Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Penyebab Accu Genset Meledak Simak Penjelasannya

Ketahui Penyebab Accu Genset Meledak Simak Penjelasannya
Accu Yuasa Bekas

 www.pipindo.com - Accu atau Akumulator adalah sebuat alat yang dapat menyimpan anergi listrik Dc, mungkin kita sering menyebutnya Aki, accu pada genset digunakan sebagai sumber energi untuk menstarter mesin genset agar mudah dihidupkan.


Pernahkan anda mendengar Accu genset meledak atau terbakar? Banyak hal yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi, simak penjelasan dibawah ini agar tahu bagaimana merawat dan mencegah agar accu atau aki genset tidak meledak.


Penyebab Accu Genset Meledak atau Terbakar


Dinamo starter bermasalah

Teknisi genset pasti pernah mengalami masalah ini pada unit generator set atau genset, accu meledak dapat dikarenakan oleh dinamo starter, rator pada dinamo starter sangat berat dan dapat memicu terjadinya ledakan pada acuu.


Ciri-ciri yang dinamo starter bermasalah adalah genset susah dihidupkan, jika tetap kita paksa maka kerusakan akan berdampak pada dinamo itu sendiri dan accu genset, ada sapat melakukan service berkala untuk menghindari hal ini.


Koneksi kabel Accu kurang kencang

Dampak fisik dari connector kabel accu kurang kencang adalah akan terlihat percikan kecil, jika dibiarkan, percikan ini dapat membuat skun kabel dan konektor accu panas, dari sini dapat disimpulkan bahwa connector lah yang menyebabkan accu genset meledak.


Anda dapat melakukan pengecekan rutin satu minggu sekali untuk memastikan apakah konektor accu kendor, gunakan kunci pas dan lakukan dalam keadaan genset padam, anda dapat menjadwalkan service ke teknisi gedung untuk mencegah terjadinya ledakan pada accu genset, semoga membantu.


Charger accu genset bermasalah

Penyebab lain mengapa accu genset meledak adalah charger genset rusak, kelebihan aliran listrik saat pengisian dapat membuat sel accu panas dan menggumpal besar, pemutus arus pengisian accu tidak berfungsi, jadi meski accu sudah penuh charger tetap mentrasfer dan terjadilah over heating.


Jika memang benar masalah yang menyebabkan accu genset meledak ada pada charger, segera service atau ganti baru, karena charger genset merupakan rangkaian penting untuk menunjang produktifitas mesin genset, karena dengan bantuan accu kita dapat dengan mudah menggidupkan genset kapanpun.


Accu genset sudah tidak layak pakai

Umur accu juga bisa menjadi faktor penyebab accu meledak, jika diperkirakan accu genset sudah berumur 3 tahun lebih, sebaiknya segera ganti baru, untuk mencegah terjadinya kebakaran atau ledakan pada accu tersebut, silahkan cek atau ingat-ingat kapan terakhir mengganti accu genset.


Jika ingin membeli accu baru, sesuaikan tipe dan spesifikasi accu dengan yang lama, anda bisa membeli ditoko terdekat didaerah anda atau toko online, tips mendapatkan accu murah, silahkan datang langsung ke distributor accu atau produsen resmi accu merek terkena, perhatian.! Jangan membeli bekas.


Tidak hanya Accu, mesin dan semua perangkat yang ada didalam genset wajib selalu dalam pengawasan, seperti yang sudah sering dijelaskan, genset merupakan unit mesin penyupply listrik pengganti listrik PLN jika ada pemadaman, bisa dibayangkan bukan jika genset tidak dapat menyala karena Accu meledak atau terbakar?

Post a Comment for "Ketahui Penyebab Accu Genset Meledak Simak Penjelasannya"