Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlukah Grounding di Rumah? Simak Penjelasannya dan Apa Manfaatnya

Perlukah Grounding di Rumah? Simak Penjelasannya dan Apa Manfaatnya
coolclimbing.com

 Grounding atau arde rumah adalah sebuah rekayasa yang di buat manusia untuk membumikan listrik yang dikarenakan gagal isolasi.


Karena gagal isolasi listrik dapat membahayakan manusia dan hewan yang ada di sekitarnya, jadi grounding sangat wajib terpasang pada instalasi rumah maupun gedung.


Apakah rumah perlu grounding?

Demi keselamatan, instalasi arde harus terpasang di dalam rumah, jadi jangan disepelekan, sudah banyak orang kejadian orang tersengat listrik karena gagal isolasi.


Fungsi utama arde di dalam rumah adalah jika ada induksi besar dari perangkar elektronik yang menumpuk, tugas selanjutnya adalah dibumikan oleh grpunding, sebelum terkena manusia.


Misal anda menggunakan 1 pc komputer, 1 ac, 1 tv, 1 kulkas dan 1 laptop bersamaan, silahkan cek cover salah satu perangkat di atas, pasti memiliki tegangan lumayan besar.


Jika anda pernah merasakan ada sengatan listrik di televisi atau komputer di rumah, itu tandanya instalasi membutuhkan arde, tugas arde adalah membumikan listrik pada perangkat tersebut.


Jadi dapat disimpulkan jika di dalam sebuah rumah amat sangat dan wajib terpasang instalasi grounding, demi keselamatan penghuni rumah dan mahkluk hidup di sekitarnya.


Spesifikasi rumah yang membutuhkan grounding adalah jika di dalam rumah anda memiliki banyak perangkat elektronik, selain demi keamanan juga dapat sedikit menghemat listrik.


Cara cek tegangan listrik elektornik karena gagal isolasi

Imbas dari instalasi rumah tidak di grounding adalah body atau casing perangkat elektronik memiliki arus listrik, dan ini jangan dibiarkan begitu saja.


Misal 1 perangkat saja memiliki nilai kegagalan isolasi 10 V × 7 perangakt elektronik, sama dengan 70 V. 


Ini adalah angka yang sangat besar, nilai diatas hanya perkiraan, kenyataan nilai V karena gagal isolasi yang kami dapat dilapangan lebih besar, bisa sampai 120 V, sanggup menyalakan lampu LED.

Perlukah Grounding di Rumah? Simak Penjelasannya dan Apa Manfaatnya
mysku.ru

Anda dapat mengecak sendiri menggunakan multitester digital atau analog, simak caranya berikut ini.


  • Persiapkan perangkat elektronik yang memiliki sengatan paling besar.
  • Hidupkan multitester arahkan panah selektor ke 220 VAC.
  • Cek lubang stop kontak menggunakan tespen, mana yang phase dan netral.
  • Tempelkan jarum multitester ke casing perangkat elektronik (sebagai phase).
  • Dan masukkan jarum multitester yang satunya ke lubang Netral stop kontak.
  • Lihat hasinyal, pasti memiliki voltase lumayan antara 5 V sampai 10 V.


Itu baru 1 perangkat kecil seperti TV dan Komputer, jika ada lebih dari 10 peralatan elektronik, sama saja kita hidup dengan sesuatu yang dapat mengancam nyawa kita sendiri.


Dari hasil tes diatas, coba cek juga memasang kabel yang langsung dimasukkan ke tanah, ikuti langkah berikut:


  • Siapkan kabel 1,5mm atau 2,5mm tembaga, serabut juga bisa.
  • Ujung 1 belitkan kabel ke casing perangkat elektronik yang kita tes tadi.
  • Ujung 2 masukkan ke tanah kira-kira 20cm sampai 30cm.
  • Coba tes kembali menggunakan multitester.


Cek hasilnya, pasti angka 10 V akan menjadi 0 V, ini tandanya listrik akibat gagal isolasi tadi telah ditanahkan, selanjutnya coba pegang casing perangkat elektronik anda, listrik akan hilang dan patinya aman.


Dari penjelasan dan contoh masalah di atas, dapat disimpulkan bahwa instalasi listrik di dalam rumah sangat membutuhka grounding, sudahkah rumah anda terpasang grounding untuk kemanan instalasi?


Jika belum silahkan hubungi kami untuk melakukan pekerjaan pemasangan grounding pentanahan, harga yang kami tawarkan sangat murah, dan dapat menyesuaikan budget yang anda miliki.


Kualitas dan kupuasan pelanggan adalah priortas utama yang selama ini tetap kami pegang teguh, banyak proyek pemasangan arde gedung dan penangkal petir selesai tanpa ada masalah.


Di sela-sela pemasangan arde gedung, ada beberapa orang yang bertanya. Apakah grounding dapat menghemat listrik? Jawabannya tentu saja tidak, tapi jika untuk beberapa persen saja iya.


Antara 3% sampai 5%, selebihnya untuk kemanan saja, angka 5% adalah hasil dari penetralisir listrik liar karena gagal isolasi, setidaknya pemakaian listrik di dalam rumah menjadi lebih stabil jika dibandingkan sebelum memasang grounding.


Biaya instalasi grounding rumah saat ini berkisar antara Rp 350.000 sampai Rp. 500.000 per titik, sangat murah, dan jika anda menggunakan jasa kami bisa lebih murah lagi, faktor naik turun jasa dipengaruhi oleh harga material dan medan lokasi pekerjaan.


Anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak di bawah situs, melayani jasa pemasangan dan pengadaan instalasi listrik termasuk pekerjaan grounding di Salatiga dan Semarang Jawa Tengah, teknisi ramah dan tentunya berpengalaman.

Post a Comment for "Perlukah Grounding di Rumah? Simak Penjelasannya dan Apa Manfaatnya"