Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Selalu Muncul Periksa di Meteran Listrik dan Apa Penyebabnya

Kenapa Selalu Muncul Periksa di Meteran Listrik dan Apa Penyebabnya
IndiaMART

 www.pipindo.com - Kwh meter atau juga di sebut dengan KiloWatt Hour / Kilowatt jam terkadang sering bermasalah. Salah satunya adalah ada tulisan Periksa di layar alat tersebut.


Penyebab kerusakan kwh bisa jadi karena ada beberapa problem di dalam instalasi listrik yang terpasang. Jika hal ini terjadi, tentu kita akan sangat kebingungan, dan otomatis arus listrik putus lalu padam.


Tips memperbaiki meteran keluar tulisan PERIKSA

Cobalah beberapa cara di bawah ini, mungkin bisa menyelesaikan masalah kwh meter di rumah error muncul tulisan periksa saat jni


1. Cek instalasi listrik di dalam rumah

Ini adalah cara pertaman yang mungkin sedikit membutuhkan teknis dan tahu tentang dunia kelistrikan. Coba cek kabel listrik L N dan G apakah sudah terkoneksi dengan benar.


Jika 3 kabel di atas saling menyentuh dan tidak konslet, dapat di pastikan akan muncul tulisan periksa. Kabel N menempel ke G, dan kabel G atau grounding terkoneksi ke body KWH.


Apakah kwh metee butuh grounding, tentu saja iya, karena ini akan menambah peforma kwh meter agar lebih awet dan sensitif dengan kerusakan. Seperti yang sekarang terjadi, meteran ada tulisan periksa di layar lcd.


2. Cek segel dan cover kwh apakah terbuka.

Jika sampai hal ini terjadi, sebaiknya langsung panggil petugas PLN terdekat, atau teknisi BTL yang memiliki sertifikat resmi kelistrikan. Jika sudah berurusan dengan segel kwh sebaiknya berhati-hati.


Meskipun sepele karena meteran muncul tulisan periksa yang disebabkan oleh segel dan cover terbuka, sengajat tidak sengaja PLN akan menyelediki, apakah ini benar-benar tak di sengaja atau di sengaja. Jasa listrik murah


3. Menghubungi Contact Center PLN di 123.

Ini adalah cara paling mudah dan tidak beresiko, apapun kerusakan yang terjadi pada KWH meter PLN, sebaiknya lanvsung saja menghubungi kontak center 123, karena hanya petugas yang berhak melepas, memperbaiki dan memindah kwh meter.


Jalaskan apa yang sedang terjadi saat itu juga, misal muncul kwh meter di meteran listrik rumah, sebutkan kode meteran yang error jika petugas menanyakan hal tersebut untuk melacak id pelanggan.


Jika masalah teknis ini dapat di selesaikan hanya dengan menelfon call center, petugas akan mecoba memberikan code angka yang berjumlah 20 digit untuk di masukkan ke dalam kwh yang muncul tulisan periksa.


Adapaun cara memasukkan code tersebut adalah sebagai berikut: ketikkan angka yang sudah di berikan petugas, harus sama, jangan sampai salah 1 digit pun, dapat membuat code tidak berfungsi.


Cek sekali lagi, jika sudah benar dan berjumlah 20 digit, lalu tekan enter. Lalu apa fungsi dari code tersebut? Ini adalah kode angka untuk mereset unit kwh meter agar tulisan periksa hilang dan kwh meter normal kembali. Jasa listrik berpengalaman


2 Cara instalasi listrik agar kwh meter tidak sering error (muncul periksa)

Dua cara di bawah ini sering kami terapkan di lapangan, dan terbukti mengurangi resiko kwh meter error, cocok bagi yang ingin membuat atau merenovasi instalasi listrik di rumah dan gedung.


1. Gunakan material yang berkualitas baik.

Salah satu syarat utama untuk mendapatkan instalasi listrik yang bagus adalah dengan cara menggunakan jenis material yang SNI. Tidak semua kabel listrik bagus, ada beberapa kabel listrik yang cepat rapus alias mudah kering.


Apabila kabel sudah kering, otomatis akan dapat melelehkan pvc kabel, selanjutnya akan meleleh dan menyebabkan konduktor kabel saling menyentuh, seperti yang sudah di jelaskan di atas.


Jika kabel P dan L bertemu hanya akan terjadi korsleting listrik, selanjutnya listrik padam, apabila kabel G dan N yang jadi satu ini akan sangat susah di perbaiki, dan dapat menjadi salah satu penyebab kwh muncul tulisan periksa.


2. Pastikan grounding kwh dan instalasi terpasang dengan benar.

Fungsi grounding sendiri adalah untuk mentanahkan arus listrik akibat gagal isolasi, dengan adanya grounding penghuni dan instalasi listrik termasuk kwh meter akan dapat aman, kenapa bisa begitu?


Kwh meter sendiri adalah modul elektronik yang juga menbutuhkan grounding untuk mentanahkan arus listrik buangan dari rangkaian di dalamnya, dengan adanya grounding ini kwh akan aman dan tidak rawan rusak termasuk muncul periksa seperti yang anda alami sekarang ini.


Tapi jika masalah ini tidak ingin sampai ke PLN atau mau mencoba untuk memanggil teknisi listrik, segera hubungin kami melalui layanan kontak di atas situs ini, konsultasi gratis tanpa di pungut biaya, dan juga dapat kita eksekusi sesuai permintaan karena teknisi kami stansby 24 jam (hanya di Semarang dan Salatiga)

Post a Comment for "Kenapa Selalu Muncul Periksa di Meteran Listrik dan Apa Penyebabnya"