Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kabel Pompa Air Nyala Api Semua Tidak ada Netral

Penyebab Kabel Pompa Air Nyala Api Semua Tidak ada Netral

 www.pipindo.com - Pompa air adalah mesin penting didalam rumah, jadi mai tidak mau unit pompa air harus selalu dalam keadaan baik, tidak ada kerusakan, karena hampir setiap hari menggunakan pompa air.


Banyak jenis kerusakan pompa yang sering kita dengar dari orang disekitar, misal pompa tidak kencang, pompa masuk angin, cetak cetek dan masih banyak lagi, disini kita akan membahas kenapa kabel pompa phasa semua.


Masalah kabel steker pompa memiliki api semua bukanlan perkara sulit, dapat anda selesaikan sendiri tanpa bantuan teknisi pompa air, kerusakan ini umum kita temukan disekeliling kita, jadi sudah hal wajar dan sah sah saja jika kita bongkar untuk mengetahui penyebabnya.


1. Cara cek kabel steker pompa dengan tespen

Cara ini sangat mudah, cukup modal tespen listrik, dan koneksikan steker ke stop kontak, lalu ditespen kedua kabel N dan L, jika semua hidup berarti kabel bermasalah.


Selanjutnya steker pompa air dibalik, jika ke dua kabel L dan N ketika ditespen tidak ada aliran listrik atau kosong, dapat dipastikan memang benar kabel steker yang bermasalah, harus diperbaiki atau ganti baru ditoko listrik terdekat.


2. Cara cek kabel steker pompa dengan mustitester digital

Jika menggunakan cara ini, mungkin kita akan dapat lebih mudah mencari titik kerusakan pompa air, seperti kabel pompa, dinamo dan bagian kelistrikan pompa air lainnya.


Manfaatkan multitester digital untuk mengecek kabel steker pompa air coklat, biru, dan kuning, atau L N dan G, ujung ke ujung kabel tunggal cek menggunakan multitester arahkan selektor ke tanda Ohm, jika angka 0, dapat dipastikan kabel bermasalah.


Penyelesaian

Lalu apa masalahnya? Sampai disini kita sudah menemukan satu titik kerusakan, 1 dari 2 kabel L dan N pompa air terputus, karena sudah dibuktikan dengan 2 cara, 1 cara manual dan yang kedua menggunakan alat multitester.


Pada point satu, kita sudah membutkitan dengan cara mengecek dalam keadaan kabel steker teraliri listrik, indikator lampu tespen hidup ketika kabel L dan N dicolok alat tersebut, begitu juga sebaliknya ketika dites L dan N tidak ada aliran listrik aliar kosong.


Contoh kasus kabel steker pompa air putus pada bagia L atau kabel berwarna Coklat, dan N masih tetap utuh dengan warna biru, ketika colokan kita masukan ke stop kontak, L steker masuk ke phase dan N masuk ke N stop kontak


Maka akan kita dapatkan ke dua kabel tidak ada aliran listrik, begitu juga pada saat steker kita balik, kabel N steker ke L stop kontak dan L steker ke N stop kontak, apa yang terjadi?


Phase listrik akan memutar melalui mesin pompa, phase stop kontak, masuk ke N steker, ke pompa, dan selanjutnya masukke kabel L steker, ini dapat membahayakan kita sebagai pengguna pompa air didalam rumah.


Jika cara diatas tidak dapat menyelesaikan masalah anda, silahkan kontak tukang service pompa air terdekat, agar ditangani oleh ahlinya.

Post a Comment for "Penyebab Kabel Pompa Air Nyala Api Semua Tidak ada Netral"