Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Biaya Jasa Pemasangan Pipa Pvc dan Ppr

Perbandingan Biaya Jasa Pemasangan Pipa Pvc dan Ppr
Depositphotos

 Biaya adalah memiliki peranan paling penting dalam pembuatan instalasi pipa air bersih, dan sedari awal perencanaan biaya jasa dan material wajib terperinci dengan baik demi kelancaran pekerjaan.


RAB (Rencana Anggaran Biaya) adalah sebuah upaya untuk menganalisa nominal upah jasa, harga material dan biaya lainnya, dengan bantuan RAB kita dapat dengan mudah memastikan berapa modal proyek yang harus disiapkan.


Membicarakan instalasi pipa air bersih, umum kita lihat kebanyakan orang menggunakan pipa PVC atau pipa PPR, penasaran kenapa orang berbeda-beda dalam pemakaian pipa air bersih, unggul mana dan murah mana, simak ulasan berikut ini sampai selesai.


Perbedaan spesifikasi, jasa harga pipa Ppr dan Pvc

Dari segi harga pipa pvc lebih murah, dan pipa ppr mahal, tapi kalau menurut kami, tapi bukan harga yang membedakan kenapa orang condong menggunakan pipa pvc ketimbang pipa ppr.


Produsen pipa menyesuaikan kebutuhan, jika instalasi menggunakan pipa pvc saja sudah cukup mengapa harus menggunakan pipa ppr, pipa ppr dikhusukan untu instalasi pipa air panas dan dingin bertekanan.


Kecuali rumah anda memakai water heater atau lebih dari 4 lantai, jika kenyataan dilapangan seperti ini, kami merekomendasikan pipa ppr sebagai pipa utaman instalasi air bersih panas dan dingin bertekanan.


Bukan ingin meninggalkan pipa pvc tapi menyesuaikan kebutuhan instalasi, pipa pvc cocok digunakan untuk instalasi rumah tangga 1 lantai sampai 2 lantai, dan harga instalasi pipa pvc lebih murah jika dibandingkan dengan pipa ppr.

Perbandingan Biaya Jasa Pemasangan Pipa Pvc dan Ppr
Pipa Pvc

Material pipa pvc 1/2 inch 20.000 + Rp 20.000 (jasa) = Rp. 40.000.


Perbandingan Biaya Jasa Pemasangan Pipa Pvc dan Ppr
Pipa Ppr

Material pipa ppr 1/2 inch Rp. 40.000 + Rp. 48.000 (jasa) = Rp. 88.000.


Bisa kita lihat mahal jasa pemasangan dan pengadaan pipa ppr, tapi kembali ke ulasan di atas, penggunaan kedua pipa ini harus menyesuaikan kebutuhan, agar dapat menghemat biaya pembuatan instalasi pipa air bersih.


Kapan harus menggunakan pipa pvc atau ppr dalam sebuah instalasi pipa?

Solusi terbaik untuk menghemat biaya adalah meng kombinasi instalasi pipa air bersih, jadi tidak semua menggunakan pipa pvc dan pipa ppr, sesuikan pada titik mana yang harus menggunakan pipa bertekanan dan mana yang tidak bertekanan.


Misalkan pada jalur instalasi pipa air water heater, ini wajib memakai pipa ppr air panas, jika menggunakan pipa pvc, pipa akan mudah rusak atau meleleh karena setiap hari teraliri air panas water heater.


Pada kondisi ini kita dapat mengkombinasi pipa ppr untuk air panas otutlet water heater dan pipa pvc digunakan untuk supply pipa air bersih ke water heater.


Sekarang coba anda rincikan menggunakan cara diatas, pasti dengan mengkombinasi pipa akan lebih hemay biaya jasa pemasangan.


Atau jika anda memiliki budget lebih, sebaiknya menggunakan pipa ppr semua saja, tidak apa mahal, tapi manfaat dan keuntungannya akan dapat kita rasakan sampai puluhan tahun. Meski dialiri air panas setiap hari, pipa ppr mampu bertahan hingga 50 tahun.


Bagi anda yang berdomisili di Semarang, kami juga melayani jasa pemasangan pipa ppr dan pvc air bersih, hubungi kami melalui layanan kontak di bawah situs agar kami dapat mengajukan penawaran harga jasa dan pengadaan material.


Malayani jasa pemasangan instalasi pipa ppr gedung, pipa ppr rumah, villa dan hotel, teknisi kami sudah berpengalaman dalam masalah ini, teknisi bersertifikat dan tepat waktu, banyak proyek yang sudah kami selesaikan tanpa ada masalah sedikit pun.

Post a Comment for "Perbandingan Biaya Jasa Pemasangan Pipa Pvc dan Ppr"