Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Sambungan Pipa Pvc Rembes atau Bocor

Penyebab Sambungan Pipa Pvc Rembes atau Bocor
Sambungan pipa bocor

 Banyak problem kerusakan pipa saat ini, tidak hanya di rumah kita sendiri, pipa distirbusi milik negara pun kadang juga sering rusak dan membutuhkan perbaikan.


Atau mungkin anda sendiri saat ini sedang mengalami pipa air bocor di dalam rumah? Ikuti terus ulasan ini sampai tuntas.


Pipa pvc adalah unit material yang digunakan untuk mengalirkan fluida cair maupun padat didalam sebuah gedung maupun rumah.


Pipa pvc sangat famlyar dan banyak orang yang menggunakannya karena memang sudah terbukti kualitas dan harganya.


Seperti dirumah saya sendiri pun juga menggunakan pipa pvc sebagai material utama dalam pembuatan instalasi pipa air bersih dan kotor.


Tapi tidak selamanya instalasi pipa dapat bekerja dengan baik, pasti suatu saat akan ada masalah yang menimpa. Salah satunya adalah sambungan pipa rembes.


Prediksi masalah yang mebuat sambungan pipa bisa rembes


Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sambungan pipa dan fitting rembes atau bocor, salah satunya adalah diameter pipa dan fitting berbeda.


Kenapa bisa begitu? 


Padahal kan ukuran pipa dan fitting sama 2 inch?


Dari apa yang sudah kami alami di lapangan, penyebab fitting dan pipa beda ukuran adalah karena merk produk berbeda, pasti membuat selisih.


Misal pipa yang akan di sambung adalah produk A dan fitting pipa adalah produk B, memang pipa bisa masuk ke fitting akan tetapi agak longgar, dari sinilah masalah itu timbul.


Pada saat lem pipa di oleskan ke bagian luar pipa dan bagian dala fitting lalu disatukan, jika tidak akan ada tekanan atau longgar, sapat dipastikan akan beresiko kebocoran dan rembesan.


Selain beda merk material, penyambungan pipa dan fitting dalam keadaan pipa basah juga dapay beresiko buruk nantinya.


Maka dari itu selalu direkomendasikan sedia lap kering, sebelum eksekusi, gunakan lap kering untuk menghilangkan air yang menempel di pipa dan fitting.


Air dapat membuat kualitas lem berkurang atau tidak matang, ya seperti yang anda tahu, ini dapat membuat sambungan pipa di rumah anda bocor.


Selain beda merk dan penyambungan pipa dalam keadaan basah, kurang menjaga kebersihan material juga bisa menjadi faktor pipa rembes.


Contoh mudah di dalam fitting pipa terdapat kotorang atau debu, kotoran ini bisa menyebabkan rongga rongga rembesan, ini sangat sepele tapi sering terjadi.


Sangat di sarankan dalam pemasangan pipa pvc menjaga kebersihan lingkungan dan material, jadi kita bisa mendapatkan hasil kerja yang maksimal dan bagus.


Tips menyambung pipa Pvc ke Fitting yang benar hasil kuat

Penyebab Sambungan Pipa Pvc Rembes atau Bocor
nano-reef.com

Mayoritas orang menyambung fitting dan pipi hanya teknis pengeleman ke fitting lalu ke pipa lalu di satukan, sebenarnya sudah benar tapi masih sedikit beresiko.


Anda dapat melakukan putaran ke kanan atau ke kiri senyak 3mm sampai 5mm sembari pipa dimasukkan ke dalam lubang fitting. Apa manfaatnya?


Dengan cara tersebut kita akan mendapatkan hasil pengeleman pipa sempurna, bagian lem antar pipa dan fitting akan membetuk seperti arsiran.


Jadi tidak hanya sekedar lem menempel di antara pipa dan fitting, terapkan cara tersebut ke semua sambunga pipa pvc, dijamin tidak akan terjadi rembesan atau kebocoran kecuali pipa basah dan beda merek produk material.

Post a Comment for "Penyebab Sambungan Pipa Pvc Rembes atau Bocor"