Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Kapasitor Mesin Pompa Air Simak Penjelasannya

Fungsi Kapasitor Mesin Pompa Air Simak Penjelasannya
electronoff.ua

 Jika kita amati, pompa air terdiri dari banyak titik material pendukung, salah satunya adalah kapasitor, tanpa kapasitor pompa air akan sulit dihidup kan, atau bahkan bisa mati total.


Lalu apa fungsi kapasitor di mesin pompa air?


Kapasitor berguna untuk alat bantu start diawal ketika mesin pompa air dinyalakan, mesin pompa air 1 phasa tidak akan dapat berputar tanpa bantuan kapasitor, atau bisa jadi mesin pompa hanya akan mendengung.


Komponen ini bisa dibilang sangat penting, karena dapat menyimpan dan menaikkan tegangan listrik untuk mendukung pompa air ketika dinyalakan.


Untuk start awal agar pompa air hidup, dibutuhkan tegangan yang sangat besar maka supply listrik dari PLN pun tidak cukup, maka dari itu coil start harus dipasang kapasitor start.


Dampak kapasitor pompa air rusak

Alasan pompa mendengung saja tidak ada putaran juga bisa disebabkan oleh lemahnya tegangan pada kapasitor atau memang kapasitor rusak, dan ini bisa membuat kita kebingungan.


Penyebab kapasitor bermasalah bisa jadi karena umur pemakaian pompa air sudah terlalu lama, karena hampir setiap hari kita memanfaatkan mesin pompa air untuk perpindahan air bersih.


2 Cara cek kapasitor pompa air masih bagus atau tidak

Ada dua cara untuk mengetahui apakah kapasitor pompa anda masih bagus agau tidak, jika memang sudah tidak dapat digunakan dan memang ini adalah faktor kerusakan pompa air, sebaiknya langsung ganti dengan yang baru.


1. Isi kapasitor dengan arus listrik 220 V

Cara pertama mungkin sedikit beresiko, karena jika tidak hati-hati akan dapat tersengat listrik 220 V, ikuti panduan dibawah ini untuk menhetahui kapasitor masih layak pakai atau tidak.


Kedua ujung kabel kapasito pastikan sudah terkupas dengan baik untuk kita sambungkan ke listrik PLN langsung.


Masukkan kabel pin 1 dan 2 ke phase netral stop kontak, sebaiknya perhatikan code phase netral dikapasitor untuk menyesuaikan arah arus.


Selanjutnya tahan kapasitor selama 2 detik sampai 3 detik agar listrik 220 V PLN masuk ke kapasitor tersebut, sekali lagi perhatian jangan sampai tersengat listrik.


Lepaskan 2 kabel kapasitor dari stop kontak lalu tempelkan ujungnya, lihat hasilnya, jika pada saat ditempelkan ada percikan, dapat dipastika kapasitor masih baik, jika tidak ada memang benar kapasitor pompa air anda rusak.


2. Cek dengan multitester analog atau digital

Cara mengukur kondisi kapasitor pompa apakah masih baik atau tidak dapat dengan mudah kita cek menggunakan multitester, kami merekomendasikan menggunakan multi meter analog karena bisa mendapatkan hasil akurat.


Posisikan selektor multitester ke posisi ohm untuk mengukur tahanan komponen elektronik.


Siapkan kapasitor yang akan lita cek, pastikan sudah tidak ada arus listrik didalam kapasitor.


Tempelkan ke 2 jarum multitester ke masing masing kabel kapasitor pompa air


Keterangan pengukuran

Jika jarum pada alat multitester bergerak cepat dari kiri kekanan lalau kembali lagi ke angka 0, dapat dipastikan kapasitor masih dalam keadaan baik atau tidak rusak.


Jika jarum multitester bergerak dari kiri ke kanan tidak kembali lagi ke angka 0, berarti kapasitor sudah tidak layak ganti atau rusak, anda bisa mengganti dengan yang baru.


Apabila jarum layar multitester tidak bergera sama sekali jangan panik, coba tukar jarum pengukur dari kabel 1 ke kabel 2 atau dibalik.


Jika jarum pembaca layar multitester tidak bergerak sama sekali, dapat dipastikam kapasitor rusak, dan jika jarum penunjuk bergerak dari kiri ke kanan dan kembali lagi ke angka 0 di kiri berarti kondisi kapasitor masih dalam keadaan baik, masih dapat dipakai.


Jika anda ada rencana ingin mengganti kapasitor pompa air yang rusak, anda dapat membawa bekas kapasitor lama langsung ke toko agar tidak bingung.


Semoga penjelasan diatas dapat menyelesaikan jika pompa air dirumah anda bermasalah, untuk dapat mengetahui performa pompa apakah masih baik atau tidak, anda dapat cek mesin dan kelistrikan pompa air 1 bulan sekali.

Post a Comment for "Fungsi Kapasitor Mesin Pompa Air Simak Penjelasannya"