Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Water Mur Pompa Air Sendiri Tanpa Tukang

Cara Pasang Water Mur Pompa Air Sendiri Tanpa Tukang
Water Mur Pipa

 Melalui ulasan ini kami akan membagikan tips cara memasang water mur pompa air, mudah dan dapat dikerjakan sendiri apabila tidak ingin menggunakan jasa plumbing.


Apa itu fitting water mur?

Water mur atau water moor dapat dikategorikan kedalam fitting pipa air bersih, spesifik fitting ini adalah 2 bagian material pvc yang dapat kita pisah melalui drat dalam dan luar.


Salah satu fitting water mur adalah drat dalam yang dapat diputar untuk melepaskan sambungan fitting drat dalam satunya.


Water mur meniliki peranan penting dalam instalasi pipa air bersih dan pompa, kenapa? Karena water mur dapat memudahkan kita dalam hal penyambungan antar pipa.


Manfaat water mur untuk pompa air

Pompa air wajib menggunakan fitting water mur dibagian in out pipa pompa air, ini dimaksudkan agar memudahkan kita atau teknisi jika ada pembongkaran, tapa harus memotong pipa in dan out air bersih.


Memang seharusnya demikian, tapi saat ini masih banyak orang yang belum sadar betapa bermanfaatnya water mur jika terpasang dijalur pipa pompa air, pompa tanpa water mur akan sulit diolah pada saat perbaikan, mau tidak mau harus memotong pipa tersebut.


Ukuran water mur pompa air yang umum digunakan didalam rumah rumah antara 3/4" 1" dan 1 1/2", tidak ada salahnya menambahkan fitting ini, cukup modal 6.000 saja bisa merasakan manfaat water mur untuk instalasi pompa selamnya, dibawah ini adalah cara pasang water mur pompa air yang benar.


Cara memasang water mur pompa air

  • Jika kondisi pompa air sudah terpasang, persiapkan gunting pipa atau gergaji besi untuk memotong pipa hisap dan pipa keluaran air pada pompa.
  • Beri space pipa dari pompa antara 10cm sampai 25cm, jangan terlalu panjang, karena nantinya dapat menyulitkan kita sendiri pada saat pembongkaran.
  • Bersihkan sisa potongan pipa dan keringkan bekas air menggunakan lap kering, agar lem pipa dapat merekat maksimal.
  • Oleskan lem pipa ke in dan out pipa pompa bagian luar, lalu oleskan lem pipa ke watermur drat dalam 1 dan 2 ke bagian dalam lingkaran lalu, selanjutnya pasang watermur ke pipa pompa air.
  • Lakukan cara diatas untuk pengeleman pipa yang sudah terpotong untuk menyambung water mur drat luar, diamkan 5 menit agar lem mengering.
  • Jika sudah pasang kebali pompa dengan cara menyambungkan water mur drat dalam ke water mur drat luar, tidak perlu memakai seltip pipa, karena water mur sudah dilengkapi ring kareng untuk mencegah kebocoran atau rembesan air.
  • Selanjutnya tes dengan cara menghidupkan pompa air, jika tidak ada kebocoran, bisa dipastikan pekerjaan anda sukses.


Tidak hanya pipa Pvc, water mur juga tersedia pada pipa Ppr, Hdpe dan Pipa besi, karena memang fitting ini sangat berguna dalam instalasi plumbing air bersih maupun kotor, jika anda membutuhkan jasa pemasangan water mur, segera hubungi kami melalui halaman kontak diatas.

Post a Comment for "Cara Pasang Water Mur Pompa Air Sendiri Tanpa Tukang"