Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menanam Kabel di Tembok Apakah Boleh? Simak Penjelasannya

Menanam Kabel di Tembok Apakah Boleh? Simak Penjelasannya
Sumber Fb

 Pemasangan instalasi listrik di dalam tembok wajib dikerjakan dengan benar, agar tidak membahayakan manusia dan membuat masalah dikemudian hari.


Harus kan kabel listrik tertanam di tembok? Jawannya adalah tidak harus, kecuali memang anda ingin memanfaatkan interior ruangan agar terlihat lebih rapi.


Penanaman kabel listrik tidak dianjurkan tanpa menggunakan jsolasi, atau pelindung kabel berupa pipa. Pelindung kabel umumnya adalah pipa conduit atau pipa listrik 20mm 3 meter.


Mengapa harus menggunakan pipa?


Meski kabel listrik sudah dilengkapi pelindung, tapi fungsi dari isolator kabel bukan untuk perlindungan pada saat di tertanam atau terpasang outbow.


Perbandingan penggunaan, jika anda menggunakan pipa conduit, kabel didalam pipa akan dapat digunakan selamanya, jika tidak tunggu saja 10 sampai 15 tahun mendatang pasti akan banyak masalah.


Maka dar itu Sangat disaran pemasangan instalasi listrik tertanam memakai pipa listrik untuk melindungi kabel dan dapat juga mencegah bahaya jika saja ada orang di sekitar kabel.


Cara pemasangan kabel listrik di tembok untuk saklar lampu


  • Langkah pertama adalah mempersiapkan material, anda dapat menggunakan ukuran kabel 2,5mm atau 1,5mm dan pipa listrik yang digunakan adalah 20mm x 3 meter.
  • Ambil power stop kontak lalu gerinda dinding sesuai kebutuhan, dari titik saklar sampai ke atas plafon.
  • Bobok dinding untuk membuat tempat kita menanam kabel dan pipa, lebar bobokan menyesuiakan diameter pipa, antara 3cm sampai 5cm, jangan terlalu lebar atau sempit.
  • Gunakan pahat dan palu untuk mebersihkan bekas gerinda, kedalaman bobokan antara 3cm sampai 5cm.
  • Pasang pipa ke dalam bobokan, anda dapat memanfaatkan awat dan paku kecil untuk mengikat pipa.
  • Tutup pipa menggunakan adukan semen dan pasir, tunggu 1 sampai 2 hari agar kering dan mengeras.
  • Setelah kering masukkan kabel listrik yang sudah disediakan ke dalam pipa tertanam tadi.


Dengan cara diatas, kabel akan aman dan dapat berumur panjang, bahkan sampai kabel rusak pun pipa conduit masih utuh tidak rusak atau pecah, ini lah keuntungan jika instalasi listrik memakain pipa listrik conduit.

Menanam Kabel di Tembok Apakah Boleh? Simak Penjelasannya
Sumber Fb

Kontak kami jika anda tidak punya waktu untuk melakukan pemasangan instalasi listrik sendiri, termasuk penanaman pipa listrik, hubungi kami melalui halaman kontak di bawah situ ini, layanan 24 jam free konsultasi dan gratis survei di Semarang dan Salatiga.

Post a Comment for "Menanam Kabel di Tembok Apakah Boleh? Simak Penjelasannya"