Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Check Valve dan Cara Pasang ke Pompa Dorong

Fungsi Check Valve dan Cara Pasang ke Pompa Dorong
Check Valve 1/2"

 Check Valve adalah satu dari beberapa jenis fitting bantu dalam instalasi pipa air bersih dan dapat juga dikatakan sebagai material bantu dalam perakitan pompa air dorong maupun hisap.


Disini kami akan menjalaskan apa itu Check Valve dan bagaimana cara kerja fitting ini dalam instalasi pipa air bersih dan pompa air.


Check Valve adalah valve yang berfungsi untuk mengatur aras aliran air hanya satu arah, jika air sudah mengalir searah, air tidak akan kembali lagi, karena tertutup oleh katup searah didalam check valve.


Dalam perakitan pompa dorong, chek valve merupakan material penting, jika pompa menggunakan Flow switch atau otomatis pompa tekan utuk on off, maka sangat membutuhkan check valve.


Fungsi pompa dorong dalam instalasi pipa air bersih rumahan

Sebelumnya kami jelaskan apa fungsi pompa dorong dalam instalasi pipa air bersi didalam rumah maupun gedung gedung besar.


Pompa dorong adalah salah satu teknik pengadaan tekanan untuk jalur instalasi pipa air ke titik kran disetiap gedung atau rumah.


Tugas pompa dorong adalah menambah tekanan air, misal anda memiliki water heater, maka sangat membutuhkan pompa dorong agar water heater dapat digunakan.


Atau mungkin saja pemiliki rumah kurang puas dengan tekanan air yang hanya mengandalkan gravjtasi saja, maka dipasanglah pompa dorong tersebut di dekan tandon atas.


Lalu apa hubungannya pompa doronga chek valve? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.


Titik pemasangan check valve pada instalasi pipa pompa dorong.

Untuk dapat mengiporasikan pompa dorong sebagaimana mestinya yang memanfaatkan otomatis pompa, sangat dibutukan check valve.


Pemasangan fitting check valve pompa dorong berada di antara water mur dan stop kran tandong, ini adalah titik paling baik dan benar.


Stop kran tandong berguna untuk mematikan aliran air pada saat akan melakukan perbaikan, dan water mur adalah titik bongkarnya, diantara fitting tersebut, jadi tidak akan mengganggu satubsama lain.


Cara kerja check valve ke otomatis pressure switch

Fungsi Check Valve dan Cara Pasang ke Pompa Dorong
Bukalapak / Pressure Switch

Siapa yang tidak tahu dengan alat otomatis pompa yang satu ini, pressure switch atau lebih sering kita sebut otomatis tekanan air.


Dengan bantuan alat ini kita dapat menghidupkan dan mematikan pompa dorong melalui kran air saja, tanpa menggunakan saklar.


Tapi, alat ini tidak akan bekerja dengan baik jika tidak menambahkan check valve ke titik pemasangan yang sudah dijelaskan diatas.


Pada saat kran air terbuka, kontak pressure switch akan terbuka, per kecil alat ini akan turun dan membuat input output listrik terhubung, jadi pompa air akan dalam keadaan On


Pada saat kran ditutup, dengan bantuan check valve, air tidak akan kembali masuk ke tandon karena katup searah check valve menutuk raha aliran balik.


Dan selanjutnya per pressure switch kembali naik untuk melepaskan kontak hubung antara input dan output saklar, pada kondisi ini pompa akan Off.


Cara kerja check valve ke otomatis flow switch

Fungsi Check Valve dan Cara Pasang ke Pompa Dorong
tokopompaonline.com / Flow Switch

Berbeda dengan pressure switch yang memanfaatkan tekanan untuk menghubungkan kontak input output, jika flow switch hanya mengandalkan gravitasi saja.


Sistem kerja alat ini sama seperti check valve, sama memiliki katup searah, bahkan bentuk fisik dari alat ini juga mirip dengan check valve, hanya saja memiliki saklar.


Titik pemasangan flow switch baiknya terletak setelah water mur pompa atau sebelun water mur di pipa output, lalu di pipa intput sama seperti di atas adalah titik pemasangan check valve.


Cara kerja alat ini, pada saat kran dibuka, air akan mendorong katup saklar flow switch dan dapat menghidupkan pompa air lalu mendorong air dari tandon hanya dengan gravitasi.


Jika kran ditutup, sementara pompa air tetap hidup beberapa detik menunggu air kembali menutup katup saklar flow switch dan selanjutnya pompa air akan off.


Cara diatas sudah sering di lakukan dalam pemasangan pompa air 1 phase maupun 3 phase, jika anda membutuhian jasa pemasangan pompa dan service pompa air, segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs.

Post a Comment for "Fungsi Check Valve dan Cara Pasang ke Pompa Dorong"