Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Pompa Air Sering Mancing, Simak Cara Memperbaikinya

Solusi Pompa Air Sering Mancing, Simak Cara Memperbaikinya

 Sudah bukan hal umum pompa air mancing, setiap akan menghidupkan pompa air pasti harus mengisi air, otomatis ini akan membuat kita tidak nyaman.


Pompa air harus mancing sama saja sedang dalam masalah, pasti ada kerusakan disalah satu titik instalasi atau pompa air itu sendiri.


Pada dasarnya pompa membutuhkan volume air tetap untuk mengisi bagian pipa hisap sampai ke impeller mesin pompa, jika syarat ini terpenuhi maka pompa tidak harus mancing.


Mungkin ada beberapa orang yang memasang pompa air baru tapi harus mancing, dan ini berlanjut sampai ke pemakaian berikutnya.


Tentu ini akan menjadi masalah besar, setiap hari harus mengeluarkan tenaga dan waktu untuk mengoperasikan pompa air didalam rumah.


Lalu apa penyebab pompa air harus mancing?

Didalam instalasi pipa air terdapat fitting pipa yang terpasang dibagian ujung pompa hisap, yaitu Foot Valve, apa fungsi fitting ini dalam perakitan pompa air?


Foot valve berguna berfungsi untuk mempertahankan air didalam pipa hisap, jadi air akan tetap tersimpan didalam pipa sampai pompa dihidupkan kembali.


Dengan bantuan fitting ini kita tidak harus memancing air jika akan menghidupkan pompa air didalam rumah.


Foot valve juga memiliki arti valve katup searah, pemasangannya searah dengan air, jadi jika pompa menghisap air, katup terbuka, ketika pompa off katup tertutup air tidak akan kembali ke sumur atau ground water tank.


Prediksi masalah pompa air dirumah anda harus mancing mungkin dikarnakan bagian ujung pompa hisap tidak terpansang Foot valve atau sudah terpasang tapi rusak.


Penyebab Foot Valve pipa hisap rusak

Banyak faktor yang dapat menyebabkan alat ini bermasalah sehingga membuat pompa air harus mancing pada saat digunakan.


Misal pemilihan jenis material Foot valve, ada 2 jenis foot valve yang umum digunakan dalam instalasi pompa air, yaitu model plastik dan kuningan.


Kedua model foot valve memiliki kualitas dan harga yang sangat beda jauh, dari spesifikasinya saja sudah kelihatan, plastik dan kuningan.


Jika anda menggunakan foot valve plasti akan rawan rusak, per penarik katup mudah lemah, perkiraan pemakaian paling hanya 1 tahun sampai 1,5 tahun harus ganti baru.


Kami merekomendasikan foot valve kuningan yang memang sudah terbukti kualitasnya, meski harga fitting ini sedikit mahal, tapi bisa anda gunakan selamanya.


Penyelesaian 

Dari penjelasan diatas dapat kita pahami jika penyebab pompa air harus mancing adalah kerusakan pada Foot valve pipa hisap.


Cara terbaik adalah membongkar pipa hisap dari pompa lalu menaikkan pipa dan memperbaikinya.


Pipa yang sudah kita angkat, coba di isi air bersih, tunggu 20 menit sampai 30 menit, jika air didalam pipa habis atau terlihat rembesan air pada foot valve, dapat dipastikan fitting tersebut rusak.


Saat pembelian foot valve, sesuaikan ukuran pipa dengan ukuran pipa hisap, antara 3/4" sampai 1" untuk pipa air rumahan, dan ganti foot valve plastik anda dengan kuningan, agar tidak mudah rusak.

Post a Comment for "Solusi Pompa Air Sering Mancing, Simak Cara Memperbaikinya"