa orang yang masih menggunakan cara manual dan sedikit berbahaya, hanya memanfaatkan steker untuk menyambungkan listrik dari genset ke dalam rumah, begitu juga sebaliknya jika PLN sudah menyala dilakukan dengan cara manual lagi.


Cara kerja handle pln ke genset

Handel switch pln memilki pegangan yang dapat kita operasikan jika memang dibutuhkan, misal listrik PLN padam, melalui handel ini listrik dari genset yang telah dinyalakan kita trasfer ke dalam rumah, begitu juga sebaliknya jika listrik PLN telah menyala, sangat mudah dan tidak beresiko seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.


Handel Genset Pln ini dapat mudah kita temukan ditoko listrik terdekat, atau anda juga bisa membeli melalui toko online, harganya murah, hanya Rp. 250.000 saja sudah bisa kita manfaatkan jika ada pemadaman listrik dari PLN, atau anda juga bisa memesan ke kontraktor listrik, sekalian jasa pemasangan, ya kira-kira Rp. 750.000 terima bersih.


Cara pasang Handle Genset ke Pln

Untuk merealisasikan alat ini persiapkan beberapa material yang dibutuhakan apeperti 1 unit mesin genset, handle genset ke pln dan kabel listrik NYM 3×4mm, kenapa menggunakan kabel 4mm? Apa tidak terlalu besar, kabel 4mm adalah standar kabel yang sering digunakan dari KWH ke dalam rumah, jika menggunakan kabel 3×2,5mm beresiko.


Pemasangan handel genset ke pln

Pilih lokasi yang tepat, bjasanya handel terpasang disebelah atau dibawah KWH meter, dan unit mesin genset juga berada diarea tersebut, mengapa? Karena agar mempermudah instalasi, dan penggunaan material tidak terlalu banyak, jika ingin lebih safty anda dapat membuatkan rumah rumahan genset dan handle agak jauh dari rumah kita.


Pemasangan kabel output KWH dan Output Genset ke Handel.

Pada tahap ini sebaiknya selalu berhati-hati, pastikan kabel output dari KWH dalam keadaan padam, anda bisa memposisikan MCB KWH ke bawah atau 0, baru eksekusi pemasangan kabel ke handel, dan pemasangan kabel dari genset ke handel juga pastikan genaet dalam keadaan mesin off, yang terakhir pemasangan kabel input ke rumah.


Ada 3 arah konektor, yaitu genset, PLN dan beban kedapam rumah, masing masing-masing memiliki 3 koneksi L/phase, N/netral dan G/grounding, jadi kabel yang anda butuhkan adalah 3 kabel NYM isi 3, gunakan obeng besar untuk mendapatkan pemasangan maksimal, jangan sampai kendor, pasrikan kuat agar tidak lepas dan mengenenai kabel lainnya.


Pengetesan genset dan sumber PLN dengan handel

Posisi handle saat ini adalah dari PLN ke output rumuh, atau listrik sedang menyala, lalu padamkan listrik melalui MCB KWH, pada posisi ini handel jangan di pindah arah dahulu, starter genset biarkan hidup selama 1 sampai 2 menit baru selanjutnya listrik dari genset kita transfer menggunakan handel ke dalam rumah, jika listrik dalam keadaan menyala berarti pemasangan berhasil.


Layanan kami

Jika anda membutuhkan bantuan pemasangan dan pengadaan gense, handle dan panel otomatis genset ke PLN segera hubungi kami, layanan 24 jam, gratis konsultasi dan survei, bagi anda yang berdomisili di semarang salatiga dan ambarawa kami berikan harga promo pemasangan genset dan panel otomatis, anda bisa kontak kami melalui halaman dibawah situ ini.

Post a Comment for "Cara Pasang Switch PLN ke Genset Sendiri dirumah"