Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari Tahu Kabel Positif dan Negatif Lampu Downlight

Cari Tahu Kabel Positif dan Negatif Lampu Downlight

 Bingung saat ingin pasang lampu downlight? Kabel mana yang harus kita sambung ke sumber arus listrik.


Di dalam 1 set lampu downlight biasanya ada 3 kabel warna berbeda, coklat merah atau hitam, biru abu-abu dan kuning atau hijau brrgaris kuning.


Lalu apa arti dari code warna tersebut?

Cara mengecek kabel lampu downlight untuk mengetahui mana kabel positif dan negatif adalah dengan cara melihat namplate diagram pada bidy lampu.


Atau anda juga bisa mengecek buku panduang pemasangan, produsen lampu pasti menyediakan spesifikasi dan cara pemasangan untuk memudahkan konsumen.


Arti warna kabel lampu dowblight

1. Kabel Biru atau abu-abu

Jika anda menemukan kabel pada lampu downlight berwarna biru atau abu, dapat dipastikan itu adalah kabel Netral atau 0, kabel netral tersambung ke kable warna biru dari sumber listrik.


Jika anda cek di namplate lampu, kabel warna biru Netral memiliki kode bertuliskan N, apa bila produsen menganjurkan untuk memasang sesuai aturan, sebaiknya di ikuti, karena bisa beresiko lampu meledak.


2. Kabel Kuning atau hijau bergaris

Ini adalah grounding, kabel grounding berfungsi untuk mentanahkan arus listrik akibat gagal isolasi, jika lampu yang akan di pasang adalah downlight Led, sebaiknya tatap gunakan kabel kuning demi kemanan.


Manfaat penggunaan grounding pada lampu downlight adalah dapat membuat unit lampu menjadi lebih awet, coba cek sekarang, lampu di rumah anda yang tidak menggunakan kabel kuning, pasti akan mudah rusak.


3. Kabel merah atau coklat

Jika anda menemukan kabel coklat / merah pada lampu downlight, ini adalah kabel phase atau api listrik, kabel phase menggunakan kode huruf L, kabel L tersambung dengan kabel phase sumber kwh di rumah kita.


Kabel phase adalah konduktor kabel yang mengalirkan api listrik di dalam instalasi, termasuk ke lampu downlight, jadi pada saat penyambungan, sebaiknya arus listrik dari sumber kwh di matikan, agar tidak beresiko lampu rusak atau kita tersengat listrik 220 Vac.


Jika anda membutuhkan teknisi dadakan untuk melakukan perbaikan instalasi listrik di Semarang atau Salatiga. Segera hubungi melalui kitak di atas situa, tim kami akan langsung meluncur ke lokasi dan menyelesaikan masalah termasuk melakukan perbaikan jaringan instalasi listrik lampu downlight.

Post a Comment for "Cari Tahu Kabel Positif dan Negatif Lampu Downlight"