Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkaian panel Listrik 3 Phase Sederhana Untuk Rumah

 www.pipindo.com - Listrik 3 phase adalah sebuah jaringan listrik menggunakan 3 pengawatan yaitu R S dan T, jika digunakan untuk listrik gedung tetap menggunakan N atau Netral. 


Berbeda jika digunakan untuk sumber listrik motor 3 phase, motor 3 phase tidak menggunakan netral hanya kabel Grounding R S T dan G, menggunakan N jika memang dibutuhkan.


Adanya listrik 3 phase akan memudahkan kita untuk mengatur dan membagi arus listrik masuk ke gedung dengan mudah, berbeda jika kita menggunakan listrik single phase atau 1 phase.


Voltase antar kawat R S dan T adalah 380 Volt, setelah setelah masuk ke instalasi gedung akan menjadi 220 Volt dengan adanya kawat Netral, simak penjelasan dibawah ini:


Tegangan listrik antar kawat R S T dan N

Cara mengecek voltase antar kawat kita dapat menggunakan multitester digital atau analog.


R - S = 380 V

R - T = 380 V

S - T = 380 V


Jika kita tambahkan kawat N atau Netral, bisa kita gunakan untuk instalasi listrik gedung seperti yang biasa kita gunakan, karena jika kita cek antar kabel menggunakan multi tester digital akan menajadi 220 Volt.


R - N = 220 V

S - N = 220 V

T - N = 220 V


Melalui penjelasan diatas, akan memudahkan kita membagi penggunaan listrik melalui komponen panel seperri MCB didalam sebuah panel listrik 3 phase.


Contoh gambar panel listrik 3 phase sederhana

Rangkaian panel Listrik 3 Phase Sederhana Untuk Rumah

Keterangan:


Kabel Merah dari sumber listrik adalah R

Kabel Kuning dari sumber listrik adalah S

Kabel Hitam dari sumber listrik adalah T

Kabel Biru dari sumber listrik adalah N

Kabel Kuning dari sumber listrik adalah G


Manfaat menggunakan listrik 3 phase

Listrik 3 phase menyediakan arus listrik lebih besar berbeda dengan listrik 1 phase, listrik 3 phase sangat cocok jika digunakan untuk keperluan listrik bisnis dan industri seperti pabrik, villa puluhan unit, hotel maupun gedung bertingkat seperri apartemen.


Didalam hotel misalnya, ada banyak jalur instalasi yang harus disiapkan, siap dalam pemakaian juga siapa jika ada perbaiakan, selain memiliki persediaan daya yang lebih besar, listrik 3 phase juga dapat memudahkan kita dalam melakukan perbaikan jika penerapan kontrol panel dan instalasi benar.

Post a Comment for "Rangkaian panel Listrik 3 Phase Sederhana Untuk Rumah"