Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Foot Valve dan Cara Pasang Untuk Pompa Air Transfer Tandon

Fungsi Foot Valve dan Cara Pasang Untuk Pompa Air Transfer Tandon
pvcplasticpipe.com / foot valve pvc

 Foot valve adalah fitting bantu dalam instalasi pipa air bersih, seperti namanya foot valve terpasang di pipa pompa sunur atau ground tank paling bawah.


Fungsi foot valve sendiri adalah untuk menahan air agar tidak kembali ke sumur, dan juga untuk menjaga kevakuman pompa air agar tidak mancing.


Dalam problem pompa harus mancing bisa dipastikan foot valve bermasalah atau rusak. Solusinya adalah ganti baru atau diperbaiki agar normal kembali.


Fitting ini dilengkapi per besi yang berfungsi untuk menutup dan membuka klep, pada saat tertekan air klep akan tertutup dan jika ada hisapan pompa klep valve terbuka.


Bisa dikatakan foot valve adalah salahbm satu material penting dalam instalasi pipa dan pompa air transfer dari sumur ground water tank ke toren tandon atas.


Tipe foot valve ada 3 jenis, yaitu plastik kuningan dan besi, rekomendasi foot valve yang bagus adalah besi atau kuningan, lebih awet dan tahan lama.

werkzeugdiscount24.de / foot valve kuningan

Hanya Rp, 35.000 anda sudah bisa mendapatkan foot valve berkualitas untuk instalasi pompa air di rumah.


Cara pemasangan foot valve pada pipa pompa

Sebelum memasang foot valve, perhatikan dahulu ukuran pipa keluaran dari pompa, antara 1/2" sampai 1", jangan sampai keliru.


Persiapkan material yang dibutukan yaitu foot valve, lem pipa pvc, gergaji besi dan lap kain kering, pemasangannya sangat mudah.


Oleskan lem pipa pvc ke lubang bagian dalam foot valve dan selanjutnya ke bagian luar pipa ujung, lalu disatukan.


Diamkan beberapa menit agar lem kering, karena setelah ini foot valve yang terpasang di pipa akan dimasukkan ke dalam sumur atau ground tank.


Setelah itu koneksikan pipa ke pompa air anda, lalu tes apakah pemasangan foot valve sudah benar, jangan sampai terbalik.


Pada saat awal, mungkin pompa air tidak akan dapat menghisap karena badan pipa belum terisi oleh air, masih angin saja.


Solusinya adalah memancing pompa air dengan air. Buka lubang tempat memancing pompa, isi air agar pipa dari pompa sampai ke foot valve penuh.


Sembari dihidupkan juga tidak apa-apa, tapi harus tetap waspada, jangan sampai tersengat listrik dari pompa air yang sedang di pancing.


Jika sudah terlihat tanda-tanda ada semburan pada lubang pemancing pompa, segera matikan lalu tutup kembali, selanjutnya hidupkan lagi dan nyalakan kran air terdekat. Selesai.


Teknis cara pemsangan foot valve di atas juga dapat diterapkan jika foot valve pada pipa pompa air bermasalah, sangat mudah dan dapat dilakukan sediri hanya dengan alat sederhana.


Atau jika anda membutuhkan teknisi pompa air, segera bubungi kami untuk melakukan perbaikan, mulai dari pipa hanya mendengung, tidak menghisap dan pemasangan foot valve murah bergaransi.

Post a Comment for "Fungsi Foot Valve dan Cara Pasang Untuk Pompa Air Transfer Tandon"