Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Elbow Pipa 45 Derajat dan 90 Derajat Pvc

Fungsi Elbow Pipa 45 Derajat dan 90 Derajat Pvc
Elbow 90°

 Elbow pipa adalah salah satu fitting yang memiliki bentuk membungkuk atau melengkung, ada 2 jenis elbow yang umum digunakan yaitu 45 derajat dan 90 derajat.

Kedua elbow tersebut dapat memudahkan kita dalam mengatur aliran fluida cair maupun gas, tapi kali ini kita kan membahas apa itu fungsi dan kegunaan ke dua elbow tersebut.


Perbedaan elbow 45° dan 90° PVC

Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini, agar bisa menjalankan pemasangan instalasi pipa air bersih dan kotor yang benar dan baik.


Fungsi dan Kegunaan Elbow 45 derajat PVC

Fungsi Elbow Pipa 45 Derajat dan 90 Derajat Pvc
Elbow 45°

Dalam proyek rumahan, elbow 45 jarang sekali digunakan, sebenarnya manfaat dari fitting yang satu ini sangat besar jika dibandingkan dengan elbow 90 derajat.


Fungsi elbow ini sama seperti elbow yang lain, taitu membelokkan aliran air didalam pipa, tapi seperti namany, elbow ini memiliki sudut 45 derajat.


Lalu apa keuntungannya? 


Keuntungan menggunakan elbow ini dapat mengurangi resiko ketersumbatan didalam pipa, karena air yang dialirkan alab langsung melaju lurus ke depan tanpa ada putaran di sudut fitting.


Elbow 45 derajat sering digunakan dalam pemasangan instasi pipa air kotor, closet dan pipa air hujan maupun drain kamar mandi, instalasi yang jarang tersumbat pasti menggunakan elbow 45 derajat.


Bagi anda yang saat ini sedang melakukan pekerjaan instalasi pipa air kotor, tidak ada salahnya memanfaatkan elbow ini sebagai penggati elbow 90 derajat, karena sangat disarankan.


Fungsi dan Kegunaan Elbow 90 derajat pvc

Fungsi Elbow Pipa 45 Derajat dan 90 Derajat Pvc
Elbow 90° Pvc

Setelah kita singgung sedikit apa itu elbow 90 derajat, simak ulasan berikut ini agar tahu apa beda ke dua fitting tersebut dalam instalasi pipa air.


Elbow 90 derajat sama seperti elbow 45 derajat, sama sama untuk membelokkan air bersih maupun kotor, hanya saja elbow ini memiliki lengkungan sudut 90 derajat sempurna.


Fitting ini sangat cocok digunakan untuk medan yang dapat dikatakan sulit dalam melakukan instalasu seperti seudutan tembok dan sudutan did dalam shaft gedung gedung besar.


Elbow 90 derajat sering digunakan untuk fitting instalasi pipa air kotor maupun bersih didm dalam rumah gedung maupun pipa air hujan di jalan tol.


Seperti yang sudah kami terangkan di atas, elbow ini adalah fitting utama dalam pembuatan instalasi pipa air kotor closet kamar mandi, drain dan instalasi pipa air hujan.


Dalam instalasi pipa air bersih, elbow ini digunakan untuk membelokkan air bersih bertekanan dari pompa, jadi bisa di katakan sangat kuat, tahan bocor dan tekanan tinggi.


Cara pemasangan Elbow 45 derajat dan 90 derajat PVC

Untuk pipa PVC, material paling utama yang dibutuhkan adalah pipa, fitting dan lempipa saja, dan lanjut ke teknisnya saja.


Sangat mudah dipasang dan dipelajari, hanya mengoleskan lem pada fitting dan pipa lalu disatukan, setelah itu tunggu kering instalasi siap digunakan.


Persiapkan material dibawah ini

Material di bawah ini mudah kita temukan di toko-toko bangunan terdekat, jadi tidak udah kebingungan dan harganya juga murah.


1. Pipa Pvc

2. Elbow pipa 90° atau 45° (menyesuaikan ukuran pipa)

3. Lem pipa PVC


Peralatan yang dibutuhkan

Nah untuk peralatan sama, hanya membutuhkan alat sederhana, bisa jadi didalam rumah anda sudah memiliki peralatan pasang pipa PVC.


1. Gunting pip/gergaji besi

2. Lap kering (kain bekas)

3. Spidol / pensil


Cara penyambungan pipa PVC ke elbow pipa

Apa yang akan kami jelaskan dibawah jni sangat mudah dipelajari, hanya butuh hitungan menit saja anda sudah bisa melakukan pekerjaan penyambungan pipa PVC dan fitting.


Apa keuntungannya, jika ada kerusakan di dalam rumah, anda tidak perlu lagi memanggil tukang pipa terdekat, langsung eksekusi sendiri saja.


Ikuti langkah-langkah dibawah ini:


  • persiapkan peralatan dan material yang susah ada.
  • Pastikan dalam keadaan bersih tidak ada kotoran pada fitting dan pipa
  • Bersihkan area dalam fitting dan pipa menggunakan lap kering
  • Gunakan spidol untuk membuat tanda kedalam pipa masuk fitting.
  • Pertama oleskan lem PVC ke lubang fitting terlebih dahulu
  • Ke dua oleskan lem pipa PVC ke ujung pipa bagia luar yang akan di sambung
  • Terakhir satukan fitting dan pipa, pastikan pipa masuk mentok sampai batas kedalaman lubang fitting elbow.
  • Tunggu kering kira-kira 2 sampai 5 menit pipa siap digunakan.


Semakin besar pipa yang disambung, semakin lama proses pengeringan, jadi harus hati-hati agar mendapatkan hasil sambungan yang bagus.


Penutup

Semoga dapat membantu anda yang sedang bingung mau pilih elbow mana, apakah 90 derajat atau 45 derajat. Atau anda bisa konsultasi langsung dengan kami melalui halaman kontak dibawah situ ini.

Post a Comment for "Fungsi Elbow Pipa 45 Derajat dan 90 Derajat Pvc"