Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Stop Kran dan Cara Pemasangannya

Fungsi Stop Kran dan Cara Pemasangannya
Stop Kran Plastik

 Ingin menjalankan pekerjaan pemipaan air bersih dirumah? Segera pahami jenis jenis fitting dan material bantu perpian, salah satunya adalah Stop kran.

Stop kran adalah kontrol air yang dapat kita buka tutup sesuai kebutuhan, dengan bantuan stop kran, instalasi pipa air didalam rumah akan dapat dikontrol dengan mudah.


Banyak jenis stop kran yang dapat kita manfaatkan mulai dari stop kran PVC Besi dan Ppr, pengaruh stop kran dalam instalasi pipa air sangat besar, banyak sekali manfaatnya.


Setelah anda tahu apa itu stop kran, ada baiknya mengetahui juga titik pemasangan yang baik dan benar, karena jika salah titik fitting ini tidak akan berguna, simak penjelasan dibawah ini sampai selesai.


Titik pemasangan stop kran yang benar dalam instalasi pipa air bersih.

Perencanaan pemasangan pipa tidak luput dari pedoman gambar kerja, sebelum melakukan eksekusi lapangan, pastikan dulu penempatan titik titik fitting termasuk stop kran ke dalam gambar, agar dapat memudahkan kita dalam bekerja.


Pemasangan stop kran di Area mesin pompa.

Pompa air merupakan unit mesin paling penting didalam rumah, dengan bantuan stop kran pada pompa air kita dapat dengan mudah mengatur aliran air dipipa keluaran.


Titik pemasangan stop kran pada pompa dapat kita letakkan setelah water mur pipa keluaran, jadi pada saat pompa akan dibongkar, stop kran tidak akan ikut menempel di pipa pompa air, titik pemasangan pada pompa dorong.


Stop kran pada area Tandon atas

Sebenarnya ini masih ada diaraea pompa air dorong, tapi jika kita simak gambar instalasi, stop kran ini akan menjadi satu dengan gambar pemasangan tandong air.


Titik pemasangan stop kran area tandon dapat kita letakkan pada pipa keluaran air sebelum check valve dan watermur pompa, dan yang satunya ada di pipa pembuangan tandon.


Fungsi stop kran terpasang pada pipa keluaran randon air adalah untuk menahan aliran air keluar pada saat akan melakukan pembongkaran pompa, jadi air tidak terbuang.


Untuk stop kran pada pipa pembungan berfungsi untuk lubang kuras, jika akan melakukan pembersihan stop kran tinggal dibuka saja, setiap tandon air pasti terdapat Shock drat dalam untuk titik pemasangan stop kran.


Stop kran pada titik jalur instalasi utama

Jika instalasi sudah masuk kedalam rumah, ada baiknya membagi setiap titik jali pipa dengan baik, dan menyiapkan harus terpasang dimana stop kran tersebut.


  • Pemasangan stop kran di shaft kamar gedung, ini berfungsi untuk mengontrol aliran air yang masuk ke area kamar, pada hotel misalnya, jadi pada saat ada perbaikan, hanya titik stop kran ini yang dimatikan.
  • Pemasangan stop kran di pipa utama kamarmandi, titik pemasangan ditempatkan pada pipa pertama sebelumasuk kekamar mandi, apabila ada perbaikan instalasi didalam kamar mandi, kita dapat mengibtrol aliran air melalui kran tersebut.
  • Pemasangan stop kran di pipa utama dapur, titik pemasangan berada di pipa pertama sebelum masuk instalasi pipa diarea dapur, jika ada kerusakan, stop kran kita matikan tanpa mengganggu supply air ke titik kran lain seperti kamar mandi dan kran taman.


Stop kran di area pompa transfer bawah

Sama seperti yang sudah dijelaskan diatas, stop kran pada area pompa bawah berguna untuk menahan air agar air didalam pipa tidak terkuras.


Meski sepele tapi ini dapat memudahkan kita menghidupkan pompa air setelah pembongkaran, air yang tertahan didalam pipa akan kembali masuk ke dalam pompa sampai ke foot valve, dan keuntungannya tidak harus mancing.


Akan lebih efektif lagi jika menggunakan check valve sebagai pengganti foot valve, check valve terpasang setelah water mur dibagian pipa hisap, air yang lepas setelah stop kran terbuka, dan langsung memenuhi badan pipa tanpa harus terbuang sampai ke pipa hisap paling bawah.


Titik pemasangan stop kran pompa bawah setelah water mur di pipa keluaran, jadi pada saat pompa ada pembongkaran srop kran tidak akan ikut terbawa oleh pipa dibagian pompa.


Penutup

Semoga membantu, bagi anda yang berdomisili di Salatiga Semarang dan Ambarawa, kami juga melayani jasa pemasangan instalasi pipa air bersih termasuk service pemasanhan stop kran pompa air dan pipa air, hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs.

Post a Comment for "Fungsi Stop Kran dan Cara Pemasangannya"