Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pompa Air Shimizu Mendengung Kipas Tidak Berputar

Pompa Air Shimizu Mendengung Kipas Tidak Berputar
Pompa Air Shimizu

 www.pipindo.com - Pompa air Shimizu adalah salah satu produk ternama, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan merek pompa tersebut.


Meski memiliki kualitas baik, tetap saja pada suatu saat nanti pasti ada kerusakan, misal karena termakan usia dan hampir setiap hari digunakan untuk menghisap air atau mendorong air.


Banyak yang mencari solusi penyebab pompa air hanya mendengung, tapi kipas bagian luar pompa tidak berputar, seperti ada sesuatu yang menahan sehingga membuat pompa tidak berputar.


Jika kipas pompa luar tidak berputar, otomatis semua bagian dalam pompa seperti Shaft dan impaller juga ikut tidak ada gerakan alais tidak berputar.


Masalah jni sangat serius dan harus segera ditangani, seandainya tetap dipaksa, atau membiarkan seker pompa tetap dalam keadaan terkoneksi listrik, pompa akan terus mendengung.


Apa yang terjadi jika ini dibiarkan? Ya tentu gulungan tembaga akan terbakar, diawali dengan panas dibagian body atau casing pompa.


dalam kondisi ini lebih baik jangan dicolok ke stop kontak, kecuali hanya  1 detik atau dua detik untuk mengecek pompa air yang mendengung apakah sudah benar atau belum.


Lalu apa penyebab utama pompa air hanya mendengung saat steker kita colok ke stop kontak? Lalu bagaimana solusinya? Apakah dapat diperbaiki sendiri atau ke tukang service pompa air.


Penyebab Pompa Air hanya mendengung

Disini kami akan memberikan satu titik masalah yang sering kami temukan dilapangan, pompa ON tapi hanya berdengung atau kipas pompa tidak berputar.


Titik masalah ada pada Bearing/laher dibagian dalam mesin pompa, penyebab kerusakan bisa jadi ada retakan halus, atau masa pakai laher pompa air Shimizu sudah terlewat batas.


Itulah masalah utama yang menyebabkan pompa air hanya mendengung tapi kipas pompa tidak dapat berputar, lalu bagaimana mengecek laher pompa apakah rusak atau tidak?


Solusi pompa air hanya mendengung

Pompa Air Shimizu Mendengung Kipas Tidak Berputar
Laher Pompa Air

Solusi terbaik dan mudah untuk mengetahui laher bearing rusak atau tidak adalah dengan cara membongkar pompa tersebut, gunakan kunci pas ukuran 14mm.


Setelah body motor pompa sudah anda bongkar, cek Shaft bagian Rotor sampai ke Impeller, jika longgar, dapat dipastikan Laher pompa pecah atau rusak, dan membuat pompa tidak dapat berputar karena tertahan oleh pecahan Laher.


Anda bisa mengganti laher pompa air tersebut dengan yang baru, jika anda membeli ditoko pastikan kode Laher sama dengan yang lama, contoh 6201 SR, harga 1 pcs 15.000 sampai 25.000.


Masalah ini bisa anda selesaikan sendiri jika memang menguasai seluk beluk pompa air, kambalikan seperti semula dan silahkan tes, pasti pompa yang tadinya hanya mendengun, sekarang dapat berputar normal.


Tapi jika tidak ingin susah payah bongkar pasang pompa air, anda dapat menghubungi tukang service terdekat, harga service pompa air disetiap daerah berbeda-beda, antara 175.000 sampai 350.000. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pompa Air Shimizu Mendengung Kipas Tidak Berputar"